7 Tempat Yang Wajib Kamu Kunjungi Jika Liburan ke Jogja

Punya rencana berlibur ke Jogja namun masih bingung menentukan destinasi wisaja yang dituju? Jangan khawatir, artikel ini akan memberikan beberapa rekomendasi tempat yang asik untuk Anda kunjungi ketika berlibur ke kota Yogyakarta.

7 Tempat Yang Wajib Kamu Kunjungi Jika Liburan ke Jogja
Yogyakarta | Foto credit ©Gotravelindonesia
Jogja yang akrab dengan sebutan kota pelajar, ternyata menyimpan banyak sekali tempat destinasi wisata menarik. Bahkan selama beberapa tahun terakhir ini, pemerintah setempat terus mengembangkan beberapa daerah yang memiliki potensi untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Tidak heran Jogja yang semula dikenal sebagai kota pelajar, sekarang berlahan mulai dikenal sebagai kota wisata, terutama untuk wisata alam.

Dari banyaknya tempat wisata yang ada di Jogja, ada beberapa tempat wisata ikonik yang rasanya sayang untuk Anda lewati ketika sedang berada di Yogyakarta. Beberapa tempat tersebut di antaranya :

Tugu Jogja

Tugu Jogja
Tugu Yogyakarat | Foto credit ©Jogjakota
Liburan ke Jogja rasanya belum lengkap jika Anda belum mengunjungi monumen Tugu Jogja. Bangunan berbentuk tugu yang berdiri ditengah perempatan jalan Jendral Sudirman dan jalan Margo Utomo ini menjadi salah satu simbol kebanggan warga Yogyakarta. Di tempat ini, pengunjung bisa duduk melihat lalu – lalang kendaraan yang melintas, atau sekedar melakukan foto ria bersama.

Malioboro

Malioboro
Jalan Malioboro | Foto credit ©Kompas

Dari Tugu Jogja, Anda dapat melanjutkan perjalanan langsung menuju jalan Malioboro. Bagi yang gemar berbelanja, tempat ini bisa menjadi destinasi wisata paling cocok untuk di datangi. Di sepanjang jalan ini, banyak pedangan yang menjajakan aneka cinderamata khas Jogja.

Malioboro juga sangat cocok untuk sekedar dijadikan sebagai tempat nongkrong, pasalnya disepanjang jalan ini berjejer warung tenda yang menjual berbagai hidangan enak dengan harga terjangkau.

Titik 0 KM

titik 0km
Titik 0KM | Foto credit ©Kotajogja

Setelah puas menikmati berbagai hiburan di Malioboro, jangan lupa untuk mampir di titik 0KM. Letaknya berada di ujung jalan Malioboro, dan dapat ditempuh hanya dengan berjalan kaki saja.

Titik 0KM berupa sebuah perempatan besar yang diapit oleh beberapa tempat bersejarah, mulai dari benteng Vredeburg peninggalan kolonial, Monumen peringatan serangan umum 1 Maret, Gedung Agung Yogyakarta yang sempat menjadi pusat pemerintahan Indonesia di era Soekarno, serta bangunan kantor POS Besar Yogyakarta yang memiliki desain unik.

Tempat ini selalu ramai oleh Anak muda, terutama di malam hari. Di titik 0KM ini sering diadakan berbagai pertunjukan kesenian jalanan, serta berbagai aktivitas yang umumnya melibatkan Anak muda.

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat
Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat | Foto credit ©Wikimedia
Dari titik 0KM, Anda bisa langsung berjalan menuju Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, letaknya memang tidak terlalu jauh. Di sini Anda bisa menikmati suasana khas kerajaan, serta melihat berbagai koleksi benda bersejarah yang dimiliki Keraton. Untuk Anda yang gemar berwisata sejarah, destinasi wisata satu ini pasti sayang untuk dilewatkan.

Taman Sari

Taman Sari
Taman Sari | Foto credit ©Tripcitera

Anda sudah selesai meng-eskplorasi wisata yang Ada di Keraton? Jangan lupa juga untuk mampir ke taman sari. Taman sari dulunya merupakan taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, area ini dikelilingi oleh benteng tua yang cukup bersejarah.

Tempat ini terkenal memiliki desain bangunan yang cantik, bahkan ditengah area taman ini terdapat sebuah kolam mata air yang dulunya digunakan oleh puteri keraton untuk mandi. Saking cantiknya desain bangunan yang ada ditempat ini, Taman Sari sering dijadikan sebagai tempat untuk pengambilan foto preweeding.

Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan
Taman buah mangunan | Foto credit ©Alodiatour

Anda sudah bosan dengan wisata di tengah kota? Silahkan sedikit menuju ke pinggiran Jogja, tepatnya di kawasan Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Tempat ini menawarkan pemandangan berupa hamparan kebun buah yang letaknya berada di ketinggan. Anda ingin merasakan sensai negeri di atas awan seperti yang ada di Dieng? Datang saja di waktu pagi hari, Anda akan langsung disuguhi pemandangan berupa hamparan awan putih dari puncak kebun buah mangunan.

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis | Foto credit ©Eljhonnews

Selesai menikmati wisata ala pegunungan tiba – tiba Anda ingin pergi ke pantai? Gampang, langsung saja menuju pantai Parangtritis yang jaraknya tidak terlalu jauh dari kota Yogyakarta. Di tempat ini Anda bisa bersantai sembari menikmati semilirnya angin laut atau ingin merasakan sensasi berkuda di pinggir pantai, semua bisa dilakukan di Parangtritis.

Gumuk pasir
Gumuk pasir | Foto credit ©Paketwisata
Tidak jauh dari pantai Parantritis, terdapat tempat bernama gumuk pasir. Di tempat ini Anda bisa mencoba serunya berselancar di atas lautan pasir, jangan sampai dilewatkan!

Sebenarnya masih ada banyak sekali tempat wisata menarik di Jogja, namun 7 tempat di atas merupakan destinasi wisaja paling ikonik yang dimiliki Yogyakarta. Mungkin nanti kita akan membahas lagi beberapa destinasi wisata menarik yang ada di Jogja karta, ditunggu ya.

Copyright © 2021

Iskrim