RIP Dolores (The Cranberries), Jelita Zombie Yang Sekseh

RIP Dolores (The Cranberries), Jelita Zombie Yang Sekseh

Awal perkenalan ane dengan group yang satu ini dulu awalnya cukup unik. Ketika saat itu di tongkrongan ane lagi tenar-tenarnya group band Metallica-Nothing Else Matters, Radiohead dengan Creep nya, Saigon Kick dengan Lady, Steelheart dengan She's Gone dan banyak lagi sederet artis rock beraliran alternative dan grunge yang bertebaran, The Cranberries justeru tampil sedikit beda dan berkesan tersendiri bagi ane.

The Cranberries menurut ane sangat beruntung setelah merekrut vokalis baru Dolores O Riordan, langsung melambung namanya, suara vocalnya itu loooh, ciri khas banget. Kalau ditanya kenapa ane bilang demikian karena menurut ane suara Dolores O Riordan sang vokalis itu seperti gabungan antara Sinead O'Connor si botak cantik dengan siapa yah? Adalah ketika mendengar nada rendah terdengar berat-ringan tapi di saat nada tinggi suaranya tajam tapi tak menyakitkan, membahana dengan distorsi serak-serak basahnya (sebetulnya sih ane rada bingung mendiskripsikan istilah warna vokalnya karena ane gak paham betul dengan istilah ini), tapi ya itu tadi suara vocalnya berciri khas, sekseeh! Hehe.

Dolly, Dolores O Riordan

RIP Dolores (The Cranberries), Jelita Zombie Yang Sekseh

Buat man-teman gan en sista yang pernah jadi kids zaman old di 90an pastinya nggak asing dengan yang namanya kaset tape, untuk mendengarkan lagu favorite selain mendengar dari radio kita harus membeli album musik atau kaset model tape, sebenernya cd audio dulu sudah ada tapi masih tertentu pemiliknya dan terbilang masih jadi barang mahal.

Ada kejadian lucu yang ane ingat kala itu, mungkin bagi orang tertentu saja yang tahu, dulu kita bisa minta jasa penjual kaset untuk membuatkan album kompilasi sesuai dengan request-an lagu kesukaan kita sendiri. Ane pernah beberapa kali membuat album kompilasi dengan cara 'membajak' ini, kala itu membuat lagu kompilasi tak semudah sekarang ini, 'dulu kala' untuk mendengarkan lagu kesukaan sekaligus tanpa jeda kita kesulitan karena harus membeli beberapa kaset secara terpisah tujuannya ya supaya bisa mendengar lagu kesukaan, tapi karena ane waktu itu masih anak sekolahan yang duidnya pas-pasan ya dengan cara request lagu-lagu 'bajakan' inilah akhirnya ane bisa memiliki lagu-lagu kesukaan dalam satu album kaset sekaligus. Nah saking ane ngefansnya sama The Cranberries pernah ada satu album berisikan lagu-lagu rock-metal ane selipkan juga dalam list lagu Joan Osborne - One Of Us, dan tak lupa lagu Zombienya The Cranberries, haha, rasanya gak sealiran tapi yah karena memang ane suka mau gimana lagi, hehe.


RIP Dolores (The Cranberries), Jelita Zombie Yang Sekseh 

RIP Dolores (The Cranberries), Jelita Zombie Yang Sekseh

( Biar nggak dibilang hoak, nih, Gan ane fotoin album metal yang ane selipin
lagu Zombie nya The Cranberries, beruntung nih kaset masih bagus dan terawat )

Ketika pertamakali mendengar Zombie yang dinyanyikan Dolores O Riordan sepertinya telinga ane begitu terhentak dan kagum dengan karakter suaranya. Powernya itu loh, ciri khas banget, lengkingan suaranya tajam tapi terlihat seksih, coba perhatikan detil vokalnya di lagu Zombie, Ridiculous Thoughts, Delilah, Free To Decide atau lagu manisnya Ode To My Family dan Ode To My Family nya Dolores O Riordan, ciri khas banget, belum lagi di saat mereka konser, vokalnya stabil dan nyaris nggak beda dengan suara di album rekamannya! Ditambah lagi dengan beberapa bait di dalam lagunya, "eh..eh..eh..oh,oh,oh" nya, itu looh pastinya semua orang tahu gimana intonasi nadanya, begitu menggoda dan sekseeh! Bagi penggemar The Cranberries terutama yang memperhatikan vokal Dolores O Riordan pastinya nggak akan menolak mendengar 'rentetan suara khasnya' nya di lagu 'Linger', ‘Ode To My Family’, ‘Animal Instinct’, ‘Linger’, ‘Salvation’ dan masih banyak lagi yang keren punya.

Dolores O Riordan, sebenarnya bukanlah vokalis format awal berdirinya The Cranberries, group ini awalnya bernama The Cranberry Saw Us yang kala itu mengadakan audisi untuk mencari vokalis baru, vokalis awal diisi oleh Niall Quinn. Dan semenjak Dolores O Riordan masuk menjadi vokalis The Cranberries menjadi titik kebangkitan dan kepopuleran The Cranberries. Sebagai pelengkap thread, buat man-teman, gan en sista yang kepingin tahu gimana suara vokal Niall Quinn, nih ane kasih videonya, video musik ini terbilang langka karena versi 'rare' ini direkam sebelum The Cranberries tenar (Suara, demo, dan lain-lain lengkap disini). Check in show, Gan



Itulah beberapa kesan yang bisa ane share di threa dane kali ini, meski ane kini lebih open terhadap segala aliran, tapi The Cranberrires selalu dihati dengan lagu-lagu manisnya yang tajam tapi serasa mendayu dan easy listening. Terimakasih sudah berkunjung di thread ane. Bagi yang punya pengalaman seru share dong dimari, komen tergreget ane pajang di pekiwan dan tjendol menantimu!

http://www.iskrim.com/2018/01/rip-dolores-cranberries-jelita-zombie.html


RIP buat DOLLY, Dolores O Riordan,
lagu-lagu indahmu menjadi salah satu inspirasi dan penyemangat aku untuk terus menulis.


Tulisan ini pernah terbit di: Kaskus



No comments