12 Kisah Dan Bangkitnya Superman Dari Kematian

12 Kisah Dan Bangkitnya Superman Dari Kematian

Superman lahir dari keluarga Kar El yang tinggal di planet Krypton dan ini pertamakali muncul di tahun 1938 dengan seri pertama yang bersejarah "Action Comics #1", diterbitkan oleh DC Comics dan menjadi tonggak sejarah superhero di dunia imajinasi anak-anak dan dewasa hingga kini. Ane sebagai fans Superman pun turut berbangga hati karena sampai sekarang nma Superman masih sering terdengar.

Menurut catatan, Superman bersama penerbitnya DC Comics tanpa terasa telah hadir selama 80 tahun! Wah ane aja nggak ada separuh umurnya, dan selama kurang lebih 80 tahun inilah Superman dalam kisah fiksinya telah menumpas begitu banyak supervillain atau penjahat dan berbagai petualangan yang mungkin tak terhitung dengan jari demi menyelamatkan bumi seisinya.

Bersama dengan Batman, Wonder Woman, Aquaman, Flash, Green Lantern, dan Martian Manhunter, Superman adalah anggota pendiri Justice League pada tahun 1960an, di tulis oleh Gardner Fox dalam kisah The Brave and the Bold # 28.

Tapi, meskipun Superman kita kenal sebagai salah satu pahlawan super paling kuat yang pernah diciptakan oleh DC Comics dan beberapa penerbit buku komik lainnya, dalam perjalanan Superman ternyata telah meninggal berkali-kali dengan situasi cerita yang berbeda-beda, tapi yang pasti Superman akan bangkit kembali oleh hal-hal yang di luar dugaan dan kadang-kadang mendapatkan bantuan dari keluarga dan teman-teman Superman yang setia, yah namanya juga cerita fiksi, jadi hal apa saja bisa terjadi, kan?

Nah, pembuktian beberapa cerita kalau Superman pernah mengalami kematian berikut beberapa yang bisa ane rangkum dari berbagai sumber, cek in shoow Gan!


Kematian Superman

http://www.iskrim.com/2017/12/7-kebangkitan-superman-dari-kematiannya.html

Penggemar setia komik Superman pastinya tahu, The Death of Superman (Superman, Vol. 2, #75) pada tahun 1992, adalah seri yang sangat fenomenal. Guna mendongkrak dan membangkitkan era komik luar dimana pada saat itu sedang mengalami kemunduran bagi segi cerita dan penjualan selama beberapa tahun, dan-klimkasnya pada akhirnya DC Comics dengan sengaja menerbitkan seri fenomenal ini. Dikisahkan Superman melawan musuh yang kekuatannya melebihi dewa bernama Doomsday yang akan menghancurkan kota Metropolis, tapi sayangnya Superman mengalami kekalahan dan akhirnya tewas ditangan Doomsday. Dan tentu saja penjualan komik ini pun nilainya meroket, banyak penggemar atau dunia komik menyayangkan kisah ini, tapi ide DC Comics memang brilian, era kebangkitan komikpun akhirnya lahir kembali. Tak lama, sekitar setahun kurang seri The Death and Return of Superman menandakan bangkitnya tokoh superhero Superman ini, dan pada akhirnya perjalanan dunia komik barat kembali megalir dan bangkit kembali hingga sekarang.



Dihidupkan Phantom Stranger

http://www.iskrim.com/2017/12/7-kebangkitan-superman-dari-kematiannya.html

Pada tahun 1977, Justice League of America # 145, seorang penjahat bernama Count Crystal tiba-tiba memilii kekuatan yang tak terbendung karena ulah iblis 'Azgore' menganugerahkan kepadanya kekuatan besar untuk menghancurkan Justice League. Dari alur cerita tersebut hadirlah Phantom Stranger sang penolong dan membawanya ke dimensi lain bersama para anggota Justice League; Wonder Woman, Batman, Green Arrow, Hawkman, Hawkgirl, Black Canary, dan Red Tornado. Phantom Stranger memanfaatkan kematian Count Crystal ketika dibunuh oleh iblis 'Azgore' untuk menghidupkan kembali Superman bahkan Hawkman.


Disembunyikan Jonathan

http://www.iskrim.com/2017/12/7-kebangkitan-superman-dari-kematiannya.html

Dikisahkan pada episode kedua, berjudul "Talisman" Superman tewas dan dihidupkan kembali setelah 10 tahun kematian Superman di Smallville. Clark diceritakan berdarah-darah hingga nyawanya melayang setelah terkena serangan Starblade milik Jeremiah Holdsclaw's yang bengis di dikala itu. Superman ditemukan tergeletak berdarah-darah hingga tak sadarkan diri dilantai, Jonathan dan Martha orangtuan angkat Superman berusaha menyembuhkan dan melalui kekuatan Jor-El inilah Superman bisa bangkit lagi dari kematiannya.


All-Star Superman

http://www.iskrim.com/2017/12/7-kebangkitan-superman-dari-kematiannya.html

Diceritakan diserial komik All-Star Superman, Superman pernah mengalami kematian juga di edisi ke dua belas dan seri terakhir komik ini. Dikisahkan uga Superman setelah meninggal bertemu dengan ayah kandungnya, Jor-El di sebuah planet yang mirip dengan Krypton. Diceritakan pula setelah bertemu dengan ayah kandungnya Superman memilih kembali ke bumi Metropolis untuk mengalahkan Lex Luthor yang menurut cerita kekuatan serum ajaibnya pada saat itu mulai melemah dan pada akhirnya Lex Luthor pun menyerah. Buku komik All-Star Superman diterbitkan antara tahun 2005 dan 2008, dan pada tahun 2011 serial ini diubah menjadi film animasi.


Kehadiran Batman

http://www.iskrim.com/2017/12/7-kebangkitan-superman-dari-kematiannya.html

Sebuah kejadian langka, Doctor Light, seorang penjahat yang terbilang biasa-biasa saja tiba-tiba berhasil menghipnotis Superman dan memaksanya untuk bunuh diri dengan sebuah tongkat ajaib. Kisah ini terbit diedisi World’s Finest Comics #207, di mana Dokter Light dalam aksinya tidak mampu mengalahkan apalagi membunuh Superman, sampai suatu saat Doctor Light memperoleh tongkat ajaib yang bisa menembus tubuh Superman dan tewas oleh tangan Superman sendiri. Seperti sebuah cerita klasik sang penyelamat selalu terakhir datangnya, Batman rupanya memiliki tongkat yang sama dan berusaha membalikkan mantra ini, berhasil, Superman hidup kembali dan mengalahkan Doctor Light.


Dihidupkan Oleh Jor-El Melalui Tangan Lionel Luthor

http://www.iskrim.com/2017/12/7-kebangkitan-superman-dari-kematiannya.html

Di serial televisi Superman, Smallville, Clark Kent mengalami kematian dua kali. Di episode yang berjudul “Hidden” diceritakan Clark tidak memiliki kekuatan super seperti biasanya karena melanggar aturan yang diberikan sang ayah kandung, Jor-El (Diserial sebelumnya yang berjudul "Arrival"). Dan beruntung, ketika Clark sedang 'berdarah-darah' akibat peluru yang menembus tubuhnya berhasil diselamatkan oleh Gabriel Ducan yang merupakan alumni kampus Clark, Smallville High. Setelah mengalami koma (yang sebetulnya ajalnya sudah datang) di rumah sakit Clark kedatangan Lionel Luthor yang tak lain adalah ayah Lex Luthor, melalui Lionel Luthor inilah ayah Clark Joe-El memulihkan dan mengembalikan kekuatan Clark.


Dibangkitkan Red Tornado

http://www.iskrim.com/2017/12/7-kebangkitan-superman-dari-kematiannya.html

Di seri Justice League of America #65 diceritakan ketika itu TO Morrow tengah menggempur dan menyerang habis-habisan melawan para pahlawan super di Justice League. TO Morrow diceritakan juga berhasil meng-klone Hawkgirl, Mera, Steven Trevor, dan Jean Loring untuk mengalahkan Hawkman, Aquaman, Wonder Woman, dan Atom untuk 'mengeroyok' dan akhirnya berhasil mengalahkan anggota Justice League, termasuk Superman ada disitu. Tetiba muncullah Red Tornado mantan anak buah TO Morrow penjahat yang telah insyaf yang tau kelemahannya dan kemudian berhasil mengalahkan TO Morrow, berkat keahlian dna kekuatannya Red Tornado berhasil menghidupkan kembali seluruh angota Justice League melalui transformasi kloningan yang pernah dibuat oleh TO Morrow.


Superman: Red Son

http://www.iskrim.com/2017/12/7-kebangkitan-superman-dari-kematiannya.html

Dikisahkan Lex Luthor menjadi presiden Amerika Serikat dan Superman diceritakan menjadi warganegara Uni Soviet yang saat itu tengah menghadapi Brainiac karena penjahat tersebut menyerang Gedung Putih. Dan Lex Luthor dan Superman akhirnya bisa mengalahkan Brainiac, padahal Superman saat itu juga harus menyelamatkan kapal yang membawanya ke bumi dari ledakkan dahsyat menuju ke luar angkasa, tak disangka niat Superman menyelamatkan kapalnya turut menjadi korban ledakkan dan mengakibatkan kematiannya. Namun dikisahkan juga Superman ternyata kembali lagi ke bumi setiap seribu tahun sekali dalam keadaan sehat sediakala tujuannya adalah hanya untuk 'sowan' ke kuburan Lex Luthor yang dicertaan Lex Luthor telah mati.


Dikalahkan He-Man!

http://www.iskrim.com/2017/12/7-kebangkitan-superman-dari-kematiannya.html

DC Comics pernah menghadirkan kisah unik versi crossover-cerita berbeda dari kisah pakemnya, yang menggabungkan 2 dunia berbeda, yakni DC Universe vs. Masters of the Universe, dimana karakter seperti He-Man, Skeletor, Evil-Lyn, Constantine, dan Madame Xanadu memasuki dunia komik DC Comics untuk menghadapi Justice League, wow, keren! tapi juga menjadi pengalaman pahit karena Superman harus mengalami kematian dikalahkan oleh He-Man! Superman terkapar setelah pedang dewa He-Man berhasil menembus symbol S Superman, sampai di seri ke enam barulah diungkap bahwa Superman yang tewas sebenarnya adalah versi klone, bukan Superman aslinya. Komik ini sangat sukses mengelabui dan membuat penasaran seluruh penggemar DC Comics dan menjadi salah satu kisah yang tak terlupakan.


Dikalahkan Gog!

http://www.iskrim.com/2017/12/7-kebangkitan-superman-dari-kematiannya.html

1999's The Kingdom adalah sekuel dari seri buku komik Kingdom Come 1996 yang dibuat oleh Mark Waid dan Alex Ross. Dikisahkan di komik tersebut ada seorang tokoh bernama William Matthews yang menjadi penjahat dan dikenal sebagai Gog karena ia diberi kekuatan luar biasa oleh sebuah kelompok yang disebut Quintessence. Kemampuan Gog tertinggi adalah mampu menyerap kekuatan lawan yang pernah dikalahkan termasuk Superman. Kekuatan Gog semakin menjadi-jadi setelah mampu membangkitkan kembali Superman dan membunuhnya lagi. Namun bisa ditebak kisah ini menjadi cerita yang sedikit membosankan dan mengecewakan pembaca setia DC Comics dan bisa ditebak, penjualan komik ini kurang sukses dipasaran.


Diselamatkan Doppelganger

http://www.iskrim.com/2017/12/7-kebangkitan-superman-dari-kematiannya.html

Diterbitkan pada tahun 1966, berjudul The School for Superman Assassins! menjadi awal sejarah dari kisah tentang kematian Superman. Diceritakan ada sebuah organisasi bernama Galactic Crimeteers dilatih khusus untuk membunuh Superman, dimana selama latihan mereka harus berhadapan dengan manusia robot yang memiliki kemiripan dan kepribadian Superman. Salah satu anggota bernama Murder Man berhasil mengalahkan Superman robot ini dan mengambil alih perannya. Dan diluar dugaan Murder Man pun akhirnya juga berhasil membunuh Superman asli, namun kemenangan Murder Man tidak berlangsung lama setelah Sueprman robot tadi ebrhasil dibangkitkan kembali dan diprogram lebih canggih lagi oleh ahlinya yang kemudian berhasil mengalahkan Murder Man dan membangkitkan kembali Superman dari kematiannya.


Karena Kryptonite

http://www.iskrim.com/2017/12/7-kebangkitan-superman-dari-kematiannya.html

Di Superman edisi ke #52 , Superman tewas karena diracun yang mengandung batu Krypton setelah melawan Denny Swan alias Energy Superman itu sendiri. Kemudian diceritakan dimensi lain dari tokoh Superman memutuskan untuk bergabung di dunia ini dan melanjutkan peran Superman yang tewas.



No comments