Tips Bagus ScreenShoot Full Halaman Website

Tips Bagus ScreenShoot Full Halaman Website

Screenshoot (SS) atau screen capture adalah menyimpan gambar yang ada di permukaan layar monitor atau ponsel menjadi sebuah file gambar saat itu atau sesuai yang diinginkan. Biasanya gambar yang disimpan menjadi suatu dokumentasi seseorang untuk menyatakan sesuatu.

Salah satu kendala yang sering dialami dilapangan adalah manakala seseorang ingin menyimpan halaman sebuah website secara utuh tanpa terpotong karena halaman website yang dimaksud memanjang-panjang kebawah akhirnya harus menyimpan hasil screenshoot jadi beberapa bagian file gambar baru disatukan di aplikasi editing gambar. Tapi ada kabar bagus nih gan, sekarang ada tips bagus screenshoot full halaman website dengan sekali klik jadi dan nggak merepotkan.


Syarat Utama

Syarat utama untuk bisa melakukan screenshoot full halaman website kita harus menggunakan Firefox versi terbaru, yakni Firefox 57 atau lebih dikenal dengan nama Firefox Quantum. SetelahFirefox Quantum terbuka lalu masukkan alamat website yang ingin kita screenshoot.

Screenshot Di Pc


1. Sangat mudah, pertama-tama buka halaman website favorite yang ingin kita screenshoot
2. Klik pada tiga titik hitam seperti pada gambar, lalu pilih “Take a Screenshot” atau Buat Tangkapan Layar



3. Akan muncul pop up baru dengan tiga pilihan, pilih menu “Save full page option” atau Simpan laman sepenuhnya


4. Setelah itu akan muncul preview halaman screenshoot full page favorite ente tadi


5. Proses capture halaman dimulai, semakin bagus koneksi internet akan semakin cepat screenshoot bekerja


6. Setelah itu kita akan diarahkan kehalaman menyimpan, pada sudut kanan atas terdapat icon Thrash dan Share, tapi yang kita pilih adalah link Download atau Unduh


 7. Setelah di klik maka file screenshoot tadi tinggal kita simpan di folder seusai dengan keinginan kita



8. Hasil dari uji coba, file yang disimpan memiliki resolusi gambar 72dpi, dengan ukuran panjang dan lebar menyesuaikan ukuran layar monitor, besar file tergantung panjang halaman, semakin panjang maka besar file otomatis makin besar. Ketika melakukan screenshoot halaman webblog iskrim. com diketahui besar file screenshoot adalah 1.54mb, cukup besar, tapi untuk menurukan besar file bisa digunakan aplikasi edit gambar semacam Adobe Photosop CS dan sejenisnya.

Selesai. Sangat praktis dan cepat, kan?



Screenshoot di Ponsel Android dan iOS

Untuk menyimpan halaman penuh melalui ponsel Android kita bisa menggunakan aplikasi gratis dan mudah juga cara kerjanya yakni Stich & Share, Stich It!, dan untuk pengguna iOS bisa menggunakan aplikasi yang bernama Tailor. Selamat mencoba!




No comments