Persiapan Wajib Sebelum Naik Gunung Bagi Pemula

Mendaki gunung bisa menjadi salah satu kegiatan alternatif untuk menghilangkan stres. Olahraga satu ini bisa menjadi sangat menyenangkan, terutama bagi siapa saja yang menyukai hal – hal berbau tantangan dan alam liar.

Persiapan Wajib Sebelum Naik Gunung Bagi Pemula
 Meskipun tampak menyenangkan, mendaki gunung termasuk olah raga yang penuh resiko. Jika tidak memiliki persiapan matang, kegiatan satu ini bisa berakibat fatal, terutama jika kita berbicara soal keselamatan jiwa. Beberapa resiko yang kerap mengintai para pendaki gunung di antaranya, udara dingin, rute jalan tidak bersahabat, cuaca ekstrim, hingga ancaman serangan binatang buas.

Jika Anda berencana untuk mendaki gunung dalam waktu dekat ini, setidaknya Anda harus melakukan beberapa persiapan dasar sebelum memulai pendakian. Bagi Anda yang mungkin belum berpengalaman, mungkin beberapa tips di bawa ini bisa sangat berguna.

1. Persiapkan mental dan fisik

Persiapan pertama tentu saja adalah mental. Pastikan Anda benar – benar yakin ingin melakukan pendakian, karena jika tidak, besar kemungkinan Anda hanya akan menjadi beban bagi kelompok pendakian Anda. Percayalah, tidak satupun pendaki tahu apa yang akan mereka temui nantinya disaat proses pendakian.
Selain mental, persiapan fisik juga harus Anda lakukan. Mulailah untuk jogging, atau sekedar lari ringan di waktu pagi atau sore hari. Lakukan kebiasaan tersebut secara rutin.

2. Kumpulkan informasi

Mengumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai gunung yang akan Anda datangi sangatlah penting. Anda bisa mengetahui seperti apa medan yang akan Anda lalui nantinya, serta rute mana saja yang sekiranya cocok untuk Anda. Informasi tersebut bisa Anda dapatkan dari membaca pengalaman pendaki lainnya, atau bertanya pada yang sudah berpengalaman secara langsung.

3. Persiapkan alat

Pastikan Anda sudah mengetahui peralatan apa saja yang harus dan tidak harus di bawa saat pendakian. Untuk mempermudah pendakian, sebaiknya bawa alat yang benar – benar dibutuhkan saja. Jangan sampai Anda membawa alat yang tidak berguna untuk proses pendakian, atau Anda memang berencana menyusahkan diri Anda sendiri.

4. Bawa obat-obatan pribadi

Jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi Anda. Jangan sampai penyakit Anda kambuh dan lupa membawa obat-obatan tersebut karena hanya akan membahayakan diri Anda sendiri.

5. Mengenali kemampuan fisik

Pahamilah kondisi badan Anda, karena hanya Anda yang mengerti sejauh mana kemampuan Anda dalam melakukan sesuatu. Jangan memaksakan suatu hal ketika Anda tidak sanggup untuk menyelesaikannya, dalam hal ini adalah mendaki gunung. Hal tersebut sangatlah diperlukan karena dalam mendaki gunung membutuhkan tenaga yang besar dan keyakinan yang kuat.

6. Mulai dari yang kecil dulu

Mendaki gunung bukanlah persoalan mudah. Maka, sebagai pemula Anda harus memulainya dari yang paling kecil terlebih dahulu. Jadi, untuk kedepannya kita akan lebih mengerti seperti apa medan yang akan kita tempuh.

7. Ikuti aturan yang berlaku

Jangan pernah sekalipun menyepelekan peraturan. Sedikit saja kita berulah ketika mendaki gunung, maka kita akan menerima akibatnya. Banyak pantangan ketika kita akan mendaki gunung, jika melanggarnya maka siap – siap menerima konsekuensinya.

Dengan persiapan matang, resiko yang mengintai saat proses mendaki gunung tentu dapat di minimalisir sekecil mungkin. Meskipun merepotkan, tindakan terebut diperlukan untuk menjamin keselamatan diri Anda sendiri, dan bahkan teman perjalanan Anda nantinya. Semoga bermanfaat.

Copyright © 2021

Iskrim