Vespa Matic 946 Emporio Armani Lebih Mahal dari Honda Jazz

Vespa adalah merek sepeda motor asal Florence, Italia, Vespa mempunyai perusahaan induk bernama Piaggio. Pada masa-masa awal berdirinya Vespa, Vespa memiliki saingan terberat yakni Lambretta, namun lambat laun kehilangan saingannya karena Vespa mempertahankan kesan skuter konvensional. Sejak awal berdirinya pada tahun 1946, Vespa sudah digemari banyak orang dari segala kalangan, di Indonesia sendiri Vespa mempunyai loyalis dan penggemar fanatik yang melahirkan klub-klub Vespa yang menjamur sampai pelosok nusantara. Vespa telah berhasil meraih hati penggemarnya, sampai ada beberapa pengendaranya yang menekuni Vespa lebih dari sekedar hobi melainkan bagian dari hidup mereka.

Vespa Matic 946 Emporio Armani Lebih Mahal dari Honda Jazz
Vespa telah berkembang dan beralih fungsi, yang pada awal penciptaannya Vespa merupakan alat transportasi militer dikala perang, berubah menjadi alat transportasi masyarakat umum pada abad 21, dan juga merupakan tren di kalangan anak muda. Zaman telah berubah, dan dunia semakin modern, tetapi Vespa tetap mempertahankan orijinalitas desain konvensionalnya. Meskipun tetap mengusung desain yang konvensional yang khas dengan lengkungan bodinya yang artistik, namun Vespa melakukan modernisasi pada sisi teknologi dan material. Tidak seperti keluaran pertamanya yang mengusung bodi yang sangat berat dengan logam tebal menyelimutinya karena dipergunakan sebagai alat transportasi militer, Vespa kini menggunakan bodi yang lebih ringan namun tetap kokoh, sehingga pengendaranya dapat bermanuver dengan nyaman. Dari segi teknologi, Vespa mengaplikasikan teknologi-teknologi terbaru dalam Vespa matic keluaran terbarunya, contohnya menggunakan sistem pengereman ABS, penggunaan proyektor LED, menggunakan teknologi injeksi, dan lain-lain.

Seiring dengan berkembangnya zaman, Vespa terus berinovasi dan meluncurkan model dan seri baru. Di Indonesia sendiri, dilansir dari website resminya Vespa.co.id Vespa menawarkan 10 model Vespa matic di Indonesia. 10 model Vespa matic yang ditawarkan di Indonesia diantaranya adalah LX, S, PRIMAVERA, SPRINT, GTS, 946, SEAN WOTHERSPOON, RACING SIXTIES, RED, dan GTV. Vespa matic model 946 tergolong vespa matic yang terunik.

Vespa matic model 946 mengusung desain eksterior yang mencolok, tampil beda dari Vespa matic model lainnya. Vespa model 946 menyematkan jok single-seater ikonik dengan tempat tas di bagian belakang. Vespa model 946 memiliki dua varian yakni 946 Emporio Armani dan 946 Red.

Vespa matic Emporio Armani keluar lebih dulu pada tahun 2015, sedangkan Vespa 946 Red menyusul pada tahun 2017. Vespa matic 946 edisi Emporio Armani keluar sebagai Vespa matic edisi khusus. Vespa menggandeng perusahaan fashion papan atas bernama Emporio Armani dalam rilisan Vespa matic edisi khususnya. Vespa matic edisi spesial itu dibanderol dengan harga Rp 196 Juta per unit pada waktu itu, dan langsung terjual habis dalam kurun waktu singkat. Vespa sendiri mengkonfirmasi bahwa unit edisi spesial ini hanya tersedia dalam 50 unit di Indonesia, dan langsung habis pada waktu itu. Diketahui bahwa unit sudah dipesan jauh-jauh hari oleh calon pembelinya, jadi sebelum unit datang ke Indonesia dalam status terjual habis.

Vespa yang hanya diproduksi dalam satu tahun yakni 2015 tersebut merupakan edisi spesial dalam rangka perayaan ulang tahun ke-130 Piaggio dan ulang tahun ke-40 Emporio Armani. Vespa matic edisi spesial ini tidak akan diproduksi kembali dan hanya ada 50 unit di Indonesia, yang membuat harga bekasnya bis berkali-kali lipat dari harga barunya. Antusiasme masyarakat Indonesia atas diluncurkannya Vespa matic edisi khusus ini patut diapresiasi, pasalnya jauh-jauh hari sebelum vespa 946 Emporio Armani ini para penggemarnya di Indonesia sudah memesannya, dan terjual habis. Hal inilah yang membuat populasi Vespa matic edisi spesial ini sedikit di jalan raya.

Vespa Matic 946 Emporio Armani Lebih Mahal dari Honda Jazz
Dilansir dari situs laman jual-beli barang bekas olx.co.id, harga vespa matic edisi Emporio Armani ini bervariasi. Rata-rata pemilik vespa matic edisi spesial ini menawarkan vespa kesayangannya dalam rentang harga antara 300-620 juta. Harga yang fantastis untuk sebuah motor yang berkapasitas mesin mungil, namun bagi para kolektor dan penggemar setianya, nominal tersebut jelas bukan masalah.

Meski harganya fantastis, namun Vespa matic edisi spesial ini layak untuk dipinang, selain desainnya yang keren dan tampil beda, menyimpan Vespa matic edisi spesial ini di rumah tentunya dapat dijadikan alternatif investasi karena fakta di lapangan berbicara bahwa semakin lama maka semakin mahal juga harganya karena populasinya yang sangat sedikit untuk wilayah seluas Indonesia. 

Meski lebih cocok dijadikan sebagai barang koleksi yang dirawat dengan baik sehingga tidak lecet, namun Vespa matic edisi spesial ini asyik juga untuk diajak menembus macetnya perkotaan. Menggendong mesin dengan kapasitas silinder 124 cc dengan sistem Pengapian camshaft tunggal dengan rantai cam, dipadukan dengan transmisi Automatic CVT, Vespa matic edisi spesial ini dapat berlari dengan kecepatan maksimum 93 km/jam. Tidak termasuk motor yang kencang, namun jelas Vespa dari dulu memang bukan merek yang mengandalkan kecepatan, namun sisi keindahan dan kenyamanan penggunanya. Kecepetan maksimum ini lebih dari cukup untuk menembus padatnya jalanan perkotaan, mengingat perjalanan dalam kota tidak mungkin melebihi kecepatan 100 km/jam, selain itu dimensi motor ini yang kecil yakni panjang 1.965 mm dan lebar 730 mm akan sangat pas untuk digunakan bermanuver di jalanan macet perkotaan, menembus macet diantara mobil-mobil yang penuh sesak di jalanan.

Posting Komentar

Copyright © 2021

Iskrim