6 Destinasi Pantai Surga Yang Tersembunyi di Indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki keindahan alam menakjubkan. Banyak pelancong dari berbagai negara mengunjungi Indonesia setiap tahunnya, hanya untuk sekedar menikmati keindahan alam yang membentang dari sabang sampai merauke.

6 Destinasi Pantai Surga Yang Tersembunyi di Indonesia
Foto credit ©Maxpixel
Dari sekian banyaknya tempat wisata yang ada di Indonesia, wisata pantai menjadi salah satu yang paling diminati. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak sekali pantai – pantai dengan keindahan memukau. Beberapa diantaranya bahkan medapat julukan sebagai pecahan dari surga.
Bagi Anda yang sedang mencari spot liburan bertema pantai, di bawah ini telah kami rangkumkan beberapa wisata pantai terbaik yang dimiliki oleh Indonesia.

Wakatobi

Beberapa dari Anda mungkin belum mengetahui bahwa Wakatobi bukanlah nama untuk sebuah pantai dan bahkan nama pulau. Wakatobi merupakan akronim, atau sebutan untuk beberapa gugusan kepulauan yang ada di provinsi Sulawesi Tenggara.

Wakatobi

Wilayah wakatobi meliputi pulau Wangi – wangi, Hoga, Kadelupa, Tomia, dan Binongo. Kumpulan wilayah tersebut menjadi rumah untuk 750 dari 850 spesies koral yang ada di seluruh dunia, jumlah tersebut bahkan mengalahkan koleksi koral yang ada di kepulauan Karibia. Menurut para penyelam, titik terbaik untuk melihat keindahan bawah laut Wakatobi berada di sekitaran kepulauan Tomia.

Jika Anda ingin berkunjung ke Wakatobi, Anda bisa berangkat dengan menggunakan pesawat dari Jakarta menuju ke Makassar. Dari Makassar Anda dapat menumpang pesawat kecil berpenumpang 30 orang untuk menuju ke kota Wangi – Wangi.

Tanjung Bira

Satu lagi pantai yang patut menyandang predikat surga tersembunyi, yakni pantai Tanjung Bira. Masuk ke dalam wilayah Sulawesi Selatan, Tanjung Bira berjarak sekitar 40 kilometer dari kabupaten Bulukumba.

Tanjung Bira
Pantai ini terkenal akan perairannya yang jernih dipadukan dengan hamparan pasit putih yang membentang luas. Selain menawarkan wisata air, di kawasan Tanjung Bira ini Anda juga dapat melihat langsung pembuatan kapal Phinisi.

Tidak perlu khawatir mengenai akomodasi maupun penginapan di sekitar Tanjung Bira. Di sini sudah banyak tersedia berbagai macam penginapan, mulai dari yang sederhana hingga yang berkelas Internasional semuanya lengkap.

Pink Beach, Pulau Komodo

Selain dikenal sebagai rumah untuk Komodo, pulau Komodo ternyata juga memiliki wisata pantai yang sangat indah. Pantai Pink Beach, atau biasa dikenal dengan sebutan pantai merah merupakan objek wisata yang berada dikawasan kepulauan Komodo.

Pink Beach, Pulau Komodo
Pink Beach merupakan sebutan yang disematkan oleh para wisatawan asing yang berkunjung setelah melihat hamparan pasir di pantai ini yang berwarna mera muda. Warna merah muda pada pantai Pink Beach terjadi akibat koral hancur yang menumpuk selama bertahun – tahun hingga terlihat seperti pasir. Warna pantai merah muda tersebut akan semakin cantik menjelang matahari terbenam di sore hari.

Untuk mengunjungi Pink Beach Anda dapat memulai perjalanan menuju kampung Loh Liang, daerah tersebut sering dijadikan sebagai basecamp oleh para turis sebelum menuju ke pantai. Dari kampung Loh Liang Anda dapat meneruskan perjalanan sekitar 30 menit menuju pantai Pink Beach dengan menumpang perahu.

Labuan Bajo

Menjadi salah satu dari lima destinasi super prioritas oleh pemerintah Indonesia, keindahan Labuan Bajo sudah tidak bisa diragukan lagi. Terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Labuan Bajo sering disebut sebagai gerbang menuju surga dunia.

Labuan Bajo
Wilayah Labuan Bajo terdiri dari banyak gugusan pulau di dalamnya, salah satu yang paling dikenal tentu saja adalah pulau Komodo. Selain pulau Komodo, spot wisata yang terkenal di Labuan Bajo antara lain seperti pulau Padar, air terjun Cunca Mbeliling, Gua Ranko, dan Pink Beach atau pantai merah.

Untuk berkunjung ke Labuan Bajo ada banyak moda transportasi yang bisa Anda gunakan. Paling cepat tentu saja dengan menggunakan jalur udara, Anda cukup menumpang pesawat Transnusa Airlines yang sudah terhubung secara langsung dengan beberapa kota besar di Indonesia.

Derawan

Kepulauan Derawan merupakan sebuah gugusan pulau kecil yang terletak di Kalimantan Timur. Di wilayah ini setidaknya ada empat pulau kecil yang sangat terkenal akan keindahan pantainya, yakni Pulau Derawan, Maratua, Kakaban, dan Sangalaki.

Derawan
Di pantai Derawan, Anda akan disuguhi pemandangan berupa pantai biru dengan hamparan pasir putihnya. Selain itu, Anda juga bisa mencoba berjalan kaki mengitari pulau sembari menikmati keindahan alam yang masih terjaga keasriannya. Untuk Anda yang gemar olah raga diving, Derawan memiliki spot unik dikedalaman 10 meter dibawah permukaan laut bernama Blue Tiger Wall. Disebut Blue Trigger Wall, karena dinding biru tersebut merupakan ‘rumah’ bagi Red-Toothed Trigger Fishes atau Ikan Trigger.

Untuk menuju pulau Derawan, setidaknya ada tiga rute yang bisa Anda pilih, yakni Samarinda, Tarakan, atau Berau. Dari ketiga rute tersebut, yang paling mudah adalah dengan menggunakan jalur Berau. Jalur Berau bisa Anda tempuh dengan menggunakan pesawat dari Balikpapan, setelah tiba di Kecamatan Berau Anda bisa langsung menuju ke Tanjung Batu untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan ke Pulau Derawan.

Raja Ampat

Diakui sebagai salah satu spot diving terbaik di dunia, Raja Ampat juga sering disebut sebagai pecahan surga. Kawasan wisata Raja Ampat menawarkan pesona gugusan pulau karang, serta deretan pantai dengan pasir putihnya yang memukau.

Raja Ampat
Kepulauan Raja Ampat terletak di bagian paling barat Papua, dengan wilayah yang membentang kurang lebih sekitar 4,6 juta hektar. Kabupaten Raja Ampat sendiri terdiri dari 4 pulau besar, yaitu Pulau Waigeo, Batanta, Salawati dan Misool, serta 1.847 pulau-pulau kecil lainnya.

Selain menyajikan wisata bawah air terbaik di dunia, Raja Ampat juga menawarkan banyak pilihan wisata daratannya. Terdiri dari banyak pulau, keindahan Raja Ampat juga dapat Anda nikmati dari ketinggian. Mendaki beberapa pulau karang yang tersedia juga sering menjadi tujuan wisata oleh beberapa orang yang menyukai tantangan.

Raja Ampat juga memiliki destinasi berupa desa wisata bernama Arborek. Di desa ini Anda bisa melihat langsung proses pembuatan kerajinan anyaman khas Arborek yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Selain itu, Anda juga bisa mencoba mencicipi berbagai hidangan kuliner khas Papua.

Copyright © 2021

Iskrim