Tentang Bizzaro yang Perlu Ente Tahu Dari Kisah Kembarannya Superman


Superhero nan setloong Superman sepertinya udah nggak perlu dipertanyakan lagi perihal profilenya, tapi dari sejarah terciptanya tokoh bersimbol 'S' ini rupanya memiliki kembaran ketika Superman muda, Superboy yang ketika itu memperoleh kembaran hasil dari sinar duplikator tak sempurna buatan Profesor Dalton dan Lex Luthor. Dan akibatnya terciptalah tokoh yang bernama Bizzaro ini.

Bizzaro, meski berkostum seperti halnya Superman tapi wajah dan perilakunya justeru kebalikan dari Superman, diibaratkan Positif dengan Negatif nya, kelakuannya bak monster, 180 derajat berbeda kelakuannya. Bizzaro pertama kali hadir di komik edisi Superboy#68 di tahun 1958.



Bizzaro Lebih Kuat Dari Superman, Apa Sebaliknya? 

Satu kelemahan utama Superman adalah ketika Superman dihadapkan oleh batu Kryptone Hijau, tapi berbeda dengan Bizzaro, Bizzaro kebal terhadap Kryptone Hijau bahkan mengunyahnya tanpa ada rasa khawatir. Bizzaro tidak memiliki kekuatan penglihatan sinar panas dan tiupan es seperti miliknya Superman, tapi Bizzaro memiliki kekuatan penglihatan es dan tiupan api yang maha panas (Superman # 305). Sedang kelemahan Bizzaro adalah ketika dihadapkan Kryptone berwarna Biru. Ente bisa lihat di Superman # 140.




 Bizzaro Menikah dan Punya Anak, Superman?

Satu hal yang hampir jarang terjadi dalam kisah komik superhero adalah seorang tokoh yang memiliki keluarga; anak dan istri. Begitu juga seorang Bizzaro yang kala itu benar-benar jatuh hati kepada Lois Lane. Upaya Bizzaro menikahi Lois Lane berhasil dan juga memiliki anak, namun Lois bukanlah Lois Lane yang sebenarnya, Lois yang dimaksud adalah hasil dari kloningan Lois versi Bizzaro (Action Comics # 255).




Bizzaro Mampu Mengklone Dirinya

Kelebihan Bizzaro lainnya adalah mampu mengklone dirinya hingga jumlah yang tak terbatas. Di planet Htrae yang dihuninya bersama sang istri, Lois Bizzaro, dia menciptakan ratusan hingga ribuan klon dirinya sampai planet Htrae hingar bingar layaknya sebuah kota. Dan uniknya Bizzaro asli mampu mengenali dan membedakan Bizzaro satu dengan lainnya dengan baik.




 Identitas Bizzaro

Superman kita ketahui sangat berhati-hati terhadap identitas siapa jati diri dia sebenarnya. Kebalikan Bizzaro yang berkesan sangat over acting disetiap perannya, bahkan dengan sombongnya sebagai seorang jurnalis dia menunjukkan gimana supercepatnya mengetik dan mengekspose dirinya kalau dia itu lebih dari seorang Superman.





 Superman Tak Berpolitik

Seperti kita ketahui, Superman tak pernah terlibat dalam ranah politik bahkan boleh dibilang bersih dari urusan keribetan dunia politik. Bizzaro, dengan pedenya mencalonkan diri sebagai senator (Lois Lane #62) dan mengizinkan kloningan Bizzaro untuk berganti peran sebagai walikota Bizzaro City bahkan sebagai seorang jenderal militer.





 Siapa Lebih Sabar?

Secara fisik sudah kita ketahui perbedaan terutama dari wajahnya, Superman berwajah menawan, Bizzaro nampak berbody lebih gempal seperti monster. Namun dari perbedaan itu uniknya Bizzaro hanya mau bergaul lebih dekat dengan saudara kembarnyanya ini, Superman. Pembawaan Superman yang kalem dan tenang terkadang harus banyak bersabar dan pernah lepas kontrol menyikapi kelakuan Bizzaro, yang akibatnya Superman pernah meminta maaf karena pernah mengasingkan Bizzaro ke planet bebatuan sangat jauh dan tak berpenghuni.





 Bizzaro Lebih Cuek

Tentu saja, dengan sikap dan perilakunya Bizzaro seperti itu maka kelakuannya menjadi kadang tak terkontrol. Superman di tengah malam terkadang masih memikirkan rencana jahat apa yang akan di lakukan Lex Luthor, Bizzaro malah bisa tertidur dengan pulas. Bahkan seorang Bizzaro bisa tertawa terbahak-bahak ketika menghadapi sebuah kematian (Adventure #290). Baginya, kematian tidak lebih buruk daripada mendapatkan lemparan kue pie ke wajahnya. Dua puluh lima tahun kemudian, ketika DC menghancurkan Htrae sebelum reboot Superman yang besar, Bizarro masih dengan senang hati melihat dirinya dan bangsanya dimusnahkan.




 Bizzaro Membuat Teamnya Sendiri

Dengan kecanggihannya mampu mengkloning dirinya, Bizzaro pun mulai mengklone keluarga Superman, awalnya dia mengklone Jimmy, Perry, Lana, dan anggota keluarga Superman lainnya. Pada akhir Zaman Perak, Bizarro ternyata juga menciptakan Justice League-nya sendiri. Yang pertama dibuat oleh Bizzaro adalah Bizarro Batman, lalu Flash, dan anggota JLA lainnya, dimana mereka siap bertarung menemani Bizzaro.



VIDEO