11 Tips Dan Trik WhatsApp (Banyak yang Belum Tahu)

11 tips rahasia whatsapp yang jarang orang tahu_iskrim_com_

Sebagai layanan perpesanan paling populer di 2018 WhatsApp masih menjadi aplikasi yang dijagokan oleh semua kalangan. Sebagai informasi, WhatsApp seringkali menambahkan fitur terbaru secara berkala demi memenuhi kebutuhan dan keinginan pengguna setianya.

Beberapa tips dan trik WhatsApp dibawah ini menurut saya sangat membantu kita sebagai pengguna yang menginginkan kepraktisan dan beberapa jalan pintas agar komunikasi 'mengobrol' jadi lebih prkatis.

1. Membaca pesan tanpa terlihat
Banyak cara orang agar pesan terlihat seolah-olah belum dibaca dengan trik meng aktifkan mode Airplane. Tapi disini ada cara lain, yakni dengan cara menggunakan Widget WA sendiri di homescreen. Klik dan tahan widget lalu pilihlah WhatsApp dan drag ke homescreen ponsel. Dari sini kita bisa melihat list pesan lama dan terbaru yang masuk tanpa harus membuka WhatsApp seperti biasanya.

2. Mengirim pesan tanpa membuka aplikasi
Umunya untuk mengirim pesan kita harus membuka aplikasi WhatsApp itu sendiri. Untuk mengirim pesan dengan status kita terlihat offline caranya adalah dengan bantuan Google Assistant.

Langkah awal adalah bukalah Google Assistant kamu dengan menahan tombol utama, lalu ucapkan pesan "Kirim pesan WhatsApp ke .." di tanda titik sebutkan nama sesuai nama kontak ponsel kamu. Jika sudah Google Assistant akan menyuruh kamu untuk mengucapkan pesan yang ingin dikirimkan. Setelah itu Google Assistant akan mengirim pesan sesuai nama kontak dan isi pesan tadi tanpa kamu harus membuka aplikasi dan tetap tak terlihat sedang online.

3. Cara mengirim file .apk dan file .zip
Seperti kita tahu WhatsApp tahun lalu pernah mengenalkan fitur berbagi jenis file yang bisa dikirim via pesan WhatsApp. Lalu bagaimana cara mudah mengirim file. apk, .zip, . rar dan beberapa eksensi lainnya?

Cukup dengan klik icon Clip pada sisi kanan papan ketik WhatsApp, lalu pilih Document, maka kita tinggal pilih file apa yang akan dikirim. Fitur ini ternyata sekarang juga mendukung pengiriman foto dan video tanpa terkompresi.

4. Mengetahui nomor tak dikenal
Seperti halnya zaman dulu ada miscall yang nomor teleponnya di sembunyikan. Meski aplikasi ke tiga semacam Truecaller mampu melacaknya tapi kurang efektif. Cara mengetahui langsung dari WhatsApp adalah masuk ke obrolan chat dengan nomor tak dikenal tadi, di bagian atas biasanya ada nomor pengirim. Ketuklah nomor tadi, jika nomor itu belum tersimpan di ponsel maka nama inisialnya biasanya akan muncul, meski nama ini bisa diubah oleh si pengirim tapi setidaknya cara ini kita bisa tahu siapa inisial pengirim yang dimaksud.

5. Mendengar rekaman tersembunyi
Mendengar suara rekaman berupa audi dan video biasanya terdengar melalui speaker dan semua orang bisa mengetahuinya. Cara agar hanya kita saja yang bisa mendengarkan sangatlah mudah saat mulai memutar file tersebut beralihalah ke mode microfone lalu tempelkan ponsel dan lakukan seolah-olah kita sedang menelepon, maka suara akan terdengar samar-samar oleh orang lain.

6. Meyebunyikan obrolan
Adakalanya kita melakukan obrolan yang sifatnya personal atau rahasia. Maka cara menyembunyikan obrolan ini agar tak terlihat orang lain adalah dengan menyimpannya ke menu Archive. Tekan dan tahan salah satu nama obrolan tadi, maka pojok kanan atas WhatsApp akan muncul tombol Archive, pilih dan kliklah tombol ini maka obrolan yang terpilih akan tersimpan aman. Namun perlu diketahui ketika obrolan dimulai kembali dari sini maka obrolan status terbaru menjadi terbuka kembali maka setelah obrolan selesai maka kamu harus mengembalikannya ke Archive kembali.

7. Membagikan lokasi terkini
Ketika ingin membuat janji ketemuan di sebuah lokasi bersama keluarga atau teman kita bisa menunjukkan posisi kita dengan menunjukkan lokasi secara langsung. Di WhatsApp caranya terbilang praktis.

Lalu kita tinggal klik icon Clip pada sisi kanan papan ketik WhatsApp, lalu pilih Location, Share live location, Send your current location, lalu aturlah durasi pengiriman berapa menit akan dikirim dari 15 menit, 1 jam dan 8 jam, lalu ketuk tombol Send.

8. Mengatur headline obrolan
Dengan mengatur headline obrolan, maksudnya memposisikan maksimal 3 obrolan diatur paling atas diantara kontak yang lain kita tinggal ketuk tahan obrolan lalu ketuk dan icon Pin maka Pin Chats segera berfungsi. Untuk menonaktifkan ketuk tahan obrolan lalu ketuk opsi bukan pin tadi.

9. Mengubah obrolan chat menjadi catatan
Beberapa obolan di WhatsApp berubah menjadi obrolan yang penting. Jika kamu tidak ingin kehilangan obrolan dan ingin mem backupnya bisa dengan cara mengubah obrolan menjadi catatan.

Caranya buatlah sebuah group, jika ada teman yang otomatis masuk ke group hapuslah hingga benar-benar bersih. Nah, group inilah nantinya akan menjadi halaman catatan layaknya Notepad atau Wordpad. Nama group bisa kamu ubah menjadi Diary atau Catatan, bebas.

10. Mengirim kontak
Terkadang teman obrolan kita meminta nomor kontak teman lain yang kita simpan. Untuk mengirim nomor kontak kamu tinggal klik icon Clip pada sisi kanan papan ketik WhatsApp, lalu pilih Contact.

11. Cara lain menggunakan emoji
Biasanya kalau kita ingin mengirimkan pesan berupa gambar emoji/ smile kita tinggal mengetuk klik icon Smile pada sisi kiri papan ketik WhatsApp, maka akan mncul banyak emoji yang bisa dipilih.

Cara lain untuk memunculkan emoji jika kamu malah untuk mencarinya maka setelah mengetuk icon Smile tadi pilihlah icon Search pada pojok kiri bawah, lalu ketikkan keyword untuk memunculkan emoji yang di inginkan, misalkan kita ketik : cat, maka akan muncul beberapa emoji cat.