Kabar Bagosh, Kah? WhatsApp Punya Fitur Baru Ini (Asyiiik!)


Siapa sih yang nggak kenal dengan aplikasi WhatsApp? Bagi kids jaman now pastinya udah pake dan seperti udah wajib berada di layar smartphone Android masing-masing, kan? Yup, kabar bagusnya adalah WhatsApp melalui situs resminya mengabarkan bawah aplikasi Whatsapp memberikan kemudahan baru bagi pengguna setianya, sebuah fitur yang pastinya man-temans, gan en sista suka!

WhatsApp Messenger sebagai aplikasi perpesanan baik pesan teks, video, file, telepon antar lintas platform yang kini di miliki oleh Facebook ini memang banyak kelebihan yang dimiliki, selain kestabilan konektifitas, mudah dalam penggunaannya, fitur-fiturnya pun sangat familiar bagi seorang awampun mneggunakannya.




Alasan kenapa WhatsApp begitu disukai oleh kids jaman now adalah karena:


Notifikasi

Terdapat pilihan notifikasi untuk pemberitahuan pesan baru di bagian pengaturan. Man-temans, gan en sista bisa memilih menampilkan pesan baru secara Pop Up atau hanya tampil di notification area layar ponsel saja. Agan pun dapat mengatur suara dan jenis panggilan di bagian pengaturan.

No HP sebagai PIN

Berbeda dengan BlackBerry Messenger yang menggunakan PIN unik untuk menambahkan daftar teman. Di WhatsApp untuk menambahkan teman, justeru no hp teman Agan yang diperlukan, jadi nggak ribet dan pastinya jadi simple. Menariknya, man-temans, gan en sista nggak perlu menambahkan teman di dalam aplikasi WhatsApp tersebut, tapi cukup simpan nomor telepon temen Agan makan otomatis WhatsApp akan melakukan sinkronisasi dan Agan tinggal menekan tombol refresh di Option saat berada di daftar teman (+), atau di versi terakhir Agan nggak perlu me-refresh karena secara default tersimpan dan terhubung langsung dengan WhatsApp. WhatsApp langsung mengambil data di phonebook dan melakukan sinkronisasi dengan server. Apabila no hp teman Anda terdaftar di WhatsApp, otomatis aplikasi ini akan mengenalnya.

Report Status (Status pesan sukses terkirim, 
sudah diterima, dan sudah dibaca)

Fitur ini mirip sekali dengan BlackBerry Messenger. Kalau di BlackBerry Messenger menggunakan tanda D dan R, di WhatsApp menggunakan tanda centang. Satu tanda centang (berwarna abu-abu) berarti pesan berhasil dikirim, dua tanda centang (berwarna abu-abu) berarti pesan telah diterima tetapi belum dibaca, dan dua tanda centang berwarna biru berarti pesan telah di baca. Sebagai catatan: Apabila tidak terkoneksi internet, akan muncul tanda jam yang mengartikan pengiriman pesan tertunda.

Berbagi File yang Mudah

1. Foto (langsung dari kamera, file manager dan media galery)
2. Video (langsung dari video kamera, file manager dan media galery)
3. Audio (langsung merekam suara, dari file manager, dari music galery)
4. Location (Anda dapat mengirim lokasi Anda dengan mengambil posisi Anda dari Google Maps)
5. Contact (mengirim detail kontak dari phonebook)

Fitur lain yang terdapat di WhatsApp adalah:

View Contact
Agan bisa melihat contact di phonebook, WhatsApp juga muncul sebagai daftar contact di phonebook (Terlihat icon/ logo WhatsApp)

Avatar
Agan tidak dapat mengganti Avatar secara manual, WhatsApp akan mengambil data avatar dari Profile phonebook. Apabila menggunakan sinkronisasi Facebook dengan Phonebook, maka avatar yang muncul adalah avatar Facebook.

Add conversation shortcut 
Dapat juga menambahkan shortcut conversation ke homescreen (Simple dan praktis)

Email Conversation 
Anda pun dapat mengirim semua perbincangan melalui email.

Copy/Paste 
Setiap kalimat perbincangan juga dapat di copy, forward dan delete dengan menekan dan menahan kalimat tersebut dilayar.

Smile icon 
Untuk menambahkan serunya perbincangan, Agan pun dapat menambahkan emotions dengan banyak pilihan, seperti : smile emotions, icon-icon seperti cuaca, binatang, tanaman, alat-alat musik, buku, kartu, mobil, bangunan, pesawat dll.

Search 
Fitur dasar setiap IM, Agan dapat mencari daftar contact melalui fitur ini.

Call 
Karena pin WhatsApp ini sama dengan no telp/hp teman, Agan pun dapat melakukan panggilan langsung dari aplikasi WhatsApp ini.

WhatsApp Call 
Pengguna bisa melakukan panggilan melalui WhatsApp dengan koneksi internet.

Block 
Digunakan untuk memblok kontak tertentu.

Status 
Seperti kebanyakan fitur IM, Status juga hadir di WhatsApp. Namun tidak seperti BBM yang menampilkan update terbaru setiap ada perubahan status dari teman, WhatsApp hanya menampilkan status dibawah nama teman, mirip dengan di Yahoo Messenger. Agan pun dapat mengganti status yang sudah tersedia di WhatsApp seperti available, busy, at school dll


Whatsapp Berbasis Web untuk Komputer

WhatsApp secara resmi mengumumkan peluncuran fitur resmi bernama Whatsapp Web pada tanggal 22 Januari 2015. Fitur ini mencoba memfasilitasi penggunaan aplikasi ini untuk pengguna berbasis komputer. Layaknya WhatsApp berbasis telepon genggam, fitur ini membutuhkan koneksi internet sebagai jalur penyampaikan informasi. WhatsApp bekerja melalui portal online yang disediakan oleh pengembang yang beralamat di www.web.whatsapp.com. WhatsApp web pada prinsipnya berfungsi untuk membuka akun WhatsApp melalui perangkat komputer dan ponsel harus tetap terhubung dengan koneksi internet.



Nah, dari beberapa fitur keren diatas kabar bagoshnya yang terbaru adalah menurut situs WABetainfo, sebuah blog yang terpercaya menginformasikan bahwa WhatsApp kini memiliki fitur 'Delete for Everyone'. Yup, 'Delete for Everyone' adalah fitur dimana pengguna bisa menghapus pesan yang telah terkirim. Tapi, sebetulnya rumor tentang fitur ini sudah setahun lalu terdengar tapi kini WhatsApp benar-benar menghadirkan fitur bagus ini.

Supaya man-temans, gan en sista bisa menggunakan fitur baru ini diharapkan sudah mengupdate aplikasi WhatsApp di versi terbarunya. WhatsApp dengan fitur terbaru ini akan menampilkan icon Trash, dan di smaping menu Delete For Everyone agan juga akan melihat opsi Delete for Me, fungsi ini akan bekerja jika kedua atau lebih pengguna sudah menggunakan WhatsApp versi terbaru. Fitur 'Delete for Everyone' mampu menghapus semua apa yang secara sengaja atu tidak telah terkirim, baik itu file berupa teks, gambar, video, GIF, pesan suara, kontak, file, lokasi, pesan di kutip, dan balasan status chat Agan, lengkap euy!

Tapi penting untuk di ingat adalah fitur 'Delete for Everyone' ini hanya berlaku atau bekerja tujuh menit setelah pesan terkirim, lewat dari itu maka pesan tidka bisa di hapus.