Mudik Waspada Agen Dan Tiket Bis PALSU (Ini Cara Mengenalinya)

Mudik Waspada Agen Dan Tiket Bis PALSU (Ini Cara Mengenalinya)

Meski lebaran masih beberapa minggu kedepan dan puasa baru saja berjalan 2-3 hari ini pastinya setiap orang yang ingin mudik atau ingin pergi ke kampung halaman sudah jauh-jauh hari memesan dan membeli tiket kereta api, pesawat, dan bus.

Pembelian tiket khusus bis di menjelang lebaran biasanya tidak diberlakukan pemesan jauh-jauh hari seperti halnya kereta api, atau pesawat, pembelian tiket bis cenderung di waktu yang mepet. Beli esok hari atau pagi ini untuk berangkat nanti sore, bisa dibayangkan bagaimana repotnya, belum lagi kalau belinya di agen yang abu-abu kita harus waspada!

Waspada Tiket Bis Palsu

Mudik Waspada Agen Dan Tiket Bis PALSU (Ini Cara Mengenalinya)

anggit.id

Yah, meski sekarang pembelian ada yang sudah model online tapi belum banyak yang mengetahui. Pembelian secara konvensional inilah ada pihak yang mengambil keuntungan diantara kesempitan. Kasus klasik di terminal bus biasanya adalah kalau tidak calo yang menaikkan harga tiket saat didalam bus, keberangkatan yang tidak bisa dipastikan, atau bus yang tidak sesuai dengan tiket yang tertulis.

Mepetnya waktu pembelian tiket ini menjadikan peluang orang berlaku curang dengan menjual tiket bis palsu di lapangan, semakin tak disadari oleh calon penumpang manakala di tengah hiruk-pikuk dan mepetnya waktu keberangkatan membuat penumpang jadi tak mawas diri dengan tiket yang dibelinya asli ataukah palsu.

Lalu bagaimana mengenali ciri tiket bisa asli atau palsu? Meski kejadian tiket palsu seringkali terjadi tapi nampaknya setiap tahun ada saja korbannya. Maka supaya hal ini tak terjadi lagi berikut cara mengenalinya:


Waspadalah!

Mudik Waspada Agen Dan Tiket Bis PALSU (Ini Cara Mengenalinya)


anggit.id

"Kami imbau kepada masyarakat untuk jeli membeli tiket. Jangan membeli tiket di luar agen resmi yang banyak ditawarkan para calo tiket," ujarnya.

Fathikun menjelaskan, perbedaan yang sangat kentara antara tiket asli dan tiket abal-abal adalah pencantuman nama PO bus di tiket tersebut. "Tiket asli mencantumkan nama PO bus di kertas tiket sedangkan tiket abal-abal tidak ada nama PO bus dan biasanya tiketnya dalam bentuk foto kopian," ungkapnya.

Dia menambahkan, apabila ada seseorang yang menawarkan tiket tanpa mencantumkan nama PO bus, sudah dipastikan tiket tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan keasliannya. "Biasanya, harga tiket melebihi harga normal yang ditetapkan oleh agen PO bus resmi," tegas Fathikun. tkp


Waspada Agen Bis Palsu

Mudik Waspada Agen Dan Tiket Bis PALSU (Ini Cara Mengenalinya)


pantauanharga.com


Berikut cuplikan yang ane copas dari blog sebelah:

1. Pastikan agen tiket bus memberikan tiket resmi yang didalamnya terdapat tiket makan dan jam keberangkatan. Ada nama PO bis ditiket tersebut dan bukan tulisan tangan.

2. Mau beli kapan aja, dan buat hari apa aja, tetap kita dapat tiket resmi. Kalau dapat tiket sementara dan harus ditukar itu wajib diwaspadai.

3. Dilokasi agen berada tidak ada beberapa PO Bis. Hanya ada satu saja PO bis di lokasi penjualan. Misal nih di kios 1 ada agen yang bisa melayani tiket bus Tunggal Dara, Timbul Jaya dll. Tidak bisa seperti itu, agen resmi hanya memegang kendali satu PO saja, misal Agra Mas, ya Agra Mas aja gak campur dengan Gunung Mulia. tkp

Nah, itulah cara dan ciri mengenali apakah agen dan tiket bis yang sudah dibeli asli ataukah palsu. Mengenali tiket bis palsu kalau kita lihat cara diatas sebenarnya cukup mudah, satu hal yang terpenting menghindari mendapatkan tiket palsu tentu saja harus membeli di tempat resmi, jikapun tiket tidak didapat mau tidak mau usahakan tetap membeli tiket bis nama lain dengan jurusan sama di agen resminya.

Semoga dengan informasi ini teman-teman jadi lebih waspada dan jika artikel ini bermanfaat silahkan share ke keluarga ataupun kenalan kita. Terimakasih, jangan lupa juga mampir ke web blognya iskrim . com untuk artikel menarik lainnya. Salam iskriiiim!

Artikel ini terbit juga di: Kaskus