Mitoskah, Air Bubur Kacang Hijau Lebih Bergizi Daripada Buburnya?


 Beberapa waktu lalu sore sehabis hujan-hujan ane berkesempatan nongkrong sama temen-temen ane di burjo (bubur kacang hijau) di dua belokkan dari gang rumah ane. Bubur kacang hijau dimakan sewaktu cuaca dingin emang pas banget, dan disaat musim panaspun tetep enak asal dicampur dengan es batu, hehehe.

Ane, Budi, Sitoha, dan Ruri kami berempat langsung 'reserved' tempat di posisi 'ter-nyaman' biasa ane duduk. "Mang, bubur yak, biasa, ane nggak pake ketan itemnya" kata ane
"Ane campur aja!" kata Budi.
"Ane air jeruk anget-anget aja, mang" sambung Sitoha.


"Krim, napa nggak pake ketan itemnya, kan bagus tuh!" kata Budi
"Gwe seneng kacang ijonya aja, Bud, kan katanya lebih banyak gizinya"
"Emang elo tahu mana yang lebih banyak gizinya, airnya atau buburnya?" lanjut si Budi
Sementara itu Sitoha masih asik aja puter-puter kotak korek apinya sambil nyimeng, eh..nyimak, hehe.
"Nggak tahu deh, cuma yang ane tahu katanya kandungan gizi bubur kacang hijau lebih banyak di airnya yah?" kata ane.
"Lah, kalau banyakkan dia air nya berarti besok tukang bubur bakal jual airnya doang dong, hahaha" kata Budi ngakak. Belum sempet lanjut percakapan, pesenan kami datang, dan akhirnya percakapan tiba-tiba berganti topik.

Sepulang dari nongkrong sama temen-temen ane, ane masih kefikiran apa kata omongan si Budi tadi sewaktu di burjo. "Jadi kandungan gizi di bubur kacang hijau itu sebenernya lebih banyak di atau airnya atau buburnya , yah?" kata ane dalam hati.



"Nah, ada om Gugel nih" 
Namanya aja ane kids jaman now, tapi umur jaman past yang selalu update teknologi dan informasi, hehe.. ane lalu coba cari tahu klik sana-sini dan pada akhirnya nemu deh jawabanya yang benar dan dianggap bisa dipertanggung jawabkan.


Tapi sebelum tahu jawabanya ane sempat takjub juga ternyata kandungan kacang hijau sangat besar sekali yah, Gan. Nih yang belum tahu manfaat dari kacang hijau: 
Kacang hijau memiliki banyak sekali kandungan gizi nutrisi didalamnya seperti vitamin, fosfor (mencegah kerapuhan tulang), protein 24% bisa menjadi alternatif selalin makan jenis ikan laut, kalsium, lemak dan kaya akan serat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh agar tubuh ente tetap kuat dan bab tetap lancar. Kacang hijau ternyata juga bisa mempercepat kehamilan, dijadikan suplemen untuk mencerdaskan otak si kecil, mencegah kaki bengkak bagi ibu muda yang sedang hamil, Menjaga kesehatan mata, mempercepat penyembuhan luka, kanker usus, melancarkan akan aliran darah, sebagai antioksidan didalam tubuh, meningkatkan akan system saraf, membantu menyehatkan gigi dan tulang, membantu pembentukan sel sel baru didalam tubuh, sangat baik buat agan yang kekurangan vitamin B1 (sulit kosentrasi, sering pusing-pusing, dan emosi tidak stabil).

Nah, dari sekian banyak manfaat dan kegunaan mengkonsumsi bubur kacang hijau ini pastinya sekarang man-teman, gan en sista nggak akan ragu lagi untuk mengkonsumsinya.


Kembali ke laptop, lalu apa jawaban ilmiahnya sih Krim? sebenarnya kandungan gizi yang ada di bubur kacang hijau lebih banyak di airnya atau buburnya? Supaya nggak panjang lebar nih penampakkanya dalam skrinsut (biar gak dibilang hoak).


Dan kalau di copas kata-katanya seperti ini:

.."jika kita melihat rendahnya kandungan gizi dalam kacang hijau mentah dibandingkan dengan sumber protein lain, maka air rebusannya pun bisa dipastikan mengandung zat gizi yang lebih rendah lagi. Hal ini disebabkan tidak semua zat gizi yang ada di dalam kacang kedelai mampu larut dalam air rebusan."


Jadi bisa ditarik kesimpulan ternyata kandungan gizi yang ada di bubur kacang hijau sama-sama berada di air dan buburnya. Dan yang harus diperhatikan adalah cara memasaknya jangan terlalu matang, ketika biji kacang hijau direbus dan mulai pecah maka segeralah angkat karena di saat itulah kandungan gizi yang ada masih belum banyak hilang untuk dikonsumsi.Dan pada akhirnya ane malam itu pun bisa tidur dengan nyenyak nggak memikirkan lagi mana lebih banyak kandungan gizinya, di air atau di buburnya. Selesai, tamat, di enn.



No comments