Tips Memilih Dan Menyewa Rumah Impian Dengan Dana Terbatas

Tips Memilih Dan Menyewa Rumah Impian Dengan Dana Terbatas

Kebutuhan akan tempat tinggal saat ini sudah tak bisa di pungkiri lagi. Luas tanah yang tidak bisa bertambah dan tingginya harga jual rumah membuat beberapa orang terutama pasangan muda lebih memilih untuk menyewa rumah saja terlebih dahulu.

Sewa apartemen yang sesuai impian bagi kalangan menengah atas perlu cara cerdas memilihnya demikian juga jenis sewa rumah pemukiman umumnya ada yang bulanan dan tahunan, keuntungan menyewa bagi yang dananya pas-pasan tentu saja tidak memberatkan. Nah, buat kamu yang belum pernah mencoba menyewa rumah atau ingin memutuskan untuk menyewa rumah dulu perlu tahu seluk beluk dan hak kita sebagai penyewa apa saja penting untuk diperhatikan, diantaranya adalah:

1. Tentukan lokasi rumah sewa

Menentukan lokasi terdekat dengan jarak tempat kuliah, kerja atau usaha menjadi poin utama dalam menentukan lokasi sewa rumah. Keuntungan dekat dengan tempat aktifitas kita tentu saja akan menghemat biaya transport, dan kosentrasi kita bisa kita alokasikan dengan maksimal di tempat aktifitas kita sehari-hari tersebut. Kebersihan rumah, kualitas air, pemakaian listrik diluar atau didalam, mck bersama atu didalam, bebas banjir dan sirkulasi udara bagus sangat disarankan.

Pertimbangan lain adalah sebaiknya dekat juga dengan layanan umum, terutama toserba dan rumah sakit. Biasanya dengan fasilitas dan lingkungan memadai tersebut sedikit menaikkan harga sewa, tapi akan sangat membantu kebutuhan sehari-hari dan kepentingan kita di waktu yang tak terduga.

Jika alokasi dana tipis bisa saja syarat diatas dikurangi poinnya dan temukanlah harga sewa yang terbaik, menawar harga sewa diperbolehkan dengan pertimbangan lain misalkan sewa 3 tahun sekaligus akan lebih murah daripada membayar tahunan, dan sepintar-pintarnya juga kita bernegoisasi.

2. Buat Perbandingan rumah sewa

Tips Memilih Dan Menyewa Rumah Impian Dengan Dana Terbatas

Jika sudah merasa cocok di satu lokasi atau belum menemukan lokasi rumah sewa yang cocok ada baiknya membuat beberapa pilihan alternatif, carilah informasi sebanyak-banyak baik melalui teman atau media internet seperti di Google. Tapi ada cara paling mudah yakni berkunjung langsung ke website khusus yang menyediakan informasi tentang sewa rumah tanpa harus capek-capek membandingkan dan survei lokasi, cara ini akan meminimalisir jumlah pilihan, menghemat waktu, tenaga, dan tentu saja menghemat biaya transport tanpa harus menuju lokasi

3. Lebih detil dengan fasilitas rumah sewa

Beberapa faktor yang membuat harga sewa rumah mahal tentu saja lokasi yang strategis, kelengkapan fasilitas seperti parkir kendaraan, wifi gratis, ac, serta kenyamanan dan keamanan dan lainnya. Jika kita menginginkan rumah sewa yang ekonomis dengan fasilitas kenyamanan dan keamanan yang memadai biasanya letaknya agak jauh atau pinggiran dari keramaian kota, tapi jika kita pintar dan jeli mencarinya bisa saja kita dapatkan, mungkin bisa melalui informasi internal kenalan, saudara atau pemiliknya yang kita kenal baik secara langsung. Jika pun tidak menemukan cara terbaik di atas maka solusinya adalah dengan menyewa secara patungan dengan teman sekamar, maka biaya sewa bisa dibagi berdua dan tentu saja jadi meringankan biaya sewa rumah tersebut.

4. Buat perbandingan ulang rumah sewa

Setelah menentukan dua pilihan mengerucut maka tinjaulah lokasi sekali lagi, buat perbandingan dan periksa mendetail mengenai kondisi dinding dan atap bangunan, saluran air, kualitas air, sirkulasi udara, lingkungan sekitar, kebersihan. Jika dirasa ada yang mengganjal tanyakan langsung kepihak pemilik rumah untuk segera mungkin memperbaiki sebelum kita mulai menempatinya.

5. Buat perjanjian rumah sewa

Poin terkhir yan tak kalah penting adalah perihal surat kontrak sewa-menyewa rumah. Surat perjanjian kontrak atau sewa rumah wajib di bubuhi materai yang di setujui dan ditandatangani keduabelah pihak. Salah satu poin penting adalah persoalan lama sewa harus jelas tertulis disana, terjadwal dengan jelas mulai kapan dan akan berakhir sampai kapan, perihal resiko dan tanggung jawab selama menyewa harus jelas disana.