Keluarga Microsoft Office Segera Pensiun, Sudah Siapkah Agan?

Keluarga Microsoft Office Segera Pensiun, Sudah Siapkah Agan

Kabar mengejutkan datang dari Microfost baru-baru ini. Tentu saja kali ini sebuah kabar yang kurang mengenakkan mungkin amat dirasakan bagi mereka yang terbiasa menggunakan program office keluaran Microsoft, yup keluarga Microsoft Word, Powerpoint dan Excel akan segera dihentikan!

Menurut berita yang datang dari blog resmi Microsoft di laman updatenya minggu lalu mengatakan bahwa Microsoft Word, PowerPoint, Excel khususnya di versi Viewer di bulan April 2018 mendatang akan segera dihentikan versi update dan fitur keamanannya. Aplikasi Microsoft versi viewers merupakan aplikasi gratis yang dapat membuka file-file dari Microsoft Word, PowerPoint, Excel tanpa harus memiliki aplikasi induknya.

Microsoft versi viewers ini sebetulnya sangat membantu, karena dengan adanya aplikasi ini jika Agan tidak memiliki aplikasi induk seperti Microsoft Word, PowerPoint, Excel maka untuk membuka file-file tersebut, dan kemudian mencetaknya maka aplikasi viewers ini sangat berguna tanpa harus membutuhkan bantuan aplikasi-aplikasi induknya dan juga pihak ke tiga. Istilah awamnya adalah aplikasi viewer ini sekedar untuk melihat dan mencetaknya tanpa ada fasilitas edit dokumen seperti biasanya.

Awalnya, aplikasi viewers ini hadir bertujuan untuk memudahkan pengguna aplikasi yang tidak memiliki aplikasi icrosoft Word, PowerPoint, Excel melihat isi dokumennya, namun seiring banyaknya aplikasi lain yang lebih beragam maka guna alasan efesiensi, maka aplikasi viewers ini dirasa sudah cukup memenuhi kewajibannya dan segera dihentikan.

Sebagai info:
Microsoft Word viewer menurut development statusnya adalah: Discontinued; dan di bulan November ini link download resmi dari Microsoft sudah dihentikan, atau sudah tidak tersedia lagi. Dan untuk PowerPoint viewer sudah dihentikan versi updatenya pada April 2018, Excel viewer juga sudah dihentikan versi updatenya pada April 2018 juga.

Keluarga Microsoft Office Segera Pensiun, Sudah Siapkah Agan

Excel Viewer pertamakali hadir dan di gratiskan oleh Microsoft pada 1 Januari 2008, Power Point Viewer pertamakali hadir dan di gratiskan oleh Microsoft pada 25 Oktober 2011, sedangkan Word Viewer pertamakali hadir dan di gratiskan oleh Microsoft pada 26 September 2007. Sedangkan versi viewer lainnya seperti Microsoft Report Viewer Redistributable 2005, Microsoft Visio 2016 Viewer saat ini masih dipertahankan mengingat kebutuhan tampilan untuk di versi browser khususnya di Internet Explorer masih sangat dibutuhkan, entah ditahun depan apakah nasibnya akan seperti viewer-viewer microsoft lainnya.


2 comments:

  1. oiya bisakah kita membukanya dengan menggunakan aplikasi openn office/ aplikasi semacam ms office yang open source

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih bisa kok, kan yang di 'dicontinued' hanya microsoft versi Viewersnya saja ;)

      Delete