Mobil Polisi Canggih Ford Ini Akan Keluar Pada 2021

Mobil Polisi Canggih Ford Ini Akan Keluar Pada 2021

Ketika manusia tidak bisa melakukan keputusan atau tindakan karena keterbatasannya maka teknologilah yang mengambil alih kerja ini. Seperti halnya mobil polisi yang baru saja di patenkan oleh Ford (Ford Motor Company) yakni produsen mobil terkemuka Amerika Serikat akan mengeluarkan mobil yang bisa bertindak sendiri tanpa operator dan akan diluncurkan pada 2021 nanti. Wow!

Terdengarnya seperti sebuah film fiksi, tapi ini nyata. Ford waktu lalu baru saja mengajukan permohonan paten untuk sistem otonom dalam bentuk mobil 'tanpa supir' petugas kepolisian yang bisa bertindak atau mengambil keputusan sendiri atau bekerjasama dengan petugas Polisi pada umumnya. Meski terlihat canggih tapi mobil ini bukanlah RoboCop yang benar-benar bisa menentukan kapan harus mengambil tindakan disaat ada pelanggaran terjadi di jalan kemudian mengabil tindakan awal. Meski begitu mobil ini tetap dilengkapi dengan data-data pengemudi yang terus diupdate dari database pusat kontrol, termasuk plat nomor polisi.

Ford Autonomous Police Car
Mobil Polisi Canggih Ford Ini Akan Keluar Pada 2021

Mobil Polisi Canggih Ford Ini Akan Keluar Pada 2021

Mobil ini nantinya juga akan dilengkapi sebuah kamera yang aktif merekam atu sebuah sensor yang bisa terhubung ke pusat untuk menguatkan bukti yang ada. Mobil ini nantinya mampu 'bersembunyi' dibalik pohon (mungkin cat mobil bisa 'berkamuflase' dengan lingkungan sekitarnya) dan akan bertindak setelah melihat pelanggaran atau mendapatkan perintah dari pusat kontrol. Tindakan represif mungkin tidak dilakukan secara langsung, nantinya si mobil pintar ini akan memberikan peringatan atau prosedur peringatan pada umumnya kepada mereka yang mungkin melanggar batas kecepatan, lampu merah, dan lain-lain.

Mobil Polisi Canggih Ford Ini Akan Keluar Pada 2021


Pada Agustus 2017 lalu Ford mengatakan bahwa mobil pintar Polisi ini dilengkapi dengan teknologi Ai, tanpa ada setir dan pedal sama sekali, konsepnya pun berbeda dengan miliknya Tesla's Autpilot atau GM's Super Cruise yang mana manusia masih berkesempatan mengendarai mobil ini. Dan Ford mengatakan tidak menutup kemungkinan kelak teknologi ini akan di komersilkan 10 tahun kemudian sejak pertamakali mobil ini turun ke jalan, seperti sebagai mobil taksi, bertugas di lingkungan yang ekstrem, menjadi guide, dan perjalanan sangat jauh yang membutuhkan waktu singkat. Setelah diproduksi rencananya akan fokus menjadi mitra polisi ketika Polisi manusia tidak berada ditempat atau dilokasi yang tidak bisa dijangkau dalam situasi tertentu. Meski paten ini tidak menjamin dipakai di masa depan tapi Ford berusaha dan yakin cara ini adalah langkah terbaik sebelum diambil alih oleh produsen mobil lain.


Tulisan ini juga terbit di: Kaskus


No comments