Cara Mudah Membuat Tato Temporary Dengan Hasil Maksimal



Terlepas dari hukum boleh atau tidaknya menurut agama trend tato atau rajah di permukaan kulit rupanya masih menjadi tren saat ini. Berbagai teknik membuat tato mulai dari cara tradisional yang menyakitkan hingga cara modern dengan mesinpun terus berkembang.

Menurut oom wiki, rajah atau tato (bahasa Inggris: tattoo) adalah suatu tanda yang dibuat dengan memasukkan pigmen ke dalam kulit. Dalam istilah teknis, rajah adalah implantasi pigmen mikro. Tato dapat dibuat dipermukaan kulit manusia atau hewan. Tato pada manusia adalah suatu bentuk modifikasi tubuh, sementara tato pada hewan umumnya digunakan sebagai identifikasi.

 



Kata "tato" berasal dari bahasa Tahiti, "tatu" berarti menandakan sesuatu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tato berarti gambar atau lukisan pada bagian (anggota) tubuh. Tato merupakan praktik yang ditemukan hampir di semua tempat dengan fungsi sesuai dengan adat setempat. Tato dahulu kala sering dipakai oleh kalangan suku-suku terasing di suatu wilayah di dunia sebagai penandaan wilayah, derajat, pangkat, bahkan menandakan kesehatan seseorang. Tato digunakan secara luas oleh orang-orang Polinesia, Filipina, Kalimantan, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Mesoamerika, Eropa, Jepang, Kamboja, serta Tiongkok. Walaupun pada beberapa kalangan tato dianggap tabu, seni rajah tetap menjadi sesuatu yang populer di dunia.



Biasanya untuk memperoleh gambar tato yang bagus tergantung dengan keahlian sang seniman pembuat tato-nya, semakin ahli maka hasilnyapun tak diragukan lagi kualitasnya. Nah, lalu bagaimana sih kita-kita yang ingin berkreasi dan membuat tato sendiri tanpa perlu berguru ke-ahlinya? Mengingat pemilik tato menurut B. Dr. David Muljono, Kepala Laboratorium Penyakit Menular rentan terhadap penyakit hepatitis B maka cara paling aman memiliki tato yah model yang temporary saja alias mudah dihapus oleh air sabun atau alkohol. Nah, gan end sista, berikut cara sederhana membuat tato temporary dengan hasil yang maksimal dan aman berikut ane jelasin dibawah ini, nyuk deh gan, check in shooow!


Bahan dan alat yang perlu ente sediakan adalah:

1. Komputer
2. Printer bertinta Inkjet
3. Kertas Dekal (Kertas transfer paper yang permukaannya ber-elmulsi lem dan mudah dilepas)
4. Penggarisan
5. Air
6. Kertas tissue dan atau kain lemut




01. Menentukan Design Tato

 Tentu saja langkah awal membuat tato adalah dengan merancang gambar tato dengan software Grafis, atau bisa juga kamu dapat dari internet, pilihlah sesuai dengan karakter dan kepribadianmu agar tatomu mencirikan dirimu sendiri. Yang perlu di ingat adalah posisi gambar harus terbalik (menghadap ke Kiri) karena saat di tempelkan gambar akan terlihat sempurna (menghadap ke Kanan)

 

02. Print


Setelah rancangan Tato selesai dibuat lalu printlah dengan printer bertinta Inkjet dengan kertas Decal. Agar hasil print memuaskan aturlah setingan printer ke setelah 'kualitas tinggi'/ “high quality” dan pilih 'foto glossy'/ “glossy photo” pada pilihan kertasnya.


03. Menempelkan


Setelah proses print selesai, yakinkan tinta pada kertas sudah terserap dengan baik pada kertas Decal tadi. Lap permukaan kulit dengan tisue atau kain kering yang lembut, lalu tempelkanlah secara perlahan diposisi yang diinginkan. Tekan perlahan dengan kain lembut pada belakang kertas sambil diusap merata. Setelah yakin menempel dengan merata lalu lepaskanlah secara perlahan.

 


04. Diangin-anginkan


Dan, wow tato pertamamu sudah menempel dengan sempurna. Jika dirasa sudah cukup agar cepat kering dan menempel dengan sempurna segeralah diangin-anginkan. Nah, kalo sudah bosen kamu tinggal menghapusnya dengan air bersabun yang ber PH rendah atau alkohol.

Selesai.