Mengenal Kolesterol, Bahaya, Serta Cara Mengontrolnya

Kolesterol merupakan molekul sejenis lipid yang bisa ditemukan pada aliran darah dan sel tubuh manusia. Molekul ini diproduksi oleh hati, dan sangat berguna untuk membantu proses metabolisme tubuh seperti pembentukan sel baru dan hormon. Meski membawa manfaat, kolesterol yang berlebih dapat menyebabkan penumpukan lemak yang berujung pada penyumbatan pembuluh darah.

Mengenal Kolesterol, Bahaya, Serta Cara Mengontrolnya
Kelebihan kadar kolestrol dalam tubuh sering disebut dengan hiperkolesterolemia. Penderita hiperkolesterolemia perlu segera mendapatkan pengobatan, sebab ancaman penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan stroke bisa terjadi kapan saja.

Beberapa jenis kolesterol

Menurut keilmuan medis, kolesterol ternyata memiliki beberapa jenis. Menariknya, ternyata ada juga kolesterol yang memiliki peran baik bagi tubuh manusia.

Low Density Lipoprotein (LDL)

Kolesterol LDL ini sering disebut dengan kolesterol jahat. Kandungan molekul ini terdiri dari 75 kolesterol, dan hanya sedikit sekali mengandung protein. LDL memiliki peranan penting untuk mengalirkan kolesterol ke seluruh tubuh.
Meski memiliki peranan cukup penting, LDL dengan kadar berlebih dapat mengakibatkan penumpukan lemak pada dinding arteri.

High Density Lipoprotein (HDL)

Berkebalikan dengan LDL, kolesterol HDL sering disebut dengan kolesterol baik. Molekul ini mengandung banyak sekali protein yang berguna bagi metabolisme tubuh, serta bertanggung jawab mengalirkan 20 – 30 persen kolesterol ke seluruh tubuh.
Kolesterol HDL juga memiliki peran untuk mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh. Molekul ini akan membuang kelebihan kolesterol yang menumpuk pada sel darah dan dinding arteri, kemudian membawanya kembali menuju hati untuk selanjutnya dibuang.

Trigliserida

Ada juga jenis kolesterol yang disebut dengan Trigliserida. Jenis kolesterol ini berperan dalam penyimpanan lemak, serta berpengaruh dalam pembentukan lipoprotein kaya kolesterol. Lipoprotein kaya kolesterol inilah yang menyebabkan kadar kolesterol dalam tubuh bisa sangat tinggi, sekaligus memicu resiko penyakit pengumpalan darah.

Cara menurunkan kolesterol

Dengan merubah beberapa kebiasaan saja, Anda akan mampu mengontrol kolesterol yang ada di dalam tubuh. Beberapa tips yang bisa Anda coba lakukan antara lain:

Kontrol makanan

Cara sederhana menurunkan kolesterol adalah dengan mengurangi konsumsi makanan berminyak, berlemak, dan mengandung kolesterol tinggi. Contohnya, jeroan, kepiting, udang, kerang, kacang-kacangan, daging, santan, minyak, margarin, cokelat, dan gula.

Lakukan olahraga rutin

Mengutip dari beberapa sumber hasil penelitan oleh pakar kesehatan, disebutkan bahwa tubuh manusia tidak mempunyai kemampuan secara alami untuk mengeluarkan kolesterol.
Supaya kolesterol tidak menumpuk, maka proses pembuangannya harus dilakukan secara paksa. Caranya dengan banyak beraktivitas fisik seperti berolahraga, lakukan olahraga rutin minimal 20 menit setiap hari.

Konsumsi makanan penurun kolesterol

Makanan penurun kolesterol ada banyak sekali jenisnya, yang paling bagus adalah makanan berserat dan kaya akan vitamin C. Menurut beberapa penelitian, serat mampu mengikat kolesterol sehingga tidak beredar ke dalam aliran darah, sementara vitamin C disebut mampu menjaga keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh.

Menggunakan obat alami

Obat alami penurun kolesterol sebenarnya sudah lama sekali ditemukan oleh nenek moyang kita secara tidak langsung, dan kemajuan ilmu kedokteran serta teknologi penelitanlah yang membuktikannya. Beberapa tanaman yang terbukti mampu mengurangi kadar kolesterol antara lain, jati belanda, kemuning, hingga asem jawa.

Itulah beberapa hal mengenai kolesterol yang sebaiknya Anda ketahui. Ancaman penyakit akibat kolesterol memang mematikan, namun dengan sedikit mengatur pola hidup kita saja ancaman tersebut bisa sangat diminimalisir. Ayo hidup sehat!

Copyright © 2021

Iskrim