Ini Lho, Perbedaan Dan Persamaan Android O dan iOS11



Bukan rahasia lagi kalau Android saat ini tengah hangat-hangatnya memperkenalkan platform sistem operasi mobile baru yang bernama Android O (Oreo), dan begitu juga dengan platform keluaran Apple Inc bernama iOS11 yang digadang-gadang akan semakin memanjakan pecintanya.


Terlepas dari perseturan atau tidak nyatanya mereka terus berkompetisi secara sehat, terutama persoalan platform ini. Kedua platform ini memiliki kelebihan masing-masing seperti mempercepat sistem dan memperpanjang masa pakai baterai, sementara yang satunya unggul dengan fitur yang akan mengubah cara pengguna berinteraksi dengan telepon mereka. Entah secara kebetulan atau tidak menurut laman techcrunch, kenyataannya mereka sedikit memiliki persamaan dan perbedaan. Apa aja sih persamaan dan perbedaannya, nyuk deh bersama Iskrim kita lanjut ke bawah, check in shooow, gan.



Notifications
(Pemberitahuan)
 
 
 

Untuk urusan Notifications ini menurut laman techcrunch iOS11 unggul fitur, karena untuk Android O sepertinya meniru cara kerja iOS. Kesamaannya adalah di Android O (Oreo) juga terdapat titik di pojok kanan atas ikon aplikasi sebagai tanda pemberitahuan. Cara ini sebenarnya sudah dilakukan oleh iOS sejak peluncuran pertama iPhone. Dan ketika ikon ditekan lama akan muncul pop up berisi informasi  layaknya iOS 3D Touch.




New Emojis
(Emotikon baru)

 
 Android O (Oreo) dan iOS11 kali ini sama-sama memiliki kesamaan mengeluarkan jenis emotikon baru. Android O (Oreo) mendesian ulang emotnya lebih fresh, iOS11 justeru meningkatkan detil emotikon mereka. Menurut  Tim Cook dari Apple, iOS11 akan mendapatkan update dengan emotikon yang lebih detil.


A Smarter Copy and Paste
(Teknik Menyalin dan Paste yang Lebih Cerdas)

Copy and Paste bagi Android sudah ada sejak mereka merilis Android generasi pertama dan sempat membuat iOS ketinggalan. Copy and Paste adalah fitur penting namun terkadang sedikit menyulitkan ketika digunakan dengan layar yang terbatas. Di Android O (Oreo) kini kerja Copy dan Paste jadi lebih mudah. Fitur Copy Paste memiliki keluarga baru, ketika user menyorot sebuah kata yang menunjukkan alamat maka icon Maps muncul, jika user menyorot sebuah nomor telepon akan muncul ikon Call. Sekilas cara ini dikatakan mirip dengan fitur iOS tapi fitur Android O (Oreo) ini terlihat lebih responsif dna cerdas karena telah di support oleh AI Google sebagai indetifikasi yang lebih cerdas.

Picture-in-picture
(Gambar Dalam Gambar)

 
Fungsi Picture-in-picture sebenarnya telah ada sejak iPad di iOS9, tapi Android O (Oreo) lebih unggul karena penggunaannya seperti saat bekerja multitasking atau bekerja sambil menonton video dengan mudah menggeser, meminimalkan tampilan dan membesarkan layar pop video dimanapun user inginkan. Sangat disayangkan pihak Apple justru tidak melakukan versi upgrade-nya sehingga berkesan tertinggal oleh Android O (Oreo) ini.


Autofill
(Pengisian Otomatis)

 
Android Oreo akhirnya membawa kemampuan untuk memiliki aplikasi mengisi informasi pengguna secara otomatis seperti nama pengguna, kata sandi dan alamat. Aplikasi pengelola kata sandi ini sebenarnya telah lama ada, tapi melalui cara yang rumit. Di Android O (Oreo) telah diterapkan  Autofill API sehingga interaksi bekerja jauh lebih mulus.

Sedangkan iOS sebenarnya juga telah memiliki fungsi serupa, tapi sebagian besar hanya untuk kalangan terbatas, seperti dipesan untuk beberapa aplikasi, seperti Amazon itupun tak semudah cara kerja di Android O (Oreo).


No comments