Psst Gawat! Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus Ternyata Bisa Di Intip!

Psst Gawat! Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus Ternyata Bisa Di Intip!

Belum lama ini kita mendapat kabar gembira, yakni fitur 'Delete for Everyone' berguna untuk menghapus pesan yang sudah terlanjur di kirim lewat pesan WhatsApp telah hadir. Tapi nampaknya kegembiraan ini tidak berlangsung lama, pasalnya fitur 'penghapus' ini rupanya masih bisa di intip!

Pengguna WhatsApp yang dikatakan sudah mencapai 1 milliar ini tentunya sekarang harus lebih berhati-hati lagi ketika ingin mengirimkan pesan 'penting' yang salah kirim. Cara sederhananya adalah sang pengitip dengan mudah memeriksa Log pemberitahuan yang ada di ponsel Agan.

Penasaran? Pastinya iya dong, kok pesan yang sudah dihapus ini bisa di intip kembali bahkan dibaca kembali, padahal fitur hapus ini dibuat lagsung oleh pengembang resmi WhatsApp sendiri, apakah ini sekedar gimmick atau fasilitas 'setengah hati'? Terlepas dari persoalan itu yang jelas pesan yang sudah di hapus tadi dapat diintip bahkan dibaca kembali oleh mereka yang menginginkannya.

Menurut laman dailymail, kabar ini berhembus dikalangan pengguna Android dan belum ada kabar apakah 'bug' WhatsApp di versi iOS juga memiliki nasib yang sama. "Kami telah menemukan cara untuk memulihkan atau melihat pesan yang dihapus oleh orang lain dalam obrolan WhatsApp" kata Santiago S, pemilik blog Android, Jefe melaporkan.   

"Apa yang kami temukan adalah bahwa pesan disimpan dalam daftar notifikasi sistem Android, jadi, hanya masalah memasukkan rekaman itu untuk melihat pesan yang dihapus orang lain." Kapan pun pemberitahuan masuk ke perangkat Android, data tersebut disimpan di log pemberitahuan - apakah nanti dihapus oleh pengirim atau tidak. 

Sementara sebagian besar data di log tadi adalah informasi bersifat teknis, 100 pesan pemberitahuan pemberitahuan pertamalah yang amsih tercata disana. Jadi sementara pengguna mungkin tidak dapat melihat pesan dalam WhatsApp setelah dihapus, tapi nyatanya mereka masih dapat melihatnya di Notification Log. 100 karakter pertama dari pesan akan muncul di baris yang dimulai dengan nama fiile 'android.text", ini artinya pesan yang berhasil di baca hanya 100 karakter pertama dari pesan yang dihapus. Namun cara ini hanya bisa bekerja sempurna di Android versi 7 dan belum ada kejelasan apakah versi setelahnya bisa bekerja dengan baik atau tidak. Wew!

Dan benar, menurut salah satu juru bicara resmi dari WhatsApp kepada laman techrepublic mengatakan bahwa fitur  'Delete for Everyone' memang tidak benar-benar menghapus pesan secara utuh. Nah lo! apakah memang sudah diawal sudah diketahui atau malah para petinggi dari WhatsApp sendiri baru tahu 'bug' ini?

Nah, supaya nggak panjang lebar, bersama iskrim. com berikut ini langkah-langkah untuk 'mengintip' pesan yang telah dihapus tersebut:

Cara Pertama

1. Agan harus berada di halam depan, atau istilah Androidnya adalah Homescreen
2. Pilih Widget dan pilih Settings
3. Ketuk Widget Settings dan letakkan di halaman Homescreen
4. Buka dan temukan tulisan Notification Log
5. Ketuk Notification Log tadi, maka taraaaa! Pesan yang sudah dihapus akan tampak disini dengan jumlah maksimal 100 karakter

Psst Gawat! Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus Ternyata Bisa Di Intip!


Cara Kedua

Bagi Agan en sista yang kesulitan menemukan menu Notification Log bisa menggunakan aplikasi pihak ke tiga dengan berkunjung ke Google Play untuk mendowload aplikasi ini, ada banyak aplikasi tinggal coba mana yang lebih cocok dan mudah digunakan.



2 comments:

  1. wah bisa gitu juga ya, klo orang awam tentunya agak kurang mengerti ttng hal ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa krn yang membuat juga manusia, difikir positif nya aja sih menurut saya supaya sebelum post komen kita harus berhati2 dalam mengutarakan pesan di WA

      Delete