Pertama Dunia, Rumah Dari Teknologi Print 3D Siap Huni

Pertama Dunia, Rumah Dari Teknologi Print 3D Siap Huni_iskrim_com_

Bayangan kita awal ditemukannya mesin printer hanya sebatas cetak dokumen dan cetak yang sifatnya di permukaan kertas saja, yang sempat booming kala itu lahirnya printer warna yang berharga mahal hingga pada akhirnya hadir di tengah masyarakat dengan printer laser jet dan sejenis, setelah itu inovasi berkesan jalan di tempat. Baru kemudian beberapa tahun belakang ini hadir teknologi printer 3 Dimensi yang sanggup mencetak dalam bentuk 3 Dimensi yang mengesankan!

Dan perkembangan mesin print dalam bentuk 3 Dimensi belakangan ini terus mengalami kemajuan sangat pesat, para ahli berlomba-lomba menciptakan mesin printer 3 Dimensi dengan hasil yang mendekati hasil, kian lama memiliki ukuran-ukuran yang realistis dan hasilnya semakin menyerupai model aslinya.

'Project Milestone, 3D Print Technology'

 
Sebuah rumah, katakan sebuah komplek rumah yang dihasilkan dari mesin print 3 Dimensi apakah kamu pernah membayangkan? Kalau satu dua dekade ke belakang mungkin kita tak pernah membayangkannya, tapi di negeri Belanda ada sebuah hunian yang saat ini sedang direncanakan akan berdiri rumah komplek yang bangunannya di buat dan dicetak langsung oleh mesin printer 3 Dimensi ini.

Proyek ini di berinama 'Project Milestone', menurut laman tue.nl, adalah proyek gabungan dari warga kotamadya Eindhoven yakni Eindhoven University of Technology, kontraktor Van Wijnen, manajer real estate ternama Vesteda, perusahaan bahan bangunan Saint Gobain-Weber Beamix dan perusahaan rekayasa Witteveen + Bos.

http://www.iskrim.com/2018/06/pertama-dunia-rumah-dari-teknologi-printer-3Dimensi.html


Proyek kroyokan ini jika berjalan dengan mulus rencananya akan selesai selama lima tahun kedepan, proyek dikerjakan satu persatu rumah baru lanjut ker umah berikutnya, dengan harapan ditemukan pandangan baru, temuan terbarukan, dan pembelajaran baru di dapat setelah selesainya proyek ini.

Untuk peletakan 'batu pertama' rumah 3 Dimensi hasil dari printer ini akan dimulai pada pertengahan tahun 2019, diantara rumah berlantai satu akan ada rumah yang bertingkat.

Keungggulan konsep dari pembangunan dari printer 3 Dimensi ini karena fleksibilitas,
membuat bentuk sesuai konsep yang bisa dibuat secara cepat dengan tetap memperhitungkan dan mempertahankan kualitas bahan yang akurat.

Dalam siaran persnya, Eindhoven University of Technology mengatakan , "Cetak beton 3 Dimensi ini akan mengubah cara pandang membuat rancangan bangunan, dan berpotensi kemajuan yang memudahkan dalam tingkat produksi dan efesiensi secara keseluruhan, ini berkat teknologi printer 3 Dimensi yang mampu memproduksi model bangunan dan interior dengan ukuran yang sama persis dengan ukuran yang sama-sama presisi."



"Secara biaya maka akan mampu ditekan dan konsumen dapat memesan model sesuai keinginan," " Keuntungan lainnya adalah cara kerja ini akan berkelanjutan dengan satu konsep awal, memiliki sedikit kandungan semen dan mampu mengurangi emisi CO2 yang berasal dari produksi semen." lanjutnya.

Artikel ini terbit juga di: Kaskus