Ponsel Linux Segera Hadir, Seberapa Greget, Ya?

http://www.iskrim.com/2017/11/ponsel-linux-segera-hadir-ini-beritanya.html

Beberapa tahun lalu perusahaan teknologi telah bekerja keras agar ponsel cerdas saat ini bisa terhubung dengan mudah ke desktop pc. Seperti salah satu hal yang pernah dilakukan oleh Continuum Microsoft, menjadi pionir yang paling menonjol dalam hal ini. Mengingat Android dan iOS sendiri sedang berada diatas angin kini justeru ponsel linux segera hadir, seberapa greget, ya?

Agan en sista pastinya tahu kan, peran Samsung yang terbilang dominan di dunia ponsel cerdas ternyata sekarang ikut mengisi peluang ini, tentunya bertujuan agar pengguna ponsel semakin di mudahkan berinteraksi antar komputer dan ponsel cerdasnya secara lebih familiar / user friendly. Samsung dengan ponsel barunya yang baru saja diluncurkan Samsung Galaxy S8 memperkenalkan aplikasi yang familiar dengan komputer bagi seorang awam pun. Dia di berinama dengan DeX. Dengan tambahan biaya sebesar $ 150 pengguna juga mendapatkan nilai plus lagi, yakni ponsel Samsungnya bisa langsung dihubungkan ke perangkat layar lebar. Meski masih dikenakan biaya tambahan untuk ini kedepannya akan diberikan secara cuma-cuma.

Ponsel Linux Segera Hadir, Seberapa Greget, Ya

Dan kabar bagusnya juga datang untuk para penggemar operasi system Linux, nih gan en sista... Samsung baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka sedang mengerjakan sebuah project untuk membuat sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna ponsel juga bisa menjalakan operasi sytem Linux di ponsel Galaxy nya tanpa harus mengganggu OS Android yang sedang berjalan. Apakah nanti bisa di split windows atau bagaimana kita lihat saja nanti seperti apa.

Ponsel Linux Segera Hadir, Seberapa Greget, Ya

Sangat beralasan kenapa Samsung ingin mengembangkan aplikasi berbasis Linux ini, karena kita tahu kalau Linux memiliki kemampuan untuk bisa berjalan di berbagai perangkat keras, mulai dari komputer lama hingga chip Intel generasi terbaru meski pengguna hanya memiiki persyaratan perangkat keras yang terbatas. Aplikasi yang tengah di kembangkan ini diberi nama "Linux On Galaxy", dimana nantinya pengguna bisa merubah fungsi ponsel cerdasnya menjadi sebuah komputer desktop, wow! Bukan hanya itu, nantinya peripheral seperti mouse, keyboard juga akan di support sehingga akan benar-benar seperti menggunakan sebuah komputer desktop beserta aplikasi desktopnya hanya dalam sebuah genggaman!

Apa yang terjadi saat ini komunikasi ponsel cerdas dengan komputer desktop hanya bersifat saling mentransfer data dengan istilah on-the-go nya, tapi kalau ane lebih cocok menyebutnya sebagai 'hit-and-run' atau bahasa londonya 'habis manis sepah dibuang' hehe...

Ponsel Linux Segera Hadir, Seberapa Greget, Ya

Para pengembang saat ini tengah memaksimalkan kerja proses aplikasi, kernel-kernel dan lainnya agar menuju 'kesempurnaan' dan siap di pasarkan. Sebuah informasi mengatakan, "Pengembang sedang melakukan sesuatu yang lebih besar dari sekedar 'on-the-go' dan akan hadir bersama Samsung Dex".

Ponsel Linux Segera Hadir, Seberapa Greget, Ya

Seperti hal yang sudah dilakukan sebagai 'nyolong start', perusahaan bernama PURISM telah mengeluarkan sebuah ponsel cerdas bernama Librem 5 yang ber OS-kan Linux, meski masih dalam segmen dan produksi yang terbatas di rencanakan akan di pasarkan secara umum dalam waktu yang tidak lama lagi. Selama beberapa bulan terakhir, Librem 5 telah berhasil mencuri perhatian dan menjadi berita utama headline luar negeri dan dunia open source. Agar Librem 5 semakin kokoh di pasaran maka PURISM bersedia membuka kemitraan dan saat ini KDE dan GNOME telah menjadi mitra utamanya. Tujuan kemitraan ini agar membentuk sebuah ekosistem baru dalam lingkup ponsel cerdas berbasis Linux yang katanya akan lebih aman dari berbagai serangan virus dan sejenisnya.

“[Concept Demo] Linux on Galaxy x Samsung DeX' using Ubuntu 16.04.3 LTS (Xenial Xerus)

Kalau PRISM mengeluakan produk ponsel cerdasnya ber OS kan Linux langsung, maka berbeda dengan Samsung, project ini nantinya ke depan aplikasi Linux On Galaxy ini akan secara default berada di ponsel cerdas pengguna. Pengguna nantinya akan bisa dengan mudah menjalankan beberapa distro Linux seperti Ubuntu atau Debian dan bekerja seperti layaknya di depan komputer di lingkungan OS Linux.

Aplikasi Linux On Galaxy ini masih terus di sempurnakan, dan buat man-temans gan en sista yang ingin melihat-lihat prototypenya bisa mengunjungi situs Samsung di alamat ini : https://seap.samsung.com/linux-on-galaxy. Dengan mendaftar sebagai anggota maka man-temans gan en sista akan mendapatkan informasi dan update tan versi minor terbaru aplikasi ini.


Sudah siap beralih ke Ponsel Linux?



No comments