7 Situs Terbaik Penyedia File Musik Gratis Dan Legal

Menjadi seoarang content creator bukanlah pekerjaan yang mudah. Selain harus menguasai berbagai jenis aplikasi editing video, seorang content creator terkadang turut merangkap sebagai penulis narasi, petugas lampu, hingga mengatur backsound.

7 Situs Terbaik Penyedia File Musik Gratis Dan Legal
Foto credit ©Pixahive

 

Bagi Anda yang mungkin sekarang sedang menekuni profesi sebagai content creator, sudah tahu belum kalau di Internet ada beberapa situs yang menyediakan ribuan asset musik yang bisa digunakan secara gratis dan legal? Jika belum, di bawah ini sudah kami rangkumkan beberapa di antaranya.

1. NCS (No Copyright Sound)

Jika Anda pengemar musik edm, tentu sudah tidak asing dengan channel youtube bernama No Copyright Sound. Saat ini NCS telah memiliki situs web sendiri yang mana di dalamnya berisi ribuan backsound yang bebas untuk digunakan oleh siapa saja. Selain mengunduh backsound musik, di dalam website tersebut Anda juga dapat mengobrol dengan para penggemar musik NCS lainnya. 

2. Jamendo

Menjadi situs penyedia musik dan backsound gratisan, Jamendo sejatinya merupakan platform bagi artis atau musisi independen yang ingin membagikan karyanya. Karena menjadi tempat berkumpul kreator musik dari seluruh dunia, di Jamendo Anda bisa menemukan musik atau backsound dalam berbagai bahasa.

3. SoundClick

Halaman SoundClick bisa dikatakan sebagai pasarnya musisi indie untuk menjual hasil karya mereka. Meski begitu, banyak konten pada situs ini yang bebas untuk diunduh bahkan juga digunakan. Jika Anda termasuk orang yang menghargai sebuah karya, Anda dapat memberirkan sedikit tip bagi creatornya secara langsung. 

4. Free Music Archive

Jika dilihat dari namanya tentu Anda semua sudah tahu, Free Music Archive merupakan tempat berkumpulnya semua jenis musik dan sound yang bisa digunakan secara cuma – cuma. Oleh sebagian creator bahkan situs ini disebut sebagai gudangnya asset audio gratisan terlengkap.

5. Youtube Audio Library

Bagi seorang creator video, YouTube merupakan gudangnya asset audio gratisan paling lengkap yang bisa digunakan. Berbagai macam genre musik dan backsound yang disediakan merupakan sumbangan dari creator secara sukarela, dan boleh digunakan oleh siapa saja.

6. Audiomac

Audiomac memang tidak bisa disebut sepenuhnya sebagia situs penyedia musik gratisan. Meski begitu, koleksi lagu yang ada pada halaman web ini hampir semua sangat berkualitas. Hal tersebut bisa terjadi karena hampir semua musik yang disediakan halaman ini berasal dari musisi asli yang bekerja secara independen.

7. Freesound

Sesuai dengan namanya, Freesoung merupakan situs penyedia musik gratis yang bebas untuk digunakan. Konten yang ada di dalam situs ini kebanyakan merupakan musik instrumental, serta beberapa efek unik seperti suara air mengalir, hujan, petir, dan lain sebagainya.

Itulah  7 situs terbaik penyedia file musik gratis dan legal yang dapat Anda gunakan. Selain gratis, semua asset musik yang disediakan oleh deretan situs diatas tentunya anti copyright.

Posting Komentar

Copyright © 2021

Iskrim