5 Misteri Tentang Lukisan Mona Lisa Yang Mejadi Perdebatan

Mona Lisa sebuah maha karya peninggalan salah satu pelukis kenamaan paling dikenang sepanjang masa, Leonardo da Vinci. Lukisan yang mengambarkan seorang wanita sedang duduk dengan raut wajah misterius tersebut hingga kini menjadi salah satu karya seni lukis terbaik yang berasal dari masanya. Terlepas dari pada itu, lukisan Mona Lisa juga menyimpan banyak sekali misteri hingga menjadi perdebatan di kalangan umum.

5 Misteri Tentang Lukisan Mona Lisa Yang Mejadi Perdebatan
Tidak sedikit orang yang mempunyai pertanyaan mengenai karya Davinci ini, mulai dari siapa Mona Lisa itu sampai maksud dari mimik wajah dan arti dari senyumnya yang seolah - olah menyembunyikan sesuatu. Berawal dari sini lah beragam teori seputar sosok Mona Lisa kemudian muncul dan berkembang hingga saat ini.

1. Siapa Mona Lisa sebenarnya

Sampai saat ini masih banyak orang yang bertanya siapa sebenarnya sosok Mona Lisa itu, meskipun beberapa kelompok pencari fakta mengungkap beberapa teori mengenai sosok aslinya, namun sepertinya jawaban tersebut masih belum memuaskan bagi sebagian orang yang suka dengan konspirasi.

Salah satu teori paling populer adalah dugaan Mona Lisa mempunyai nama asli Lisa Gherardini, lahir pada 1479. Namun alasan mengapa Da Vinci memilihnya masih menjadi misteri.

2. Tentang ekspresi wajahnya

Raut wajah yang digambarkan pada Mona Lisa memang penuh dengan misteri bagi siapa saja yang melihat, mulai dari tatapannya yang misterius sampai senyuman yang penuh dengan teka - teki semua menarik untuk dibahas.
Kedua bagian tersebut sering membuat orang kebingungan, jika diperhatikan Mona Lisa digambarkan dengan tatapan seperti seseorang sedang sedih namun disatu sisi nampak senyuman misterius pada bibir, Banyak orang berpendapat bahwa ada sesuatu yang ingin disampaikan lewat mimik Mona Lisa, namun tetap masih menjadi sebuah misteri.

3. Nama Mona Lisa

Banyak orang percaya bahwa sebenarnya nama Mona Lisa merupakan kesalahan dalam ejaan, nama sebenarnya untuk lukisan karya Davinci ini adalah Monna Lisa yang berarti "Madonna atau Our Lady" dalam frasa italia. Namun kebenaran akan teori ini masih belum jelas, anggapan tersebut muncul hanya karena Davinci berasal dari italia.

4. Mona Lisa seorang pria juga wanita

Angapan ini pertama muncul ketika muncul sebuah konsep perihal nama Mona Lisa yang diyakini di ambil dari dua kata latin Almon dan lisa, kedua kata tersebut kemudian digabung menjadi Mona Lisa. Bahkan ada teori lain bahwa Mona Lisa itu sebenarnya adalah gambaran dari Davinci sendiri, semakin membuat bingung bukan?

5. Penampakan hewan pada background

Misteri yang paling baru tentang misteri lukisan Mona Lisa adalah prihal penampakan hewan yang ada pada background lukisan, konon terdapat beberapa hewan yang dapat kita temukan jika kita memiringkan lukisan Mona Lisa.

Beberapa hewan yang dapat kita temui pada lukisan ini ada singa, ular, banteng sampai monyet, seorang peneliti bernama Piccirillo menyebutkan bahwa hewan-hewan tersebut ada bukan karena sebuah kebetulan , melainkan sebuah representasi akan sebuah rasa iri atau kecemburuan yang coba diperlihatkan oleh Davinci lewat lukisannya.

Jika berbicara soal teori, terlebih itu merupakan sebuah teori konspirasi memang tidak akan ada habisnya. Terlebih lagi, kebenaran akan teori tersebut sangat susah untuk dipertanggung jawabkan. Tapi itulah serunya sebuah teori, kita sebagai pembaca dituntu untuk memecahkan teka – teki tersebut.

Copyright © 2021

Iskrim