Tips Cermat Merawat Celana Jeans Supaya Awet dan Tidak Mudah Pudar

Celana jeans menjadi salah satu fashion item yang digemari oleh orang hampir diseluruh dunia. Karakteristik kain jeans yang tebal dan tidak mudah sobek membuat jenis pakaian ini nyaman digunakan, terutama untuk kegiatan outdoor.

Tips Cermat Merawat Celana Jeans Supaya Awet dan Tidak Mudah Pudar

Meski kain jeans terkenal akan ketangguhan-nya, sama seperti jenis kain lainnya, jeans juga membutuhkan perawatan khusus supaya awet. Mungkin sebagian dari Anda sudah tahu bahwa kelemahan kain jeans justru bukan ada pada ketahanan bahan-nya, melainkan pada warna kain-nya.

Untuk menjaga warna jeans tetap bagus, dibutuhkan beberapa perlakuan khusus dalam merawat sebuah celana berbahan jeans. Beberapa di antaranya sudah saya rangkum di paragraf bawah ini, silahkan disimak.

Periksa aturan cuci pada label

Memeriksa petunjuk pencucian yang di sematkan pada label jeans sangatlah penting, namun beberapa orang malah tidak terlalu peduli dengan petunjuk kecil tersebut. Padahal jenis kain jeans ada beraneka macam, dan tentunya produsen lebih mengetahui tentang bahan yang dia gunakan sehingga mencatatkan petunjuk perawatan pada label supaya memudahkan kita.

Jangan merendam jeans

Merendam celana berbahan jeans sangat tidak dianjurkan, hal tersebut disebabkan celana akan mudah sekali mengalami kelunturan pada warna. Selain itu jeans akan cenderung kehilangan bentuk aslinya ketika terlalu lama direndam di dalam air, sebaiknya jika Anda ingin membersihkan celana berbahan jeans adalah dengan cara mencucinya secara langsung tanpa harus merendamnya.

Jangan mencampur jeans

Jeans memang bisa dicuci menggunakan mesin cuci atau secara manual dengan menggunakan tangan, namun kalian sangat tidak disarankan mencucinya dengan mencampur bersamaan dengan pakaian jenis lain. Jeans sangat mudah terkena noda atau lunturan warna, jadi sebisa mungkin hindari mencuci jeans bebarengan dengan pakaian berbahan lain.

Perhatikan saat menjemur

Saat menjemur celana berbahan jeans sebaiknya jemur dengan cara membaliknya, biarkan bagian dalam yang terkena sinar matahari secara langsung. Hal ini dapat menjaga warna celana jeans tetap awet, mengapa? karena panas sinar matahari secara langsung dapat membuat warna pada kain cepat memudar, apa pun jenis bahannya.

Jangan melipat jeans

Sebisa mungkin hindari melipat celana jeans karena dapat merusak bentuk asli dari celana jeans kalian, cara yang benar dalam menyimpan celana jeans adalah dengan cara mengantungnya menggunakan hanger didalam lemari bukan melipatnya.

Perhatikan panas saat proses setrika

Seperti yang sudah dibahas di atas tadi, setiap celana jeans pasti disertai dengan petunjuk perawatan. Perhatikan pada petunjuk tersebut, berapa batas panas yang bisa diatasi oleh kain celana jeans Anda.

Demikianlah beberapa tips merawat celana berbahan jeans yang bisa saya sampaikan. Semoga tips di atas bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Copyright © 2021

Iskrim