Baru Tahu, Ini Toh Perbedaan Earphone, Headset, Dan Headphones


 Siapa yang tak mengenal 'speaker kuping' yang selalu menemani kita disaat dalam perjalanan, main game tanpa harus mengganggu lingkungan sekitar? Yup, Earphone, Headset dan Headphone biasanya jadi pilihan. Tapi jangan salah untuk membedakan, yah Gan!

"Cari apa mas?" tanya karyawan toko. "Iya, mbak mau cari Headset yang bagus suaranya, yang mana ya?" Jawab ane."Itu, mas disebelah kiri banyak pilihan". Setelah beberapa lama ane memilih yang dirasa cocok, modelnya keren, harga nggak terlalu mahal pula. "Mas, cari Headset,kan?" "Iya, mbak", "Kalo ini namanya Headphone, mas" "Oh, beda ya" jawab ane sedikit tengsin.


Nah, belajar dari situlah akhirnya ane tanya-tanya ke mbak nya tentang perbedaan mendasar ketiga benda ini, Earphone, Headset, dan Headphones dan ane rujukan juga ke oom wiki.


HEADPHONE



Secara umum, Headphone menekankan suara stereo yang berkualitas untuk mendengarkan musik, film, atau permainan. Headphone secara kualitas ada yang sampai memiliki komunitas dan kelasnya berdasarkan kualitas suara layaknya pecinta audophile. Secara fisik perkembangan Headphone hingga kini tidak banyak berarti, namun dengan adaya teknologi terkini headphone sendiri telah mendukung fasilitias bluotooth, wireless dan perkembangan terakhir headphone mampu menjadi alat perekam suara secara binaural, yakni pola perekaman suara dengan dua mikrofon.


HEADSET 


Headset adalah speaker yang dikenakan di telinga (atau speaker tunggal) hampir tidak ada bedanya dengan headphone tapi memiliki tambahan mikrofon untuk penggunaan interaktif melalui sistem telekomunikasi, interkom, atau komputer. Namun perlu diingat bahwa istilah "headset" sering digunakan untuk menunjukkan perangkat audio usang dari ketiga jenis yang kita bahas ini, nih, makanya ane suka salah kaprah penyebutannya.



EARPHONE


Earphone sering merupakan istilah protable diantara headphone dan headset, begitu mini dan simple sekaligus lebih mendekati arah lubang telinga. Dalam perkembangannya muncul varian seperti Earbud dan Canalphone yang mengikuti bentuk dan trend model. Karena portabilitas dan kenyamanannya, earphone merupakan pilihan ideal untuk ente yang aktif bergerak seperti saat berolahraga dan aktifitas luar ruangan lainnya. Namun secara garis besar dari ketiga produk, headphone, headset dan earphone untuk urusan kualitas suara headphonelah juaranya.