Samsung Fold (X) Akhirnya Terungkap, Seperti Ini Toh Rupanya


Sebagai salah satu raksasa pemimpin dunia elektronik khususnya di bidang komunikasi, bagi konsumen setianya produk keluaran Samsung sepertinya selalu dinanti dan membuat penasaran seperti apa bentuk design ponsel serta kelebihannya. Dan baru-baru ini apa yang selama ini menjadi rahasia akhirnya terungkap tentang penampakkan ponsel Samsung terbaru versi Fold atau model lipat di ajang teknologi CES 2018.

Ditengah pengenalan produk ponsel terbarunya yakni Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy Note 9 di ajang CES 2018 ternyata ada satu kejutan lagi yakni perangkat andalan Samsung yang secara teknologi banyak dinanti-nantikan oleh konsumen setianya yakni sebuah ponsel jenis lipat yang saat ini dijuluki sebagai Samsung Galaxy X.

Meski sementara ini ponsel Samsung Galaxy X belum langsung dijual dipasaran secara umum namun keberadaan waktu perilisannya semakin dekat, dan diajang CES 2018 inilah di depan audiensi 10 Januari 2018 lalu penampakkan Samsung Galaxy X telah secara jelas dan nyata hadir dihadapan kita, kata sebuah laporan oleh The Korea Herald.

"Display pada Samsung Galaxy X menggunakan panel yang dapat dilipat 7,3 inci dan rencana akan mulai produksi di akhir tahun ini," kata orang dalam Samsung yang tak mau disebutkan namanya. Samsung Galaxy X kinipun telah menerima sertifikasi dari otoritas Bluetooth 4.2 atau versi terakhir 5.0 dan Wi-Fi, yang kali ini berasal dari FCC yang setara dengan Korea Selatan. Nomor model - SM-G888N0 - yang berkaitan dengan ponsel Galaxy X Foldable terdaftar di sertifikasi seperti penampakkan dibawah ini. Akhiran 'N0' pada nomor yang dilaporkan menunjukkan model dibuat dari Korea.



Menurut laporan tersebut, Samsung juga tengah berbagi jadwal tentang peluncuran produk lain yang bekerjasama dengan klien swasta. Sumber lain juga mengatakan kepada publik di CES 2018, bahwa pengembangan perangkat Samsung yang dapat dilipat adalah 'hampir selesai' dan akan meningkatkan harapan peluncuran menjadi nyata dan tak akan lama lagi.

Bocoran lain mengatakan bahwa ponsel Samsung dengan seri lain yang juga akan hadir dalam dua versi: sebuah smartphone tipe infolding yang sudah bisa diproduksi sekitar bulan November tahun ini. Versi lain adalah tipe outfolding yang memiliki tingkat kelengkungan yang lebih rendah (5R) daripada infolding (1R) namun dengan teknologi generasi terbaru yang lebih maju untuk mengatasi masalah ketahanan dan durabilitasnya.

Setelah sebelumnya sekitar September 2017, kepala Samsung Electronics, DJ Koh membocorkan ponsel Samsung berjenis lipat ini, dan nampaknya dunia telah menantikan kehadirannya. DJ Koh, waktu itu juga sempat menjanjikan ponsel berjenis lipat akan hadir di tahun 2018, dan diakhir tahun inilah sepertinya ponsel tersebut segera terwujud dipasar dunia.

Dan laporan hangat media Korea lokal terbaru lainnya juga telah mengisyaratkan dan merumorkan tanggal peluncuran ponsel lipat Samsung pada bulan Desember 2018 atau mungkin justeru malah awal tahun depan (2019).





Isunya ponsel lipat Samung X ini berlayar OLED yang fleksibel dan akan dikembangkan pada bulan Maret ini, sedang produksinya akan dimulai pada bulan September dengan versi final yang keluar pada bulan November 2018. Meski demikian menurut sumber masih ada beberapa masalah di bagian produksi, yakni persoalan yang berhubungan dengan basis perangkat lunak dan terkait dengan tampilan layar OLEDnya. Masalah tersebut kini tengah dikebut agar kualitas lipatan dan kualitas layar saat dilempar kepasar benar-benar siap, tanpa ada distorsi, dan faktor x lainnya, performa juga tetap menjadi perhatian khusus agar ponsel-ponsel keluaran Samsung tetap terjaga dan berkualitas, terangnya. Apakah anda berminat untuk memilikinya?

Tulisan ini juga terbit di : Kaskus



No comments