Waspada, WhatsApp Palsu Di PlayStore, Ini Tips Amannya!

http://www.iskrim.com/2017/11/-aplikasi-whatsapp-palsu-di-play-store.html

Aplikasi obrolan bernama WhatsApp saat ini memang lagi booming dengan jumlah perolehan pengguna yang menurut data PlayStore sendiri pada October 27, 2017 sudah di download sebanyak 5 milyar pengunduh! Sebuah pencapaian yang luar biasa menurut ane. Bagi yang belum mencoba dan ingin mengunduh aplikasi WhatssApp ini sebaiknya waspada karena di Play Store sendiri mulai banyak aplikasi palsu yang kalau tidak teliti malah aplikasi lain yang di download. Waspada, WhatsApp Palsu Beredar Di PlayStore, Ini Tipsnya! wajib untuk ente ketahui.


Yang jadi pertanyaan adalah bagaimana mungkin webstore sekelas dan sebesar Google ini bisa kecolongan. Jujur saja meski ane adalah pengguna WatsApp sejak jaman berbayar sempat juga kebingungan ketika akan mengunduh di ponsel ke dua ane. Sempat mengernyitkan dahi sejenak kenapa begitu banyak logo WhatsApp di Play Store ini.

Setelah mencari informasi sana-sini-situ akhirnya ane mendapatkan salah satu berita yang mengatakan bahwa ini menjadi salah satu kelemahan pihak Google dalam memverifikasi para pengembang, bisa dikatakan filterisasinya kurang begitu ketat dibandingkan dengan produk webstore milik iOS.


Waspada, WhatsApp Palsu Beredar Di PlayStore, Ini Tips Amannya!

Ada gula ada semut mungkin istilah yang bisa dikatakan demikian, ketika WhatsApp banyak memiliki penggemar ramai-ramai pengembang abal-abal ingin mengambil keuntungan dari nama WhatsApp ini, logo dan nama pengembangnyapun dibuat sama persis, hampir tidak ada perbedaan.

Banyak pengguna terjebak dengan aplikasi abal-abal ini, terutama bagi pengguna yang ingin mengupdate aplikasi ini. Sebetulnya Google terus terus mengambil langkah seperti tertulis pada laman Play Protect nya untuk memperbaiki di departemen ini, akibat banyaknya aplikasi yang masuk nampaknya departemen ini kecolongan atau malah kuwalahan? Ada banyak aplikasi yang pengembangnya menggunakan praktik curang dengan melakukan pelanggaran untuk mendapatkan unduhan sebanyak-banyaknya. Salah satu aplikasi tertentu, menyamar sebagai "Update WhatsApp," menirukan WhatsApp untuk mengelabui pengguna yang seolah-olah mereka adalah pengembang asli dari WhatsApp, dan menurut data sudah jutaan korban yang sudah mengunduhnya.


Yang Terjadi Jika Salah Unduh

http://www.iskrim.com/2017/11/-aplikasi-whatsapp-palsu-di-play-store.html

Ketika pengguna berhasil mengupdate melalui aplikasi palsu ini bukan versi WhatsApp terbaru yang di dapat tapi justeru WhatsApp yang telah di tambahi embel-embel iklan, pastinya sangat menyebalkan! Tujuan pengembang nakal ini jelas, ingin mendapatkan keuntungan dari klik iklan pengguna WhatsApp. Dan WhatsApp palsui ini menyembunyikan dirinya di layar ponsel dengan membuat ikon kosong, sehingga tidak dapat dilihat di layar aplikasi setelah dipasang.

Menurut laman Motherboard, pengembang nakal ini ketika accountnya disetujui oleh Google maka proses selanjutnya mereka akan mengganti namanya menjadi "Dual Whatsweb Update" dan mengubah logonya juga. Mereka pengembang nakal yang sudah terdeteksi dengan aplikasi palsunya pun segera di hapus oleh Google dan akun pengembang ini pun langsung ditangguhkan karena melanggar kebijakan. Dan menurut salah satu pengguna Reddit, aplikasi palsu ini selain menyusupi iklan-iklan tapi juga memiliki kemampuan mendownload aplikasi lain yang tak terdeteksi tanpa diketahui pengguna.


Cara Mengenali Aplikasi Palsu

http://www.iskrim.com/2017/11/-aplikasi-whatsapp-palsu-di-play-store.html

Sangat mudah pengguna yang tidak hati-hati teriebak dan mengunduh untuk aplikasi palsu ini, terutama mereka yang awam. Satu-satunya perbedaan antara pengembang aplikasi asli dan palsu adalah adanya beberapa karakter Unicode pada halaman URL nya. Kalau di lihat melalui PC perbedaannya terlihat jelas, namun pengguna Android menjadi sasaran empuk karena beberapa view tidak tertampilkan sebagaimana jika di lihat melalui pc atau jarang sekali mengecek url address melalui browser Androidnya.

Untuk alamat URL ID pengembang WhatsApp asli jika di perhatikan terlihat seperti ini pada address browser:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.whatsapp

Sedangkan pengembang PALSU biasanya memiliki address browser yang rada aneh, misalnya:
https://play.google.com/store/apps/developer?id=WhatsApp+Inc.%C2%A0



Mati Satu Tumbuh Seribu

http://www.iskrim.com/2017/11/-aplikasi-whatsapp-palsu-di-play-store.html

Meskipun aplikasi khusus ini mungkin telah dihapus dari Play Store, sejumlah aplikasi lain terus saja ada, di ibaratkan mati satu tumbuh seribu.Tapi hasil dari percobaan ane saat ini ketika ane ketikkan WhatsApp di Play Store nampaknya sudah mulai berkurang dari pengembang-pengembang palsu ini.
Meski tetap ada kemungkinan celah pengembang melakukan cara yang lain maka saran ane adalah man-temans gan en sista mulai saat ini kudu berhati-hati ketika akan mendownload aplikasi ini, jangan asal download jika ada tulisan WhatsApp. Tulisan Waspada, WhatsApp Palsu Beredar Di PlayStore, Ini Tips Amannya! ane ini semoga bermanfaat. Terimakasih.