Youtube Meluncurkan Layanan Streaming Musik, Gratis dan Berbayar

youtube music layanan baru dari youtube_iskrim_com_

Sebagai media besar yang bergerak di layanan video, Youtube rupanya ingin melebarkan sayapnya ke dunia musik, sebuah pasar baru yang nampaknya akan menjadi pesaing Aple, Spotify, dan Amazon. Yotube Music tersedia dengan layanan streaming gratis dan premiumnya.

Untuk pertama kalinya layanan musik premium ini akan diluncurkan di mamarika, Australia, Selandia Baru, Meksiko, dan Korea Selatan pada 22 Mei sebelum diluncurkan ke 14 negara lainnya, termasuk Inggris.

Pihak Youtube mengatakan layanan musik streaming ini dibagi dalam dua jenis, umum yang diselingi iklan dan paket premium tanpa iklan dan dikenakan biaya $ 9,99/ bulan atau sekitar Rp 14rb/bulannya.

Kelebihan dari paket premium adalah dimana menurut Elias Roman, manajer produk dari Youtube kompilasi yang disediakan akan berbeda dan langka dan tidak diemukan di list manapun. "Semua akan terorganisir dan dipersonalisasi", tambahnya.

Sebagai penyedia konten video dengan pengguna yang telah mencapai 1,3 miliar Yotube optimis akan bisa bersaing ketat dengan layanan sejenis seperti Spotify.

"Meski layanan streaming ini mirip tapi kita tidak berniat membunuh Spotify", ujar Mark Mulligan, analisis di MIDiA Research. "Penghasilan terbesar Youtube adalah dari iklan jadi bukan fokus pada pendapatan layanan musik." lanjutnya.

youtube music layanan baru dari youtube_iskrim_com_
 rollingstone

Dengan bantuan Asisten Google dan akses ke banyak pengguna, akan ada aplikasi yang bisa menawarkan dan merekomendasikan berdasarkan kebiasaan pengguna dan menjadi pengalaman yang bersifat pribadi", kata T Jay Fowler, Eksekutif dari YouTube.

Lanjut dari laman theguardian, kedepan direncanakan YouTube Music akan menggantikan Google Play Music , dan akan terus ada sebagai layanan 'cloud locker', di mana pengguna dapat mengunggah musik mereka untuk streaming portabel. Pelanggan yang sudah ada akan menerima akses ke layanan baru.

Kabar terbaru lainnya juga adalah YouTube Red sebagai layanan bebas iklan ini berubah nama menjadi Premium Youtube yang nantinya akan terhubung langsung ke Youtube Music.

Youtube sendiri pada tahun 2014 pernah meluncurkan Youtube Music Key,yakni layanan streaming gratis dan offline dengan biaya bulanan sebesar $9,99 atau sekitar Rp 14rb/bulannya. Sedangkan pengguna YouTube Music premium akan bisa tetap menikmati musik di ponselnya saat layar dalam kondisi off, sedang versi standar pengguna hanya bisa menikmati dengan kondisi layar ponsel hidup serta sisipan iklan seperti biasanya.