Plat Nomor Kendaraan Baru Indonesia Mirip Plat Diplomatik

plat nomor kendaraan baru indonesia_mirip-plat-diplomatik_iskrim_com_

Kabar plat nomor standar kendaraan bermotor pribadi Indonesia yang ber plat dasar hitam, berangka dan berhuruf putih telah lama kita tahu, dan memang sempat ada wacana dari pemerintah akan mengganti desain dan warna plat nomor dengan yang desain baru dan kini ternyata segera akan terealisasi.

Tanda Nomor Kendaraan atau disingkat menjadi TNKB atau sering kita sebut sebagai plat nomor kendaraan yang baru ini kalau kita lihat nampaknya tidak begitu asing bentuk desainnya. Sekilas mirip dengan gaya plat nomor kendaraan kedutaan dari negeri Eropa sana, yup plat nomor yang di awali CD (Corps Diplomatique) sebuah plat khusus yang sering kita temui di jalan-jalan. Sebuah kebanggaan sepertinya karena secara konsep desain plat nomor kendaraan ini memang mirip-mirip, plat dasar putih dengan bubuhan huruf dan angka hitam, klop, bukan cumi tapi memang mirip! Tapi mungkin nanti ukuran dimensinya saja yang sedikit berbeda.


Plat Kendaraan Baru
"Serasa Mobilnya Diplomat"

plat nomor kendaraan baru indonesia_mirip-plat-diplomatik_iskrim_com_
indonesiautosblog

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan melalui millist yang saya terima, plat kendaraan baru ini bukan cuma mirip dengan plat kendaraan kedutaan saja, tapi akan ada peningkatan dari segi kualitas pencetakan angka dan huruf. Selama ini kita ketahui bagaimana menurunnya kualitas cetakan plat nomor kendaraan, seperti terkadang catnya meleset dari emboss nya, buram, bahkan ada yang huruf atau angkanya terlihat terlalu berdempet dengan sebelahnya. Namun kabar baiknya adalah desain plat nomor kendaraan yang baru nantinya untuk huruf dan angka tidak lagi dibuat dengan cara di cat dan emboss, tapi nanti akan dicetak dengan stiker berkualitas dengan ciri khas huruf yang masih dipertimbangkan.

Nah, mengingat menurunnya kualitas plat nomor kendaraan dari segi pembuatan akibatnya banyak masyarakat yang mencoba memperbaiki bentuk 'penomoran' menjadi lebih rapih, bermacam-macam cara masyarakat menggganti agar huruf dan angkanya terlihat lebih jelas, dan menunjang penampilan kendaraan mereka, namun sayangnya 'jerih payah' masyarakat sepertinya kurang ditanggapi positif oleh petugas kepolisian terutama dilapangan. Petugas kepolisian dilapangan biasanya akan menindak dengan alasan tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dan ini memang ada peraturan resminya. Sebuah dilema memang, maka dari itu wacana dan realisasi perubahan desain plat nomor kendaraan lama buatan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) itu akan segera digantikan dengan harapan bisa memenuhi keinginan masyarakat.

Bukan sekedar untuk gaya-gayaan dan penyegaran desain, namun disisi lain alasan kenapa warna 'putih diatas hitam' ini dipilih menurut Kasi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, Komisaris Polisi Bayu mengatakan bahwa perubahan plat nomor kendaraan dengan desain baru ini nantinya akan bersinergi dengan rangkaian sistem tilang elektronik. Dimana menurutnya bahwa warna dasar plat berwaran putih dengan huruf dan angka hitam akan dengan mudah di tangkap dengan jelas oleh kamera CCTV, terlebih dimalam hari dengan cahaya yang terbatas, biasanya petugas akan mengalami kendala jika masih menggunakan plat kendaraan yang lama, makanya dilakukan perubahan desain yang lebih terang.

Meski secara konsep dan perencanaan sudah siap namun desain kendaraan motor kendaraan ini masih harus menunggu keputusan dan arahan Korlantas Polri. Sebagai informasi, ternyata penggantian desain plat nomor kendaraan baru ini rupanya tidak berlaku untuk semua kendaraan, ini hanya berlaku untuk kendaraan pribadi, sedangkan kendaraan lain seperti angkutan umum tidak akan ada perubahan, alias tetap menggunakan desain plat nomor kendaraan yang lama.


1 comment:

Komen di blognya iskrim harus cerdas dan keren, no spam, no junk please!