5 Band Indonesia yang Tidak Pernah Berganti Personel

Mempertahankan personel dalam sebuah grup band tentu bukanlah hal yang mudah. Beberapa band legendaris seperi Dewa 19 hingga Slank saja sudh berulang kali berganti personil sejak dibentuk. Lantas, apakah Ada grup band Indonesia yang memiliki personil tetap semenjak berdiri?

5 Band Indonesia yang Tidak Pernah Berganti Personel
Industri musik Indonesia memang selalu menarik untuk di bahas. Ada banyak grup band baru yang lahir setiap tahunnya, namun banyak juga yang tumbang begitu saja. Meski demikian, ternyata ada banyak grup band yang mampu bertahan sangat lama, bahkan memiliki personil tetap semenjak memulai karir mereka.

1. Superman Is Dead

Superman Is Dead
Superman Is Dead merupakan band punk rock yang berasal dari pulau Bali. Digawangi oleh tiga personil yakni Bobby Kool, Eka Rock, dan Jerinx, band ini sudah mulai bermusik sejak tahun 1994.
Berkarir lebih dari 25 tahun, Superman Is Dead belum pernah sekalipun berganti personil. Personil band ini tidak berubah semenjak berdiri, walaupun hampir semua personil SID sekarang memiliki project musik pribadinya sendiri – sendiri.

2. Shaggydog

Shaggydog

Bagi Anda pengemar musik SKA atau Reggae pasti tidak asing dengan grup musik satu ini, Shaggydog. Grup band yang berdiri sejak tahun 1997 ini digawangi oleh enam orang pemuda asal kota Yogyakarta, yakni Heru, Raymond, Richard, Lilik, Bandizt, dan Yoyo.

Sejak awal berdiri hingga sekarang telah merilis setidaknya 6 album, personil Shaggydog masih tetap sama seperti saat band ini dibentuk. Band beraliran SKA Reaggae ini juga sempat mengharumkan nama Indonesia dengan tampil di Festival Mundial Belanda pada 2006 dan Darwin Festival Australia pada tahun 2009.

3. Mocca

Mocca

Siapa yang tidak kenal dengan band satu ini, bermodal diksi yang kaya disetiap lagunya, ditambah kemampuan bermain flute yang mumpuni, Mocca pantas menyandang gelar sebagai band indie terbaik yang dimiliki Indonesia hingga saat ini.

Berdiri sejak tahun 1997, hingga sekarang personil Mocca masih tetap sama seperti saat band ini dibentuk. Band ini digawangi oleh empat orang jenius dalam bermusik, yakni Ariana Ephipania, Riko Prayitno, Achmad Pratama, dan Indra Massad.
Meski di Indonesia nama Mocca hanya familiar di kalangan tertentu saja, band satu ini justru sangat terkenal di negara Korea Selatan. Terbukti lagu Mocca yang berjudul ‘i remember’ sangat digemari oleh anak muda di sana.

4. The S.I.G.I.T

The S.I.G.I.T
The S.I.G.I.T (Super Insurgent Group of Intemperance Talent) merupakan band garage rock asal kota Bandung. Band ini didirikan oleh empat anak muda bernama Rektivianto ‘Rekti’ Yoewono, Farri Icksan, Aditya Bagja, dan Donar ‘Acil’ Armando, pada tahun 2002.

Bermodal kemampuan bermusik yang dipelajari secara otodidak, The S.I.G.I.T berkembang menjadi sebuah band yang patut diperhitungkan. Meski di Indonesia band ini tidak terlalu dikenal, The S.I.G.I.T justru sangat populer di negara tetangga Australia. Fakta menarik dari band ini adalah nama yang digunakan, yakni The S.I.G.I.T. Konon nama tersebut diambil dari nama ayah Rekti sang vokalis.

5. The Changcuters

The Changcuters
Band dengan ciri khas rambut klimis, serta dandanan flamboyan khas pria Inggris ini telah aktif di industri musik Indonesia sejak tahun 2004 lalu. Sejak didirikan sampai saat ini, personel The Changcuters terdiri dari Tria, Iqbal, Qibil, Alda, dan Dipa.

Sepanjang karir bermusiknya, The Changcuters telah merilis setidaknya 6 buah album. Bahkan pada tahun 2008, kelima personil The Changcuters merilis filem trilogi pertama mereka yang berjudul ‘The Tarix Jabrix’. Pada tahun 2015 lalu, The Changcuters sempat manggung menghibur warga Jepang lewat sebuah tour bernama Summer Sonic Festival.

Itulah lima grub band asal Indonesia dengan personil paling awet sepanjang karir mereka. Manakah kira- kira yang merupakan favorit kalian?

Posting Komentar

Copyright © 2021

Iskrim