Olahraga Baiknya Sebelum Atau Setelah Berbuka Puasa? Ini Jawabannya

Olahraga Baiknya Sebelum Atau Setelah Berbuka Puasa? Ini Jawabannya

Sore kemarin sambil menunggu waktu berbuka tiba ane iseng nonton acara tv bertema kesehatan. Dalam acara tersebut nara sumber menjelaskan olahraga paling baik sebenarnya adalah sebelum sahur, karena selain udara masih segar kita disarankan tidak tidur setelah shalat Shubuh, sayangnya tidak dijelaskan lebih jauh kenapa sebaiknya olahraga dilakukan sebelum berbuka sahur tersebut.

Padahal dalam beberapa kasus saya temukan ada yang berbeda pendapat, setelah lepas sahur atau setelah berbukalah yang baik dilakukan. Nah, jadi mana yang boleh dan mana yang seharusnya tidak dilakukan, dilematis memang rasanya.

Sebagai 'remaja' melek teknologi saya coba ketok pintu rumah mbah e gugel dan bertanya kepada beliau. Dan hasilnya memang banyak sekali pendapat yang mengatakan olahraga sebelum sahur adalah terbaik, sebelum berbuka, dan satu lagi bilang setelah berbuka lah yang terbaik dilakukan.

Olahraga Baiknya Sebelum Atau Setelah Berbuka Puasa? Ini Jawabannya
egyptindependent

Hm, semakin penasaran sayapun menelusuri lebih dalam dan mengulik informasi lebih mengerucut lagi. Secara umum yang namanya olahraga kita pasti tahu bertujuan untuk menyehatkan jasmani bahkan rohani kita. Namun olahraga seperti apa yang sebaiknya dilakukan disaat kita berpuasa?

Kesimpulan dari beberapa referensi yang saya dapatkan mengatakan bahwa olahraga baik sebelum sahur atau setelah berbuka adalah sama-sama baik, hanya intensitasnya saja yang harus diperhitungkan.

Menurut praktisi kesehatan olahraga, dr Michael Triangto, SpKO pilihan waktu yang tepat untuk olahraga saat puasa bisa ditentukan berdasarkan intensitas dan tujuannya.
Intensitas yang dimaksud adalah berat atau ringannya olahraga yang dilakukan.

Olahraga dapat dilakukan di pagi hari jika bertujuan untuk membuat badan tetap bugar dan meningkatkan metabolisme tubuh. Tapi perlu diingat, di pagi hari tidak dianjurkan melakukan olahraga yang berat, cukup yang ringan saja.

Berat atau ringannya intensitas olahraga bisa dilihat dari denyut jantung saat beraktivitas. Bisa juga dengan cara yang lebih mudah yakni tes bicara. Jika seseorang masih bisa berolahraga sambil ngobrol, bisa dikatakan intensitasnya ringan. Sebaliknya jika napas sampai tersengal-sengal dan susah berbicara, tandanya intensitas olahraganya cukup tinggi. tkp
Olahraga Baiknya Sebelum Atau Setelah Berbuka Puasa? Ini Jawabannya

Untuk olahraga sebelum sahur atau berbuka lakukanlah olahraga 30 menit sebelum sahur atau sebelum berbuka puasa karena dikhawatirkan olahraga yang terlalu lama akan menyebabkan dehidrasi, kadar gula menurun. Dan setelah berbuka segeralah minum cenderung manis dan makan makanan ringan untuk menaikkan kadar gula darah normal kembali, 30 menit kemudian baru makan besar.

Sedangkan olahraga setelah sahur atau berbuka efeknya tidak begitu besar karena sebelumnya tubuh kita sudah mengkonsumsi, api penting untuk diingat jika berniat berolahraga setelah sahur atau berbuka sore jangan makan besar dahulu, akan menyebabkan rasa eneg dan efeknya olahraga jadi tidak maksimal. Sebaiknya satu jam setelah olahraga baru diperbolehkan makan besar.

Intinya olahraga selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan ini jangan sampai menguras tenaga, cukup yang ringan saja, asalkan sudah merasa bugar sudah cukup.


Artikel ini terbit juga di: Kaskus