7 Bandara Ini Tawarkan Pengalaman Ekstrim Kepada Pengunjungnya

Bandara umumnya dibangun dengan beragam fasilitas yang bertujuan untuk memudahkan calon penumpang. Lalu bagaimana jadinya jika terdapat bandara yang malah menawarkan pengalaman ekstrim kepada setiap pengunjungnya?

7 Bandara Ini Tawarkan Pengalaman Ekstrim Kepada Pengunjungnya
Foto credit ©Pixabay
Tentu saja beberapa bandara di bawah ini tidak sengaja didesain sedemikian menantang, beberapa bahkan disebabkan oleh faktor lokasi yang kurang mendukung. Namun bagi Anda pecinta wisata ekstrim, rasanya tujuh bandara di bawah ini wajib untuk Anda kunjungi.

1. Bandara Madeira

Madeira Airport atau yang sekarang lebih dikenal dengan nama Cristiano Ronaldo International Airport merupakan sebuah bandara internasional yang berada di dekat Funchal, Madeira, Portugal.

Bandara Madeira
Foto credit ©Pinimg
Madeira airport terkenal karena landasan pacunya yang berjarak sangat pendek, serta dikelilingi oleh gunung dan lautan. Bandara ini termasuk bandara dengan tingkat kesulitan pendaratan tinggi, bahkan untuk ukuran pilot profesional dengan jam terbang tinggi sekalipun mengaku kesulitan mendaratkan pesawat di tempat ini.

2. Bandara Courchevel

Bandara Courchevel
Foto credit ©Ritebook

Bandara Courchevel mempunyai aturan cukup unik, hanya pilot yang sudah bersertifikat saja yang di izinkan untuk mendaratkan atau melepas landaskan sebuah pesawat di tempat ini. Letaknya yang berada di wilayah Saint-Bon-Tarentaise, Pegunungan Alpen, Perancis, menjadikan bandara ini termasuk dalam kategori bandara paling berbahaya. Bayangkan saja bandara courchevel ini memiliki jarak landasan yang pendek, trek curam, dengan kemiringan sekitar 20 derajat.

3. Bandara Barra

Barra adalah satu-satunya bandara di mana pesawat harus mendarat di sebuah pantai yang berpasir dengan tiang kayu yang dijadikan sebagai penanda. Bandara ini berlokasi di pantai Pulau Barra, Skotlandia.

Bandara Barra
Foto credit ©Wikimedia

Uniknya lagi, bandara ini bisa tersapu habis oleh gelombang laut satu kali dalam sehari, jadi ada satu waktu dimana bandara ini menghilang dan tertutup oleh air laut yang sedang pasang. Untuk bisa mendaratkan sebuah pesawat di sini, diperlukan waktu yang terjadwal mengingat setiap malam bandara ini otomatis akan di tutup.

4. Bandara Gustaf III

Gustaf III Airport atau sering dikenal sebagai Saint Barthelemy Airport merupakan bandara komersial yang terletak di sebuah pedesaan St. Jean di kepulauan Karibia, Saint Barthelemy. 

Bandara Gustaf III
Foto credit ©alluringworld

Pendeknya landasan yang berakhir di ujung pantai serta awal landasan yang tertutup oleh perbukitan, menjadikan bandara ini sarat akan bahaya untuk sebuah pesawat. Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena jika tidak memiliki skill penerbangan yang cukup baik, pesawat dapat tergelincir sewaktu - waktu yang mengarah langsung ke laut.

5. Bandara Princess Juliana

Bandara Princess Juliana
Foto credit ©Hopetaft
Princess Juliana International Airport merupakan bandara yang terletak di wilayah Saint Martin. Pilot yang akan mendarat di sini diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan secara teratur guna memastikan terjaganya ketinggian yang sesuai karena jarak antara laut dan bandara sangatlah dekat. Bandara ini termasuk dalam kategori berbahaya karena jarak lokasi pantai yang penuh dengan turis sangatlah dekat ketika pesawat terbang rendah untuk mendarat.

6. Bandara Gibraltar

Bandara Gibraltar
Foto credit ©parvazshargh

Bandara Gibraltar menjadi salah satu bandara unik sekaligus seram di dunia. Bandara dengan kategori kelas internasional ini menjadi satu-satunya bandara yang terpotong oleh jalan raya. Jalan tersebut merupakan jalanan umum yang biasa digunakan oleh masyarakat untuk berlalu-lalang melakukan aktifitas, uniknya jika ada sebuah pesawat akan melakukan landing atau take off setiap mobil atau siapa saja yang hendak melintas di jalan tersebut wajib untuk berhenti selama 10 menit.

7. Bandara Matekane

Bandara Matekane
Foto credit ©Wikimedia
Berlokasi di pegunungan cukup tinggi, lepas landas maupun mendarat di ujung bandara Matekane yang tingginya saja mencapai 2.000 kaki dibutuhkan keahlian yang luar biasa oleh seorang pilot. Take off maupun Landing di bandara ini akan sangat bergantung pada kondisi angin di sekitar mengingat letaknya yang berada di ketinggian pegunungan, semua pesawat yang akan berangkat dari sini tidak disarankan untuk terbang sebelum mencapai akhir landasan pacu di ketinggian 1.312 kaki.

Bagaimana dengan deretan bandara yang menawarkan pengalaman ekstrim di atas, Tertarik mencobanya? Selain dijadikan sebagai tempat untuk menunggu pesawat, ternyata ada juga bandara yang bisa dijadikan tempat wisata ya.

Posting Komentar

Copyright © 2021

Iskrim