Lebih Dekat Dengan JDM, Apa Itu Mobil JDM ?

Apakah Anda pernah mendengar istilah mobil JDM? Istilah tersebut sering muncul pada halaman forum komunitas mobil, terutama untuk forum yang spesifik membahas mobil yang berasal dari Asia. Lantas, apa sebenarnya mobil JDM itu?

Lebih Dekat Dengan JDM, Apa Itu Mobil JDM ?
JDM merupakan kependekan dari Japanese Domestic Market, istilah tersebut merujuk pada jenis mobil yang diproduksi secara khusus untuk market pasar mobil di Jepang. Singkatnya, produsen hanya membuat mobil tersebut untuk negara Jepang, dan tidak dijual ke negara lain.

JDM : Japanese Domestic Market ( Mobil yang di pasarkan khusus untuk pasar negara jepang)

Bagaimana cara membeli mobil JDM

Pada umumnya mobil JDM bisa tersebar ke berbagai belahan dunia melalui campur tangan importir. Kebanyakan mobil tersebut dibeli dalam kondisi bekas dari negara asalnya melalui Grey Market, sebagian lagi bisa didapatkan dengan memesan langsung ke pihak ATPM dengan status sebagai unit CBU.

CBU : Completely Built Up ( Mobil yang di impor secara utuh dari luar negeri)
Grey Market : Proses jual beli barang antar negara melalui jasa importir umum secara resmi atau legal, di indonesia istilah mudahnya "Makelar" tapi versi resmi.

Perbedaan mobil JDM dengan mobil biasa

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang mencolok antara mobil JDM dengan mobil yang diproduksi untuk pasar global. Sebagian orang mengkoleksi mobil JDM hanya karena mobil tersebut langka, atau memiliki tampilan unik saja.

Meski begitu, di beberapa model mobil JDM terdapat beberapa keunikan yang tidak dimiliki oleh unit yang ditujukan untuk pasar global. Perbedaan tersebut biasanya terletak pada fitur, desain interior, serta mesin yang digunakan.

Foto credit ©wikimedia
Salah satu mobil JDM paling iconic adalah Nissan Skyline GTR R34. Mobil ini dikenal memiliki tampilan yang cantik, serta performa yang bisa dibilang buas untuk sejenis mobil sedan. GTR R34 semakin dikenal hingga mencapai puncak popularitas setelah dikendarai oleh Brian O'conner (Paul Walker) dalam filem The Fast and the Furious.

Beberapa tipe mobil JDM yang mungkin familiar untuk orang Indonesia, seperti Civic generasi ke 6 (Civic Ferio) atau corolla generasi 7 (Great Corolla/greco). Kedua mobil tersebut mempunyai versi JDM nya sendiri. Untuk Ferio versi Jepang dikenal dengan nama Ferio Vi-RS sedangkan untuk Greco versi JDM ada Corolla Levin GT, Ceres sampai Bz Touring.

Perkembangan kultur JDM di Indonesia

Masih cukup banyak masyarakat indonesia yang belum paham sebenarnya JDM car itu mobil seperti apa, stigma orang indonesia soal JDM masih sebatas aliran modifikasi. Mungkin kalian sering melihat mobil yang dimodif ceper atau di tambah lampu - lampu terang dijalan terdapat stiker JDM atau sering disebut mobil JDM, padahal JDM bukan sebuah aliran modifikasi melainkan mobil utuh yang memang khusus dijual di Jepang.

Antusiasme mobil JDM di Indonesia sendiri terbilang cukup tinggi, bahkan peminatnya rata - rata masih berusia muda. Ini menandakan banyak sekali orang yang memburu mobil ini bukan hanya untuk dijadikan sebagai koleksi atau pajangan, tapi sudah menjadi gaya dikalangan anak muda.

Harga mobil JDM

Mobil JDM mempunyai harga bervariasi, tergantung kondisi serta kelangkaan tipe tertentu. Jadi jangan heran jika mobil JDM bekas tahun 90an saja harganya bisa lebih mahal dari pada mobil baru keluaran pabrikan saat ini, bahkan gilanya lagi ada beberapa tipe mobil JDM yang harganya terus naik setiap harinya saking langkanya mobil tersebut.

Beberapa mobil JDM yang masuk kategori rare, seperti Honda NSX, Nissan GTR R32, Toyota supra sampai icon JDM sepanjang masa versi admin Datsun 510.

Sekarang sudah tahu’kan apa itu mobil JDM? Sudah siap berburu mobil JDM pertama Anda? Jangan lupa untuk mempersiapkan kocek untuk menebusnya ya.

Copyright © 2021

Iskrim