Modifikasi Civic Type R by Mugen, Sport Compact Car Bergaya Liar

Sebagai sebuah Sport Car Compact terbaik saat ini, Honda Civic Type R menjadi salah satu primadona dikalangan para pecinta street car. Mengusung konsep sporty serta didukung menggunakan mesin berperforma tinggi, Civic Type R layak disebut sebagai sleeper car sejati.

Modifikasi Civic Type R by Mugen, Sport Compact Car Bergaya Liar
 Namun bukan pecinta otomotif sejati jika langsung puas dengan mobil standar pabrik. Meski Civic Type R sudah didesain dengan nuansa sport yang begitu kental, ternyata masih ada saja pemilik mobil ini yang kurang puas dengan tampilannya.

Menjawab keinginan para pemilik Civic Type R tersebut, Mugen tuner sekaligus produsen komponen racing yang sudah sangat lekat dengan Honda memodifikasi total tampilan Civic Type R. Hasil modifikasi tersebut diberi nama RC20GT Concept, dan sempat dipamerkan di ajang perhelatan Tokyo Auto Salon.

Grill depan dengan sentuhan radikal
 Selain menawarkan aerodinamika yang lebih baik dibanding versi standarnya, Civic modifikasi tersebut juga dibuat jauh lebih ringan. Mugen mengganti hampir setiap komponen body mobil tersebut menggunakan serat karbon, ubahan paling nampak ada pada bumper, spoiler depan, kap mesin, pintu samping, hingga sayap bawaan-nya.

Selain itu, Mugen juga memberikan ubahan di sektor kaki – kakinya. RC20GT dibekali dengan suspensi yang sedikit ditingkatkan dibanding versi aslinya, tidak ketinggalan bagian rem juga diganti menggunakan jenis rem berperforma tinggi. Untuk lebih meminimalisir bobot mobil, bagian velg juga diganti menggunakan velg berbahan alumunium ringan, ridak ketinggalan desain kenalpot dibuat menjadi satu outlet.

Desain belakang dengan desain kalem
 Meski bertampang garang, Mugen tidak lupa memberikan sedikit sentuhan kalem pada lampu bagian belakang RC20GT. Beralih ke bagian inetrior, mugen turut memberikan beberapa perubahan yang terbilang radikal, mulai dari kursi berkaya bucket dengan harness 4 titik, setir kemudi bergaya sport, shifter dengan desain baru, bahkan hingga alas kaki dengan nuansa sporty.

Bagian interior turut mendapat upgrade
 Karena secara teknis RC20GT masih merupakan sebuah mobil konsep, Mugen belum mengumumkan secara pasti, berapa harga yang ditawarkan untuk menebus mobil ini. Melihat banyaknya ubahan yang dilakukan, serta beberapa komponen berkualitas tinggi yang digunakan, bisa diprediksi harga mobil ini pastinya akan cukup menguras kantong.

Tapi bagi pecinta street racing car sejati, berapapun harga yang dipatok untuk menebus mobil ini pastinya tidak akan masalah. Kapan lagi bisa memiliki mobil Honda yang ditunning langsung oleh Mugen? Pastinya bakal menjadi mobil rare di masa depan.

Copyright © 2021

Iskrim