Kalo Saja Pelawak Ini Pada Re-born Kira2 Siapa Penggantinya, Yah?



 Lagi hangat-hangatnya kemarin soal film komedi yang re-born, ane jadi keinget beberapa nama pembuat tawa alias pelawak legend Indonesia. Buat generasi 80-90an masa-masa keemasan acara hiburan lawak di tv sepertinya menjadi acara yang selalu ditunggu.

Mereka para legend ini kta tahu punya ciri khas 'kekocakkanny' masing-masing. Nah mereka yang begitu melekat dihati kita sepertinya layak jika 'seandainya' bisa reborn, tapi kira-kira siapa yang cocok menggantikan mereka?





Kalo mereka pada reborn kira2 siapa penggantinya:


1. Benyamin S


 Benyamin Sueb (lahir di Kemayoran, Jakarta, 5 Maret 1939 – meninggal di Jakarta, 5 September 1995 pada umur 56 tahun) adalah pemeran, pelawak, sutradara dan penyanyi Indonesia. Benyamin menghasilkan lebih dari 75 album musik dan 53 judul film. Celetukan Muke lu jauh atau Kingkong lu lawan pasti mengingatkan masyarakat pada Benyamin Sueb. Sejak kecil, Benyamin sudah merasakan getirnya kehidupan. Bungsu delapan bersaudara pasangan Suaeb-Aisyah kehilangan bapaknya sejak umur dua tahun. Karena kondisi ekonomi keluarga yang tak menentu, si kocak Ben sejak umur tiga tahun diijinkan ngamen keliling kampung dan hasilnya buat biaya sekolah kakak-kakaknya. Benyamin sering mengamen ke tetangga menyanyikan lagu Sunda Ujang-Ujang Nur sambil bergoyang badan. Orang yang melihat aksinya menjadi tertawa lalu memberikannya recehan 5 sen dan sepotong kue sebagai imbalan. Nah, sekarang siapa yah yang bisa menggantikan beliau saat ini?



2. Bing Slamet



Bing Slamet (lahir di Cilegon, Banten, 27 September 1927 – meninggal di Jakarta, 17 September 1974 pada umur 46 tahun) yang dilahirkan dengan nama Ahmad Syech Albar adalah salah satu maestro lawak Indonesia pada masanya bersama Kwartet Jaya, grup yang terdiri dari Bing Slamet, Ateng, Iskak dan Eddy Sud. Namanya sebenarnya pertama kali berkibar ketika bergabung dengan grup musik Eka Sapta yang dimulai pada tahun 1963, bersama beberapa nama terkenal seperti Yamin Wijaya, Ireng Maulana, Itje Kumaunang, Benny Mustapha dan Idris Sardi. Selain itu dia juga banyak bermain dalam film-film komedi pada era tahun 1960-an dan 1970-an. Untuk mengenang kepergiannya, Titiek Puspa menciptakan lagu berjudul Bing. Sekarang siapa yah yang bisa menggantikan beliau saat ini?


3. Gepeng


Gepeng (nama asli: Freddy Aris lahir di Koplak Lor, Muntilan, Jawa Tengah, 27 Agustus 1950 – meninggal di Kota Surakarta, Jawa Tengah, 11 Juni 1988 pada umur 37 tahun) adalah seorang pelawak Indonesia yang terkenal pada tahun 1980-an. Gepeng adalah pelawak kelahiran Surakarta, Jawa Tengah yang memulai kariernya dari pesuruh pada perkumpulan ketoprak di Surakarta. Ia lalu bergabung ke kelompok lawak Srimulat, di mana kariernya sebagai pelawak melejit dan menjadi sangat populer. Sekarang siapa yah yang bisa menggantikan beliau saat ini?


4. Pak Tile


Haji Enun Tile (lahir di Jakarta, 1933 - meninggal di Jakarta, 4 November 1998) adalah pelawak dan pemain lenong Betawi. Aktor yang akrab dipanggil dengan nama Pak Tile ini dikenal luas oleh masyarakat setelah ikut berperan dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan sebagai kakeknya si Doel. Sekarang siapa yah yang bisa menggantikan beliau saat ini?


5. Bokir


H. Muhammad Bokir Bin Dji'un (lahir di Cisalak Pasar, Bogor, Jawa Barat yang sekarang masuk ke dalam wilayah Cimanggis, Depok, 25 Desember 1925 – meninggal di Jakarta, 18 Oktober 2002 pada umur 76 tahun) adalah seorang seniman topeng Betawi. Dia terlahir dari pasangan Mak Kinang & Dji'un, serta bersaudara dengan Dalih bin Dji'un dan Ni'iih bin Dji'un. Sekarang siapa yah yang bisa menggantikan beliau saat ini?


6. Darto Helm


Sudarto (lahir di Purwokerto, Jawa Tengah, 17 Maret 1943 – meninggal di Jakarta, 14 Agustus 2004 pada umur 61 tahun) atau lebih dikenal dengan nama panggung Darto Helm adalah aktor dan pelawak Indonesia. Ia sempat tergabung dalam kelompok Bagyo CS bersama S. Bagio, Diran, dan Sol Saleh. Ia terserang stroke pada 4 September 1996 dan kemudian mengurangi aktivitas panggung sampai akhirnya meninggal pada 14 Agustus 2004 di RS Pelni Petamburan. Ia dimakamkan di Purwokerto. Masa kecil Darto Helm pernah tinggal di Magelang, tepatnya di desa Tampirwetan. Sekarang siapa yah yang bisa menggantikan beliau saat ini?


7. Jojon


Djuhri Masdjan atau lebih dikenal sebagai Jojon (lahir di Karawang, Jawa Barat, 5 Juni 1947 – meninggal di Jakarta Timur, Indonesia, 6 Maret 2014 pada umur 66 tahun) adalah seorang aktor dan pelawak Indonesia berdarah Sunda.

Jojon mengawali karier dengan grup lawak Jayakarta Grup bersama Hasanuddin atau U'u, Suprapto atau Esther, Chaplin, dan Cahyono, yang eksis pada tahun 70 dan 80-an. Namun pada era 90-an, satu-persatu anggotanya hengkang. U'u, Esther, Chaplin, dan Jojon memilih bersolo karier dengan menjadi pelawak tunggal. Ciri khas dari penampilannya adalah kumis kecil ala Charlie Chaplin/Adolf Hitler dan celana bretel menggantung sehingga mudah diingat oleh penggemarnya. Dia juga pernah mengeluarkan album lagu pop Sunda berjudul Pamali. Sekarang siapa yah yang bisa menggantikan beliau saat ini?


8. Kang Ibing

 Kang Ibing adalah pelawak Indonesia yang tergabung dengan grup lawak De'Kabayan yang terdiri antara lain Aom Kusman dan Suryana Fatah. Dia juga aktif dalam kesenian Sunda bersama Asep Sunandar Sunarya dan pula pernah aktif sebagai Penyiar Radio Mara Bandung bersama Wildan Nasution. Mang Ibing atau Raden Aang Kusmayatna Kusiyana Samba Kurnia Kusumadinata (lahir di Sumedang, 20 Juni 1946 – meninggal di Bandung, di Rumah Sakit Islam Bandung, 19 Agustus 2010 pada umur 64 tahun). Sekarang siapa yah yang bisa menggantikan beliau saat ini?


9. Ratmi B-29

 Suratmi (lahir 16 Januari 1932 – meninggal di Makassar, 31 Desember 1977 pada umur 45 tahun) atau yang lebih dikenal dengan nama Ratmi B-29 adalah aktris Indonesia dengan wajahnya yang bulat dan manis sering tampil di film komedi di era tahun 1970-an. Dia mendapat nama Ratmi Bomber-29 dari Laksda TNI Wiriadinata, Wakil Gubernur DKI. Waktu itu, tahun 1960-an, Ratmi sering menghibur keluarga TNI-AU di Bandung. Sekarang siapa yah yang bisa menggantikan beliau saat ini?


10. Cholik

 Cholik Syahmari (lahir di Bumiayu, 12 Desember 1951 – meninggal di Jakarta, Indonesia, 14 Juli 2010 pada umur 58 tahun) adalah pelawak Indonesia. Ia termasuk dalam grup lawak Pelita Grup. Ia bersama grup lawaknya terkenal di era 80-an. Sekarang siapa yah yang bisa menggantikan beliau saat ini?



No comments