24 Fitur Baru Di iOS 11 Yang Perlu Kamu Tahu


 Kalau kita bicara teknologi smartphone pastinya akan mengerucut menjadi dua inti pokok, yakni Android dan miliknya Apple, yakni iOS. Yup, kalo kemarin ane bberapa kali membahas kelebihan dan fitur-fitur ponsel Android, kali ini ane mau mengungkap beberapa fitur yang tersembunyi milik iOS ini.

Seperti kita tahu, iOS terkenal dengan operasi system yang ringan, hampir tidak ada kejadian lag dan ekslusif yang menjadi pembeda dasar antara Andorid sang kompetitornya. Dan, dari kelebihan-kelebihan itulah sejak hadirnya OS11 banyak menemukan pembaharuan seperti misalkan fitur keyborad satu tangan, cara baru berinteraksi dengan Siri sampai AirPods. Lalu apa aja sih fitur-fitur tersembunyi lainnya, nyuk deh kita telusuri lebih jauh diawah ini. Check in shooow, gan.



1. QR Code scanner


Kalau dulu sebelum iOS 11 hadir pengguna iPhone jika ingin men-scan barcode sebuah items/produk musti menginstal aplikasi phak ke tiga. Tapi sejak iOS 11 hadir aplikasi ini secara default di menu kamera sudah hadir tanpa perlu di install lagi.



2. Setting Manual Wi-Fi


Setting default yang ada pada iPhone mengenai Wi-Fi biasanya secara otomatis mampu membaca koneksi Wi-Fi disekitar pengguna, tapi kini auto detect wi-fi bisa diatur secara manual, tujuannya adalah meminimalisir borosnya baterai, mengurangi kinerja system, dan mencegah hal negatif yang memanfaatkan sinyal wi-fi.


3. Menonaktifkan Ponsel Tanpa Menguncinya


 Di seri iOS 11 pengguna mendapatkan fitur baru, salah satunya adalah menonaktifkan perangkat tanpa harus menekan tombol pengunci. Untuk pengaturan fitur ini pengguna tinggal masuk ke General, klik Shutdown lalu geser slider Shutdown dibagian atas layar.


4. Pencil Powers


Kabar bagus bagi pengguna iPadPro kini fungsi Apple Pencil menjadi lebih ringkas dan maksimal. Dan sejak versi iOS 11 hadir pengguna tidak harus melalui bebeberapa tahap untuk membuka aplikasi Notes, tapi kini cukup dengan mengetuk layar dengan stylus pen maka secara otomatis akan langsung membuka aplikasi Notes.


5. FaceTime


Ketika pengguna asyik melakukan panggilan video percakapan dengan aplikasi FaceTime pengguna bisa mengambil gambar/ screenshoot lawan bicara hanya dengan menekan sebuah tombol bulat di kiri bawah menu layar yang tampil di layar. Aplikasi FaceTime ini pun bisa mendeteksi siapa yang sudah mengambil/ caputure wajah pengguna melalui sebuah notifikasi. Keren.


6. A One-Handed Keyboard


Layar ponsel berlayar besar memang menyenangkan untuk digunakan, tapi lain hal kalau pengguna ingin mengetik biasanya sedikit kesulitan, maka sejak iOS 11 hadir keyboard satu tangan yang sangat memudahkan pengetikkan. Caranya pengguna tinggal menekan sebuah tombol virtual Emoji pada menu Keyboard Settings maka aka muncul tiga buah pilihan jenis keyboard yang ingin di gunakan.


7. Handwritten Emails


Mengirimkan email di iOS 11 telah hadir fitur baru, yakni bisa menyisipkan tulisan tangan mungkin untuk membuat tandatangan, membuat skesta dan lain-lain. Caranya adalah dengan menekan layar agak lama di halaman email ini sampai muncul popup pilihan menu, lalu cari icon Insert Drawing. Setelah itu pengguna akan masuk kehalaman kosong disertai pencil atau spidol virtual sebagai pilihan untuk mebuat efek tandatangan atau menggambar sebuah sketsa. Kalau sudah selesai pengguna bisa langsung menyisipkan dibadan email.


8. Nonaktifkan Fitur SMS


Di situasi tertentu terkadang pengguna tidak ingin di ganggu dengan notifikasi yang masuk melalui Sms, cara mengaturnya juga sangat mudah. Pilih salah satu Sms yang masuk yang terbilang sering, tekan sebentar lalu geser ke kiri maka akan ada pilihan menu Hide Alerts, maka notifikasi sms tersebut tidak akan muncul lagi, untuk mengembaikan kesemula lakukan cara yang sama lalu pilih Show Alerts.


9. Dark Mode


Mode gelap sangat membantu karena mencegah mata jadi cepat lelah, terutama ketika pengguna melihat layar di ruangan redup bahkan gelap sekalipun, di iOS 11 fitur bernama Smart Invert ini tampil lebih baik bahkan mendahului fitur yang ada di Android karena mampu mengubah layar lebih gelap tanpa harus menghilangkan.


10. AirPod-Specific Tap-Based Controls


Adalah semacam jalan pintas selain untuk melalui AirPod. Kalau dulu AirPods berfungsi hanya untuk mendengarkan musik dan mengisi daya baterai kini ada penambahan fungsi seperti menjeda musik, backward lagu dan beralih ke mode Siri kembali dengan cara mengetuk AirPod.


11. Easy, New Device Setup


Salah satu kendala terbesar pengguna iPhone adalah terbatasnya saling bertukar data antar perangkat. Kini meski masih hanya sebatas pernagkat iOS cara kerjanya dibuat lebih ringkas. Di iOS 11 sekarang sudah ada fitur yang namanya Automatic Setup, fungsinya hampir sama seperti model mem-pairing kedua perangkat. Ketika pengguna iPhone atau iPad dekat dengan perangkat iOS atau Mac maka secara otomatis akan saling mendeteksi keberadaan perangkat masing-masing yang disertai password sebagai pengamanan. Keren.


12. Smart Easy Add and Remove


Pengguna juga semakin dimanjakan dengan fitur hapus-menghapus ini, fitur ini menjadi penting karena sangat membantu ketika ruang kosong pada ram hampir tidak tersedia. Pengguna bisa menghapusnya dengan cara masuk ke: General -> iPhone Storage dan kemudian aktifkan fitur baru yang bernama Offload Unused Apps.


13. Advanced Siri


Kehadiran iOS 11 sedikit banyak memberikan peningkatan fitur disana-sini termasuk peningkatan Siri seperti mengetik sambil tetap berhubungan dengan Siri. Perbaikan layanan dan respon Siri yang ditingkatkan dan meminimalisir kesalahan yang dilakukan oleh Siri sudah lebih baik dengan cara memilih menu Edit.


14. Easy Watching-Every Move


Fitur ini terbilang bagus untuk pengguna yang nggak mau diketahui keberadaannya, yup memang beberapa ponsel ada yang dengan sengaja melengkapi fungsi yang dapat melacak keberadaan si empunya ponsel. Meski ini masih versi Beta di iOS 11 dimana akan ada notifikasi bar berwarna biru di layar atas ponsel atas dan menampilkan aplikasi siapa yang memata-matai pengguna. Keren.


15. Screen recordings


Dari namanya mungkin sudah bisa kita tebak, fitur yang bisa merekam aktifitas yang ada dilayar ponsel. Di iOS 11 pengguna nggak perlu lagi install aplikasi pihak ketiga karena fitur rekam layar ini sudah otomatis tersematkan di iPhone. Cara menggunakannya adalah dengan masuk ke ico Records, di detik ke 3 akan muncul diatas layar utama icon baru berwarna merah sebagai tanda mulai merekam.


16. Screenshot Functions Feature


Untuk men-capture gamabr diam di layar ponsel caranya adalah dengan menekan tombol Home dan Power secara bersamaan, maka segera sebuah tuhmbnail munucl di sudut kiri bawah bawah ponsel. Untuk mengedit atau menshare ke sosial media pengguna tinggal menekan thumbail tersebut maka akan dibawah kesebuah layar editor yang dilegkapi pensil dan spidol virtual, tersedia juga kaca pembesar, teks dan tanda tangan, jika dirasa sudah cukup hasilnya bisa disimpan atau langsung di share atau ke email.


17. Notes Plus A Scanner


Kabar bagus buat pengguna iPhone dengan iOS 11, fungsi kamera kini selain mampu membaca sebuah Barcode, kini dilengkapi fitur Scanner juga. Cara kerjanya adalah dengan menekan tanda Plus yang diikuti dengan tanda panah melingkar di menu format, lalu pilihlah Scan Documents.


18. Build Tables In Notes


Penambahan fungsi dari Aplikasi Notes paling greget adalah dengan ditambahnya fitur baru untuk membuat sebuah tabel dalam setiap catatannya. Caranya cukup dengan mengetuk icon Plus akan mucul icon grid baru di bilah format. Sedang untuk menghapusnya cuku menegtuk tiga titik vertikal di sebelah kiri setiap garisnya. Meski sederhana fitur ini sangat dibutuhkan untuk mengorganisasi catatan penting yang membutuhkan urutan tertentu.


19. Auto-Fill Passwords


Ketika pengguna menggunakan ponsel baru biasanya banyak akses termasuk password yang harus diisi untuk masuk ke palikasi atau form tertentu, dengan fitur Auto-Fill Passwords maka pengguna akan dengan mudah dibantu menunjukkan password yang benar. Auto-Fill Passwords bekerja atas data yang tersimpan di iCloud Keychain yang menyimpan data-data ponsel lama pengguna. Cara kerjanya adalah pengguna tinggal mencari icon bergambar Key saat di hadapkan dengan form pengisian.


20. Create Watch Faces With Ease


Nah, kalau fitur ini terbilang untuk senang-senang, tampilan jam standar pada ponsel iPhone bisa di modifikasi dengan walpaper foto pengguna. Caranya masuk ke menu Create Watch Face, dan pilih foto maksimal 10 foto efek dan bisa juga di gunakan sebagai walpaper Apple Watch. Keren.


21. Check Your Flight Status in Safari


Fitur ini terbilang sangat membantu buat pengguna yang selalu di hadapkan dengan jadwal penerbangan. Di iOS 11 fitur status dan jadwal penerbangan mengenai kedatangan dan keberangkatan kini di sertakan. Cara menggunakannya adalah dengan mengklik tanda panah maka pengguna akan beralih ke peta yang menunjukkan lokasi peswat saat iini serta informasi lanjut tentang stats penerbangan dan posisi gerbang kedatangannya. Keren


22. A New Look For Photo Filters


Sebuah fitur menyenangkan buat pengguna yang sering utak-atik hasil foto,kalau di iOS 10 caranya adalah dengan mengklik ikon filter di aplikasi Camera iOS, maka akan muncul layar baru di sertai berbagai filter tapi di iOS 11 caranya lebih simpel, yakni bisa terlihat langsung sederet menu filter tersebut di dekat tombol rana, dimana pengguna tetap bisa melihat objek yang akan di foto.


23. Photos Take Up Less Space


Sebuah fitur yang sangat melegakan space memory pengguna. Pihak Apple menyatakn dan menjanjikan bahwa format standar mereka yakni .HEIF untuk foto dan HEVC untk format video memiliki besar file yang rendah dari rata-rata format dipasaran tanpa harus kehilangan kualitasnya. Untuk mengaturnya pengguna tinggal masuk ke Settings -> Camera -> Format, atur disini.


24. Touch ID Alternative


Kini di iOS 11 fitur Touch ID memiliki alternative lain bernama SOS. SOS hadir sebagai alternative terakhir jika dalam keadaaan benar-benar diperlukan seperti dalam suatu kasus, pengadilan atau polisi dapat memaksa pemilik ponsel untuk membuka kunci ponsel dengan sidik jari mereka tanpa memerlukan akses password lagi.



No comments