Keren, Nih Gan 12 Film Science yang Bikin Ente Lebih Pintar (Versi Netflix)


Jumpa lagi man-temans, gan end sista bersama Iskrim disini, terkadang, cara terbaik untuk menghabiskan akhir pekan yang panjang adalah bermalas-malasan di sofa dan menikmati film 'gacoan' ente, seperti halnya film yang mengupas dan menambah pengetahuan kita dibidang science.

Jika ente bosen dengan film pocong-pocongan, atau shitnetron, maka sudah saatnya ente meningkatkan kadar kecerdasan ente dengan menambah pengetahuan melalui film science tapi ringan dan mudah dicerna dan yang paling penting adalah bisa menghibur kita juga. nah, berikut ane share beberapa film science yang keren dan wajib ente tonton, Gan!




“Rats” (2016)


Rats Official Trailer


Rats NYC, adalah film dokumenter tahun 2016 yang disutradarai oleh Morgan Spurlock. Diangkat dari buku karangan Robert Sullivan dan didistribusikan oleh Discovery Channel, film ini mengisahkan invasi besar-besaran tikus ke kota-kota besar di seluruh dunia. Cerita horor semakin jauh kedalam, tapi dibalik itu kita disuguhi tayangan tentang bagaimana kehidupan nyata para tikus got-nya New York City, bagiamana cara penanganannya akan menambah pengetahuan kita. Jason Guerrasio dari Bisnis Insider menulis dalam terbitannya bahwa ini adalah "salah satu film terbaik Spurlock selama bertahun-tahun".



“Into the Inferno” (2016)


Inferno Official Trailer
 

Adalah film dokumenter tahun 2016 yang disutradarai oleh Werner Herzog. Dibintangi Herzog yang menjelajahi gunung berapi aktif dari seluruh dunia, mengikuti ahli volkanologi dan co-director Clive Oppenheimer. Into the Inferno mengeksplorasi gunung berapi aktif di Indonesia, Islandia, Korea Utara sampai Ethiopia. Into the Inferno emmberikan gambaran tentang asal mula dan alam kita sebagai spesies. Dan Clive Oppenheimer sang volkanologi menemukan bahwa gunung berapi itu misterius, penuh kekerasan, tapi indah dan mengingatkan kita dengan Tuhan.



 “Food, Inc.” (2008)

 

Food, inc. Official Trailer
 

Food, Inc. adalah film dokumenter Amerika yang dibuat tahun 2008 disutradarai kawakan oleh Robert Kenner. Film sempat dinominasikan di Academy Award, Independent Spirit Awards di tahun 2009, keduanya mendapat penghargaan Best Documentary Feature. Food Inc. mengkisahkan tentang usahatani perusahaan Amerika Serikat, yang intinya bahwa agribisnis menghasilkan makanan yang tidak sehat, dengan cara merusak lingkungan, mengganggu hewan dan karyawan. Kok bisa, tonton aja biar gak penasaran, gan.



“Cosmos: A Spacetime Odyssey” (2014)


Cosmos A Spacetime Odyssey Trailer



Merupakan salah satu film serial dokumenter Amerika Serikat 2014 etrbaik. Cosmos: A Spacetime Odyssey sebenarnya kisah lanjutan dari serial televisi tahun 1980an berjudul Cosmos: A Personal Voyage dimana film ini merupakan tonggak sejarah bagi dokumenter ilmiah hingga kini.


“Making a Murderer” (2015)


Making A Murderer Trailer


Film dokumenter Amerika yang ditulis dan disutradarai langsung oleh Laura Ricciardi dan Moira Demos, mengkisahkan Steven Avery, seorang pria dari Manitowoc County, Wisconsin, yang menjalani 18 tahun penjara karena keyakinan yang salah terhadap serangan seksual yang dilakukannya dan percobaan pembunuhan terhadap Penny. Pada tahun 2005, Avery ditangkap dengan tuduhan membunuh Teresa Halbach, seorang fotografer lokal, dan dihukum pada tahun 2007. Serial ini juga mencakup penangkapan, penuntutan, dan kepastian status keponakan Avery, Brendan Dassey, yang juga didakwa dalam pembunuhan tersebut, sebagian besar didasarkan pada pengakuannya atas interogasi.



“Encounters at the End of the World” (2007)


Encounters At The End Of The World (2007) FULL HD FILM



Adalah film dokumenter Amerika 2007 diproduseri Werner Herzog. Film ini mengisahkan kehidupan yang keras manusia di Antartika. Dirilis di Amerika Utara pada tanggal 11 Juni 2008, dan didistribusikan oleh THINKFilm. Werner  Herzog dan sinematografer kawakan Peter Zeitlinger pergi langsung ke Antartika untuk mengekplore langsung dan bertemu penduduk asli serta terus merekam lokasi unik dan indah di benua tersebut.  "Jangan harap ente bertemu dengan seekor pinguin satupun" kata Werner  Herzog, karena film dokumenter ini lebih mendekati dan mengeksplor kehidupan dan alam sejauh mata memandang dengan di temani oleh ahli geologi gunung es Douglas MacAyeal.



“Super Size Me” (2004)


Super Size Me, Full


Super Size Me adalah film dokumenter Amerika 2004 yang disutradarai dan dibintangi langsung oleh Morgan Spurlock, seorang pembuat film independen Amerika. Film Spurlock mengikuti periode 30 hari dari 1 Februari sampai 2 Maret 2003, dimana dia hanya makan makanan McDonald's tanpa henti!. Film ini mendokumentasikan efek drastis gaya hidup pada kesehatan fisik dan psikologis Morgan Spurlock, dan mengeksplorasi pengaruh perusahaan industri makanan cepat saji, termasuk bagaimana hal itu mendorong nutrisi buruk akibat terlalu overdosis memakan makanan ini. Selama percobaa Morgan Spurlock mengkonsumsi rata-rata 20,9 megajoule atau 5.000 kkal (setara dengan 9,26 Big Macs) per hari. Akibatnya Morgan Spurlock mengalami perubahan suasana hati, disfungsi seksual, dan akumulasi lemak di tubuhnya. hati. Butuh waktu empat belas bulan bagi Spurlock untuk menurunkan berat badannya.


“Virunga” (2014)


Virunga Official Trailer



 Adalah film dokumenter buatan Inggris 2014 yang disutradarai oleh Orlando von Einsiedel. Film Ini berfokus pada pekerjaan konservasi taman di Taman Nasional Virunga, Kongo berbarengan dengan bangkitnya Pemberontakan M23 yang hebat pada tahun 2012 dan menyelidiki aktivitas perusahaan minyak Inggris Soco International di dalam situs Warisan Dunia UNESCO. Film ini ditayangkan perdana di Tribeca Film Festival pada tanggal 17 April 2014. Film dokumenter ini bercerita tentang empat karakter yang berjuang untuk melindungi Taman Nasional Virunga di Republik Demokratik Kongo, tempat gorila gunung terakhir di dunia, dari perang, perburuan, dan ancaman eksplorasi minyak. Film ini berfokus pada gorila , keindahan alam dan keanekaragaman hayati Virunga, serta masalah politik dan ekonomi yang kompleks seputar minyak,  eksplorasi dan konflik bersenjata di wilayah ini.


“Chasing Ice” (2012)
 

Chasing Ice Trailer
 

Chasing Ice adalah film dokumenter 2012 tentang upaya fotografer alam bernama James Balog dan Extreme Ice Survey (EIS) untuk mempublikasikan efek perubahan iklim yan terjadi, disutradarai oleh Jeff Orlowski dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 16 November 2012.

Film dokumenter ini mencakup adegan dari terciptanya gletser baru yang berlangsung di Gletser Jakobshavn di Greenland selama 75 menit, sebuah peristiwa terpanjang yang pernah ada dalam film dokumenter. Dua videografer EIS menunggu beberapa minggu di tenda kecil yang menghadap ke gletser, dan akhirnya bisa menyaksikan 7,4 kilometer kubik (1,8 cu mi) es yang menabrak gletser. "Luarbiasa, gulungan gletser
sangat besar menggetarkan bagai terjadi gempa lokal, dan diyakini penyebab tenggelamnya Titanic dan seperti melihat runtuhnya kota hingga hancur berantakan", katanya.


“Bigger, Stronger, Faster” (2008)


Bigger Stronger Faster* (2008) Official Trailer 
 

Buat ente pecinta olahraga kerasa macam binaraga perlu sekali menonton film ini. Dunia obat-obatan peningkat performa yang aneh namun meresap dalam olahraga apapun dikisahkan disini dengan baik. Melalui wawancara langsung dengan para binaragawan, dokter, pelatih, dan politisi, ente bisa mengikutinya hingga seolah-olah ente siap bertanding kapanpun dan ditinjau pula secara sains. Film ini juga mengambil pandangan filosofis tentang obsesi psikologis olahragawan Amerika dengan menjadi yang terbaik - terbesar, terkuat, dan tercepat baik dari pengaruh obat-obatan maupun dari segi sains untuk menjadi yang terbaik, pada akhirnya semua diserahkan kepada ente.


“Life” (2009)


Life - BBC 2009 Trailer
 

Seri animasi 11 episode Inggris ini dibuat selama empat tahun dan difilmkan di setiap benua dan di setiap jenis habitatnya lamgsung di berbagai dunia. Beberapa perilaku yang paling aneh dan teraneh diadopsi oleh tumbuhan dan hewan untuk saling bertahan hidup, akan membuat ente takjub dan tak pernah dilihat dikeseharian. Ente akan dibuat takjub dengan segala adegan yang ada, seperti salah satu contoh misalnya para simpanse berbagi alat untuk memperoleh makanan.


"Cowspiracy" (2014)


COWSPIRACY - Official Trailer 
 


Pembuat film dokumenter kawakan Kip Andersen dan Keegan Kuhn mengangkat dampak lingkungan yang akan membuka mata kita bahwa produksi daging di planet kita - termasuk pemanasan global, kehilangan habitat, polusi, dan banyak lagi berdampak negatif terhadap lingkungan lebih besar seperti perubahan iklim, kekeringan, kehilangan habitat, dan polusi.Kita diajarkan mencintai lingkungan dan keseimbangan alam.



No comments