Kenapa AC Harus Di Service Minimal 3 Bulan, Ini Alasannya Gan!



Kita sebelumnya wajib berterimakasih 
dengan di temukannya teknologi mesin pendingin AC ini, penemunya adalah John Gorrie adalah cikal bakal teknologi Ac yang dipakai sekarang ini, setelah sebelumnya ada penemu lain dimana inovasinya juga tak kalah berjasa. Berbicara AC, adalah mesin yang di gunakan untuk mendinginkan udara dengan cara mensirkulasikan gas refrigerant berada di pipa yang di tekan dan di hisap oleh kompresor. 

AC seperti halnya mesin kendaraan bermotor atau bergerak juga membutuhkan perawatan berkala. Perawatan berkala minimal 3 bulan bukanlah tanpa alasan, selain membuat AC tetap dingin, Ac juga jadi lebih awet dan tahan lama. Tapi dibalik itu semua masih banyak manfaat lain, apa aja sih manfaat lain itu KRIM? Nah biar gak pake lama, langsung aja deh..check in show, Gan...



Mengenal Bagian AC (Air Conditioner)

Berikut ane jelasin sedikit bagian utama AC dan apa aja tugas mereka.



A. COMPRESSOR/ KOMFERSI (Tabung Besar)
Yaitu berfungsi untuk memompa gas refrigerant.
B. RECERVOIR (Tabung Kecil)
Berfungsi untuk manyimpan gas dari condensor sebelum di alirkan ke compressor.



C. CONDENSOR (PENGUAPAN)
Berfungsi untuk tempat pembuangan temperatur panas. *Kondensor yg letaknya di outdoor unit, kalau terlalu tebal debunya membuat sirkulasi udara utk pendinginan kompresor tidak maksimal. Sehingga mesin bolak/ik hidup-mati, atau kompresor tdk mau hidup sama sekali. Secara visual kipas pada outdoor unit tetap bekerja, tapi kompresor tdk bekerja. Efeknya tdk terjadi proses pendinginan di dlm ruangan.



D. EVAPORATOR (Pengembunan)
Berfungsi untuk tempat pembuangan temperatur dingin



E. FILTER DRYER
Berfungsi sebagai penyaring sisa-sisa kotoran gas dan oli



F. MOTOR FAN DAN BLOWER
Motor berfungsi untuk memutar kipas fan dan blower agar terjadi nya sirkulasi udara.





PRINSIP KERJA AC (Air Conditioner)







Nah kita udah tahu kan perbagian utama komponen AC ini,
sekarang kenapa sih kita musti men service AC kita minimal 3 bulan,
bukan 4, 5, 6, 7 bulan sekali? Berikut alasannya Gan...


ALASAN 1



Menjaga AC ente tetap bersih dan sehat bagi lingkungan sekitar.
Bakteri yang biasa ada pada AC yang kotor adalah bakteri.Legionnella. Bahayanya apa sih gan? Ketika AC menyala, ruangan pastinya serba tertutup, dan udara di dalam kamar akan berputar-putar di kamar itu saja sepanjang hari. Bila kondisi seperti itu berlangsung terus menerus, bukan tidak mungkin anak akan terserang pneumonia, yaitu peradangan pada paru-paru. *Pneumonia* itu sendiri ditandai dengan demam, batuk, dan disertai sesak napas. Penyebab pneumonia bisa bermacam-macam, salah satunya adalah kuman *legionella pneumonia* yang berasal dari AC yang tidak dibersihkan.


ALASAN 2



Membuat AC agan jadi awet dan tahan lama. Mengapa?
Karena jika AC kotor maka kinerja kompresor AC akan lebih berat dan membuat ampere nya lebih tinggi. Lama kelamaan kompresor agan akan cepat rusak karena terlalu kotor. Memang jangka waktu 1-2 tahun AC masih berfungsi normal, namun diatas 2 tahun mulai timbul gejala2 tidak dingin dan rusak gan. Jadi sebelum ganti baru lebih baik merawat secara teratur ya gan.


ALASAN 3



Menghindari bocor air yang disebabkan saluran pembuangan air AC mampet
akibat ulah bakteri jahat, jamur, serta terdapat lumut yang mengendap di pipa pembuangan. Endapan yang parah akan membentuk seperti gel dan berbahaya untuk kesehatan, gan. Jika udah begini jangan tunggu lagi untuk segera men-service AC ente, Gan. 


ALASAN 4



Lakukan Service besar (turun indoor)
Dilakukan secara rutin setiap 2-3tahun sekali. Proses ini lebih lama dari service cuci biasanya,
karena unit indoor harus dicopot dan dibersihkan dibawah.

Mengapa perlu diservice besar?
* Pembersihan cleaning AC standart hanya membersihkan 90% bagian indoor AC, sehingga bagian talang belakang indoor AC agan sulit dijangkau dan ini yang membuat AC agan kadang bocornya terus menerus tanpa solusi akibat dari penumpukan bakteri, jamur serta lendir di talang belakang nya.

* Penumpukan kotoran di evapurator dapat menyebabkan kipas fan indoor bekerja tidak maximal, seperti roda yang dikasi rem, kipas fan indoor menjadi kurang kencang sehingga output indoor berkurang dan ac tidak dingin.


ALASAN 5



Fakta yang salah apabila setiap service cleaning AC harus menambah freon, mengapa?
Karena freon hanya berkurang apabila terjadi kebocoran di unit / pipa instalasi. Banyak sekali teknisi ac yang nakal dan tidak jujur memberikan informasi yang salah kepada customer. Jadi jika AC tidak dingin bukan karena freon yang habis tapi dikarenakan kondisi AC yang kotor.


ALASAN 6



Tapi karena dasarnya manusia modern saat ini.
Terkadang kita nggak sempet membersihkan sendiri AC yang kita miliki meskipun mungkin sebagian orang mudah untuk melakukannya. Ente bisa coba macam jasa AClean sebagai alternatif untuk membersihkan AC kesayangan ente. Gak pake repot dan banyak keuntungan yang ente dapet gan. Cocok juga untuk Perumahan, Kantor Start Up, Kos-kosan hingga apartemen. 



4 comments:

  1. wait.. John Gorrie?? bukannya penemu AC itu Willys Carrier?

    ReplyDelete
    Replies
    1. "Berfungsi untuk manyimpan gas dari condensor sebelum di alirkan ke compressor"

      bukannya alirannya itu dari kompressor ke kondenser? kok ini kebalik?

      Delete
    2. Sumbernya seperti itu gan..tapi kalau benar pendapat agan nanti ame koreksi deh..

      Delete
  2. Apakah cara kerja mesin pendingin ruangan (AC) dengan lemari pendingin kulkas, chiller, freezer dan showcase sama ya gan ?

    ReplyDelete

Komen di blognya iskrim harus cerdas dan keren, no spam, no junk please!