Fakta (2018) Terbaru Tentang Cloud Security

http://www.iskrim.com/2018/01/fakta-2018-terbaru-tentang-cloud.html

Sejak munculnya trend penyimpanan data sistem awan (Cloud), awalnya banyak ahli pesimis akan keberadaannya, tapi seiring dengan tergantungnya manusia dengan sistem komputerisasi dan digital dalam kenyataannya komputasi awan ternyata sekarang ini lebih populer dari perkiraan sebelumnya.

Ketergantungan kita terhubung dengan sistem komputerisasi bebasiskan internet menjadikan komputasi awan/ Cloud menjadi wadah yang tak terpisahkan. Menurut analisa technotification, setiap 600 smartphone atau 120 tablet baru yang terhubung dengan internet memerlukan server baru juga untuk mendukung kerja Cloud. Sibuk dan padatnya jalur komputasi awan ini kini sedang dimanfaatkan oleh orang tak bertanggung jawab yang mungkin memata-matai data tersimpan di Cloud.


Pro dan Kontra Komputer Awan

http://www.iskrim.com/2018/01/fakta-2018-terbaru-tentang-cloud.html

Fakta (2018) Terbaru Tentang Cloud Security

Sebagaimana kita ketahui, bisnis penyimpanan data server komputasi awan/ Cloud ini kini menjadi salah satu lahan bisnis bagi perusahaan lain dengan harga sewa yang terjangkau. Banyak perusahaan menggunakan jasa sewa server 'Cloud' dengan alasan efesiensi perawatan, ahli, dan biaya yang lebih praktis. Nah, sekali lagi menurut technotification di 2018 ada beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang kelebihan dan kekurangan dari komputerisasi awan/ Cloud ini. Apa aja sih, nyuk deh kita lanjut di bawah. Check in shoow, gan!


Ada banyak jenis malware!

Sejak ditemukannya komputer, pengembang jahat juga ikut sibuk dengan aksi jahatnya; ransomware, adware, spyware, rootkit, dan banyak jenis lainnya salah satu produk mereka kini bertebaran di seluruh dunia, beranak pinak dan membuat khawatir pengguna komputer. Seperti halnya yang waktu lalu sempat heboh mengenai ulah Ransomware yang bekerja dengan cara meng-enkripsi semua data korban dan menyembunyikan kunci dekripsi sampai Anda sebagai korban membayar si hacker, pembayaran biasanya melalui bitcoin. Jika Anda tidak membayar, dipastikan kehilangan data Anda. Rootkit juga sama-sama berbahaya, cara kerjanya adalah mengendalikan sebagian dari kekuatan komputasi Anda dan si hacker mampu mengendalikan kerja komputer Anda sesuai keinginan si hacker.


Ekstra proteksi Internal sedini mungkin

Apabila ada layanan terbuka untuk publik, maka membuat data 100% aman dari ancaman hacker adalah pekerjaan yang tidak mudah. Jadi untuk mencegah hal 'pahit' terjadi penyedia layanan Cloud wajib menyediakan backup data yang berlapis dan anti virus yang selalu update. Ini sangat menguntungkan sekaligus melegakan bagi penyedia dan pengguna layanan berbasis awan/ Cloud.


Cloud Security menjadi prioritas utama bagi CIO

http://www.iskrim.com/2018/01/fakta-2018-terbaru-tentang-cloud.html


Bagi pucuk pimpinan komputasi awan/ Cloud ini maka seorang CIO (Chief Information Office) bertanggung jawab penuh atas teknologi informasi perusahaan. Sistem keamanan adalah prioritas yang tak bisa ditunda dan ditawar lagi. Menjaga keamanan dan kepercayaan perusahaan terhadap jabatan seorang CIO adalah salah satu cara agar bisnis di bidang menyewa server tetap berfungsi dan berjalan semestinya. Menyiapkan protokol data di awal adalah cara yang sangat tepat guna mencegah malware menginfeksi keamanan server.


Sistem Hybrid solusi terbaik

Jika perusahaan Anda berhubungan dengan data yang sangat sensitif ada baiknya menggunakan sistem hybrid. Sistem hybrid adalah salah satu layanan selangkah lebih maju dari layanan Cloud yang kini berjalan, dimana sistem keamanan ini memiliki tingkatan lebih tinggi dan diyakini ter-aman dari sebelumnya.


Cloud terbaik mana yang harus dipilih?

Menggunakan Sistem hybrid tentu saja solusi ter-aman saat ini, tapi berbanding lurus dengan harga sewanya, tapi untuk saat ini biayanya terbilang mahal bagi perusahaan kecil atau perusahaan yang sekedar berlalu lintas data standar saja. Maka menyesuaikan kebutuhan adalah cara terbaik, jangan sampai membayar mahal hanya untuk lalulintas data yang tak begitu penting.


Diam adalah emas

Pepatah mengatakan diam adalah emas, mungkin juga berlaku disini, dengan memberikan warning kepada setiap karyawan perusahaan untuk tutup mulut mengenai setup Cloud perusahaan apa yang digunakan menjadi hal yang perlu di ingat dan menjadi 'rahasia' perusahaan. Dan perlu disadari pula bagi perusahaan penyewa komputasi awan/ Cloud ini adalah; bahwa apapun jenis bisnis yang terhubung dengan internet rentan terhadap serangan hacker.


Gunakan jasa ketiga

Bagi perusahaan yang benar-benar memiliki arus data yang sangat penting rasanya memanfaatkan fasilitas sistem keamanan sepaket dari penyedia server masih perlu ditambahkan. Dengan menyewa jasa ketiga, misalnya menyewa/ kontrak seorang profesional yang standalone dan bekerja di kantor, kuncinya adalah menugaskan seorang profesional ini untuk mengatur dengan benar dari awal maintenace hingga menutup celah sehingga hacker tidak mampu menembus sistem keamanan perusahaan. Seorang profesional ini juga harus tetap terhubung dengan CIO penyedia layanan komputasi awan/ Cloud agar saling men-singkronisasi dan selalu update.


Tulisan ini pernah terbit di : Kaskus


No comments