Lebih Bagus Mana, USB Type-C vs Micro USB

Beberapa tahun belakangan ini, banyak dari produsen smartphone mulai meninggalkan penggunaan port Micro-USB dan memilih beralih menggunakan port jenis baru seperti USB Type-C. Hal tersebut terjadi lantaran teknologi yang ditawarkan Micro-USB dinilai sudah usang, serta tidak mampu lagi mengimbangi berbagai inovasi yang ditawarkan smartphone jaman sekarang.

Lebih Bagus Mana, USB Type-C vs Micro USB
Lalu sebenarnya sehebat apa USB Type-C itu? Lewat artikel ini kami akan coba membandingkana spesifikasi keduanya. Mana yang lebih unggul, Micro-USB atau USB Type-C.

Perbandingan Fisik

Micro USB
Biasa disebut dengan USB 2.0, Micro USB memiliki bentuk fisik sama dengan USB pada umumnya yang dapat di lihat pada salah satu ujungnya berbentuk persegi panjang atau bisa disebut Port A, yang membedakan adalah penggunaan Micro USB pada ujungnya yang lain.

Micro USB atau USB 2.0 umumnya memiliki 5 buah pin pada soketnya, serta memiliki perbedaan panjang antara sisi bawah dengan atasnya. Perbedaan tersebut juga juga menjadi kelemahan fatal bagi jenis USB ini, karena memiliki perbedaan panjang pada sisi portnya, Micro-USB hanya dapat terhubung satu arah posisi saja. Hal tersebut berbahaya, sebab jika Anda tanpa sengaja memasangnya secara terbalik bisa mengakibatkan ujung port patah.

Perbedaan bentuk port

USB Type-C
Jika dilihat sekilas kedua jenis USB ini nampak tidak memiliki perbedaan, kecuali Anda mengamati lebih teliti pada bagian port konektornya. Pada USB Type-C, port konektor memiliki bentuk lonjong sama sisi yang berisi 24 pin di dalamnya.

USB Type-C memiliki dua jenis input, pertama USB 3.1 dan kedua socket USB Type-C. Dengan jumlah port yang hampir lima kali lebih banyak dibandingkan Micro-USB, soal kecepatan transfer USB Type-C jelas unggul jauh.

Kecepatan transfer

Micro USB
Kecepatan transfer data yang dapat ditangani oleh Micro USB pada umumnya adalah 480 Mbps pada seri 2.0, Sedangkan versi paling tinggi dari Micro USB yakni seri 3.0 adalah 5 Gbps .

USB Type-C
Kecepatan transfer USB Type-C mampu menembus angka 10Gbps, atau dua kali lebih cepat dibanding Micro-USB. Kemampuan tersebut berkat port seri USB 3.1 yang digunakannya, bahkan di versi lebih baru mendatang kecepatan USB Type-C akan terus ditingkatkan.

Perbandingan kecepatan transfer
Melihat perbandingan di atas rasanya jelas mengapa Micro-USB saat ini mulai ditinggalkan. USB Type-C memiliki performa yang jauh lebih unggul, terlebih peluang teknologi tersebut masih sangat terbuka lebar untuk dikembangkan di masa yang akan datang.

Tambahan :
Untuk kemampuan menghadel arus daya ternyata Mirco USB dan USB Type-C juga memiliki perbedaan. Untuk Micro USB, arus daya maksimal yang dapat ditangani hanyalah sebesar 5V/2A. Sementara pada USB Type-C, tegangan yang dapat ditangani mencapai 20V/5A.

Dari perbandinggan tersebut dapat disimpulkan, untuk memanfaatkan teknologi fast charging secara maksimal setidaknya Anda butuh kabel data dengan port konektor USB Type-C.

Copyright © 2021

Iskrim