Amazon Key, Fitur Keren Agar Pesanan 'Pasti' Diterima

Amazon Key, Fitur Keren Agar Pesanan 'Pasti' Diterima

Sebuah layanan terbaru milik Amazon, bernama Amazon Key ini merupakan sebuah terobosan yang cukup bagus. Amazon key, fitur keren agar pesanan 'pasti' diterima, tentunya disambut hangat oleh pelanggan dan bisa menjadi ide usaha sejenis.

Amazon Prime

12 tahun yang lalu awalnya Amazon memiliki pilihan paket pengiriman bagi pelanggannya yang disebut dengan Amazon Prime, yakni pengiriman email 'tercepat' dan paling mudah diterima oleh pelanggannya. Dan kini Amazon telah memiliki layanan terbaru yang memastikan paket pesanan pelanggan sampai bahkan ketika pelanggan tidak ada di rumahnya sekalipun.

Kilas Balik

Amazon Key bisa dikatakan sebuah kemajuan layanan yang terbilang cukup bagus. Dan sebetulnya ini bukanlah temuan yang pertamakali di dunia, Yale dan Kwikset pernah juga membuat kunci yang bekerja mirip dengan Amazon Key, tapi tanpa dilengkapi dengan fungsi kamera. Saat ini untuk bisa mendapatkan keunggulan fitur baru ini, hanya pelanggan yang terdaftar sebagai anggota Amazon Prime yang bisa menikmatinya. Kalau dahulu kurir pengirim paket kesulitan agar paket bisa diterima ketika si pelanggan tidak dirumah, begitu juga sebaliknya pelanggan akan bertanya-tanya pada dirinya siapa yang akan menerima paket saya sedangkan tidak orang dirumah, kini hal itu sepertinya tidak akan terjadi lagi.


Kunci Pintar yang Dilengkapi Fasilitas Kamera

Sebagai perusahaan e-commerce yang unggul di dunia, Amazon juga ungul dalam inovasi layanan seperti melengkapi kurir dengan kunci 'ajaib' yang disertai kamera ini. Yup, ketika Amazon Cloud hadir maka sebuah kamera yang bernama Amazon Cloud Cam menjadi salah satu kunci yang saat ini terhalang tertundanya pengiriman paket untuk diterima oleh pelanggan. Amazon Cloud Cam bukanlah sekedar kamera biasa, kelebihannya adalah kamera mampu merespon perintah suara, ini penting guna memudahkan kurir memberikan laporan ke pusat untuk mendapatkan izin dan memastikan pengiriman paket sukses tiba dirumah pelanggannya.


Cara Kerja Amazon Key

Amazon Key, Fitur Keren Agar Pesanan 'Pasti' Diterima

  1. Agar bisa bekerja, Amazon Key akan selalu terkoneksi dengan Cloud Cam Amazon pusat dan 'sebuah' kunci pintar yang nantinya akan terkoneksi melalui wi-fi rumah pelanggan.
  2. Ketika seorang kurir berada dirumah yang 'kosong' maka kurir melalui kameranya mengirimkan request ke Amazon Cloud dan memindai sebuah id barcode kurirnya.
  3. Jika langkah proses ii berhasil, kurir akan menerima notifikasi dari kameranya sehinga proses rekaman dimulai. Kurir kemudian mengajukan permintaan di aplikasi mereka dan menggesek id barcode dan hopla! pintu rumah pelanggan segera terbuka.
  4. Petugas kurir akan memasukkan paket tadi ke dalam rumah dan kemudian segera menutup dan menguncinya kembali dengan step yang sama pada langkah diawal tadi
  5. Langkah selanjutnya petugas memberikan laporan ke pelanggan melalui ponsel cerdas pelanggan disertai reaman video pendek proses 'buka dan tutup' pintu tadi dan mengatakan semua dalam keadaan baik-baik dan terkendali


Perihal Privasi

Melanggar privasi karena memasuki rumah tanpa pemilik rumah berada menjadi pertanyaan bagi siapa saja. Namun ketika pelanggan sudah menjadi anggota Amazon Prime didalam surat perjajian sudah tertera fungsi dan cara kerja Amazon Key ini dan pelanggan dianggap sudah menyetujui. Itu artinya Amazon sedikit leluasa untuk memastikan paket pelanggan benar-benar bisa diterima meski tanpa kehadiran pemiik rumah, fokusnya adalah paket benar-benar diterima dengan aman dan terkendali. Nama besar Amazonlah yang menjadi jaminan perihal privasi dan kamanan pelanggannya.


Nah, kira-kira kalau cara yang dilakukan oleh Amazon ini bisa dilakukan di Indonesia seperti apa yah nanti. Ane sih berharap perihal kirim-terima paket memang sudah seharusnya terjadwal sesuai dengan perjanjian pengiriman, bukan seperti sekarang ini terkadang katanya One Day Service tapi suka 'mampir' dulu entah dimana. Amazon Key, Fitur Keren Agar Pesanan 'Pasti' Diterima, semoga menginspirasi usaha sejenis di Indonesia, bagaimana teknis dan teknologinya silahkan difikirkan





No comments