Resep Asli Kepelan Khas Pedan Tanpa Telur

Kepelan merupakan cemilan berbahan dasar tepung terigu yang cukup populer, terutama di sekitaran Jawa Tengah. Tidak ada literasi yang menjelaskan asal dari camilan murah meriah ini, namun jika berbicara mengenai kepelan kurang lengkap rasanya kalau kita tidak menyebut daerah Pedan dan desa Ciro.

Resep Asli Kepelan Khas Pedan Tanpa Telur
Kepelan dikenal memiliki cita rasa yang gurih dan renyah, mirip seperti cireng namun dengan tekstur lebih padat dan kering. Camilan ini biasanya disajikan dengan saus tomat atau sambal bawang, dan paling enak dinikmati ketika masih panas.

Resep membuat kepelan sebenarnya tidak sulit, bumbunya’pun sebenarnya sangat sederhana. Namun seiring dengan perkembangan zaman, berbagai inovasi dalam membuat kepelan terus diciptakan. Kabar tersebut bagus, itu berarti kepelan makin banyak digemari. Namun sebagai putera asli daerah, saya juga berkeinginan untuk menjaga resep asli dari jajanan nikmat ini.

Bumbu otentik kepelan Pedan

  • Tepung terigu
  • Bawang putih
  • Garam
  • Merica
  • Air
  • Minyak goreng

Cara memasak kepelan Pedan

  1. Pertama campurkan Bawang putih, garam, dan merica. Bisa dengan diuleg, ditumbuk, atau diblender. Terserah yang penting bercampur hingga halus.
  2. Bumbu yang sudah halus tersebut campurkan dengan tepung terigu, serta jangan lupa untuk menambahkan air secukupnya. Aduk hingga adonan bumbu dan tepung tercampur merata.
  3. Selanjutnya siapkan dua wajan yang berisi minyak, satu dengan api sedang satu dengan api besar.
  4. Masukkan adonan yang tepung tadi menggunakan sendok, atau menggunakan tangan seperti proses menguleni bakso.
  5. Masukkan adonan ke dalam wajan yang menggunakan api kecil terlebih dahulu. Tunggu hingga warna mulai berubah sedikit kecokelatan.
  6. Jika warna adonan tadi sudah berubah kecokelatan, angkat kemudian tiriskan beberapa menit (jangan terlalu lama).
  7. Setelah minyak dirasa sudah sedikit berkurang, masukkan kepelan yang Anda tiriskan tadi ke dalam wajan pengorengan dengan api besar.
  8. Goreng dengan cara diaduk sesering mungkin, tunggu hingga warna berubah kecokelatan tua.
    Jika warna sudah berubah, angkat kepelan tadi kemudian tiriskan.
  9. Selesai, kepelan siap dihidangkan.

Itulah tadi resep serta cara membuat kepelan dengan bumbu otentiknya. Camailan satu ini sangat enak dinikmati dalam kondisi panas dengan campurana saus tomat atau sambal bawang. Selamat mencoba.

Posting Komentar

Copyright © 2021

Iskrim