7 Rempah - Rempahan Ini Punya Harga Fantastis

Indonesia dikenal sebagai salah satu Negara penghasil rempah terbesar di dunia, tanah yang subur serta iklim tropis yang mendukung membuat komoditi ini tumbuh begitu subur membentang dari sabang hingga ke merauke. Oleh sebab itu, sejak dulu banyak negara yang mencoba untuk menguasai Indonesia, mengapa? Tidak lain adalah untuk menguasai rempah – rampah.

7 Rempah - Rempahan Ini Punya Harga Fantastis

Taukah kamu harga rempah di pasar internasional? Rempah termasuk barang langka karena tidak semua negara dapat membudidayakannya, iklim cuaca menjadi salah satu faktornya. Tidak heran ada beberapa jenis rempah yang harganya bisa setara dengan sebuah berlian saking langkanya, gak percaya? Coba simak 7 daftar rempah paling mahal dibawah ini.
 
1. Kunyit
7 Rempah - Rempahan Ini Punya Harga Fantastis

Siapa yang tidak kenal dengan bumbu rempah satu ini, rasanya hampir ada di setiap dapur rumah Indonesia. Kunyit memang sangat umum dipakai di wilayah Asia Selatan dan Tengah sebagai bumbu masakan, terutama sebagai bumbu olahan kari.

Harga kunyit di pasar internasional dikisaran Rp 87.950 per kilogram.
 
2. Lada
7 Rempah - Rempahan Ini Punya Harga Fantastis

Lada hitam merupakan salah satu rempah yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Lada sudah digunakan sebagai bumbu masak lebih dari seabad lalu, transaksi salah satu bumbu dapur ini tergolong besar diseluruh dunia loh.
 
Harga lada di pasar internasional berkisar Rp 87.950 per kilogram.
 
3. Kayu Manis

Indonesia menjadi salah satu negara penghasil kayu manis terbesar di dunia, bahan rempah ini sering digunakan sebagai campuran pembuatan penyedap, perasa makanan, kopi dan teh. Kayu manis juga dapat diolah untuk dijadikan parfum, aroma terapi hingga disinfektan.

Harga kayu manis di pasar internasional mencapai Rp 175.903 per kilogram.

4. Cengkeh

7 Rempah - Rempahan Ini Punya Harga Fantastis

Kepulauan Maluku menjadi sumber utama dari rempah satu ini, meskipun Saat ini, Zanzibar, India, Madagaskar, Pakistan, dan Sri Lanka pun sudah mulai membudidayakan tanaman ini.

Di pasar internasional, harga cengkeh dapat mencapai Rp 293.172 per kilogram. Selain bumbu dan parfum, cengkih juga memiliki kandungan anti oksidan yang dapat dimanfaatkan sebagai penurun gula darah.
 
5. Kapulaga
7 Rempah - Rempahan Ini Punya Harga Fantastis

Kapulaga merupakan rempah yang dihasilkan dari campuran biji dari beberapa tanaman, tanaman asli asal indonesia ini sering digunakan sebagai bahan campuran jamu serta obat – obatan herbal tradisional.
 
Harga kapulaga di pasar internasional dapat mencapai Rp 879.516 perkilogram
 
6. Vanili
7 Rempah - Rempahan Ini Punya Harga Fantastis

Siapa sangka rempah satu ini berharga mahal? Tunggu jangan salah dulu, yang kita bicarakan ini adalah biji vanili bukan esense yang dijual bebas di toko – toko kue. Biji vanili sering dimanfaatkan sebagai campuran masakan terutama masakan berkelas atau masakan mewah, tidak heran harganya pun tergolong mahal untuk ukuran sebuah rempah.
 
Harga rempah beraroma manis ini bisa mencapai Rp 5,86 juta per kilogram.
 
7. Saffron
7 Rempah - Rempahan Ini Punya Harga Fantastis

Saffron merupakan salah satu bumbu dapur yang menduduki posisi teratas sebagai bumbu paling mahal di dunia. Saffron sendiri berasal dari putik bunga Crocus Sativus. Setidaknya perlu antara 50.000-75.000 bunga untuk menghasilkan satu pound saffron kering. Tidak heran harga rempah yang berasal dari Asia Tengah dan India ini sanggup mencapai $ 5.000 per pound atau sekitar Rp 147,58 juta per kilogram (dengan kurs Rp 13.326 per dollar AS).

Gak nyangka ya ternyata rempah - rempah begitu berharga di mata dunia, ini juga membuktikan betapa kayanya INDONESIA dimana hampir semua jenis rempah - rempah ada di negara ini. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Copyright © 2021

Iskrim