5 Manfaat Kebiasaan Mengkonsumsi Air Hangat Untuk Kesehatan

Kebiasaan mengkonsumsi air sangat memberikan manfaat bagi tubuh. Selain berperan penting pada proses kerja organ dalam, air juga berfungsi untuk meredakan beberapa masalah yang dialami oleh tubuh manusia. Air terbaik untuk dikonsumsi adalah air dengan keadaan hangat.

5 Manfaat Kebiasaan Mengkonsumsi Air Hangat Untuk Kesehatan
Foto credit ©Pexels
Meskipun tidak ada bedanya dengan air biasa, menurut sebuah penelitian air yang dikonsumsi pada saat keadaan hangat lebih memberikan manfaat untuk tubuh ketimbang air dingin. Penasaran apa saja manfaat mengkonsumsi air hangat? berikut rangkuman-nya.

Meredakan hidung tersumbat dan sakit kepala

Uap pada air hangat dapat membantu melancarkan saluran pernafasan yang tersumbat akibat lendir. Dengan menghirupnya secara berlahan lendir akan ikut menjadi encer karena panas uap tersebut. Bahkan menurut beberapa penelitian, uap hangat dapat membantu meredakan sakit kepala loh.

Bantu meredakan nyeri

Air hangat mempunyai sifat Vasodilator dimana sangat bermanfaat dalam membantu melancarkan peredaran darah pada tubuh, Dengan lancarnya aliran darah pada tubuh, jaringan otot yang mengencang akan kembali kendur dan rileks. Hal tersebut akan sangat membantu mengurangi rasa nyeri akibat otot yang mengeras atau tegang.

Mengeluarkan racun dalam tubuh

Detoksifikasi ternyata bisa Anda lakukan sendiri hanya dengan mengkonsumsi air hangat. Mengkonsumsi air hangat dapat merangsang tubuh untuk menghasilkan keringat yang merupakan cara paling alami dan aman mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Membantu sistem pencernaan dan metabolisme

Tubuh membutuhkan air dalam melakukan proses pencernaan, untuk itulah banyak pakar gizi menyarankan untuk selalu mengkonsumsi air dalam jumlah cukup. Selain lebih mudah direspon oleh tubuh, air hangat juga dapat merangsang sel - sel yang membantu proses metabolisme dalam tubuh.

Membantu atasi Akalasia

Pernah mendengar tentang Akalasia? Akalasia merupakan keadaan dimana seseorang mengalami kesulitan dalam mendorong atau memasukkan makanan ke dalam tubuh, biasanya terjadi ketika seseorang terserang radang tengorokan. Dengan banyak mengkonsusmi air hangat, rasa nyeri pada tenggorokan yang disebabkan oleh Akalasia ini dapat diatasi.

Ternyata air hangat membawa segudang manfaat positif bagi tubuh ya. Menjadi sehat sebenarnya sangat mudah, hanya saja terkadang orang malas atau kurang peduli untuk melakukannya.

Copyright © 2021

Iskrim