Hewan-Hewan yang Berperilaku Aneh Disaat Gerhana Matahari Total Tiba



 Seperti kita ketahui, belum lama ini tepatnya tanggal 21 Agustus 2017 negara Amerika mengalami gerhana matahari total sejak kejadian terakhir di tahun 1918, dan setiap warga negaranya-pun bersiap-siap menyambutnya dengan berbagai cara. Kejadian yang langka ini ternyata menarik beberapa pengamat khususnya mereka yang mendalami sifat dan perilaku para hewan jika gerhana matahari tiba.


Menurut oom Wiki, Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari, sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer. Nah bersama Iskrim berikut beberapa hewan yang jadi berperilaku tak biasa disaat kejadian matahari total berlangsung. Check in shoow, gan...



Secara harfiah manusia saja yang diciptakan sebagai mahluk terpintar dimuka bumi kadang dibuat bingung dengan kejadian ini, apalagi hewan ya. Meskipun "Belum banyak penelitian serius yang dilakukan pada perilaku hewan" selama gerhana matahari, menurut Rick Fienberg (petugas pers untuk American Astronomical Society), mengatakan beberapa laporan hasil dari pengamatan telah muncul dalam beberapa dekade terakhir ini. Ada cerita tentang keheningan yang mendadak dari jangkrik yang 'menjerit' di Tuscon, Arizona, ketika matahari dalam kondisi 50% gelap. Dan saat malam 'tak biasa' semakin gelap gulita total para lebah di India mulai gelisah dan mulai meninggalkan sarang mereka, dan tupai di California dilaporkan menjadi lebih aktif dari biasanya.


Singa dan harimau



Pada tahun 1983, ada kejadian unik disaat matahari semakin meredup tiba-tiba ada harimau tiba-tiba saja menuju perkampungan disekitar hutan. Menurut Bill Kramer (seorang ilmuwan komputer pensiunan berusia 58 tahun yang juga telah menyaksikan 16 gerhana matahari total dalam hidupnya) menerima laporan bahwa ada seorang wanita tiba-tiba keluar memisahkan diri dari keluarganya di Afrika karena 'sekonyong-konyong' dihampiri seekor Singa. Siwanita begitu terkejut dan ketakutan kuatir menjadi mangsa Singa, namun yang terjadi adalah sang Singa tak memangsanya melainkan hanya berusaha mendekatinya dalam kebingungan.


Burung Dan Hewan Unggas



Masyarakat percaya kejadian gerhana matahari total membuat semua mahluk kebingungan, tak terkecuali para burung dan unggas. Kate Russo, seorang penulis berusia 44 tahun dan juga sebagai psikolog mengatakan apa yang diasaksikan sendiri kalau burung kebingungan mencari rute penerbangannya dan pada akhirnya hanya berputar-putar diatas seperti kebingungan seperti kehilangan kawanannya dan tidak tahu harus berbuat apa. Dan hewan unggas seperti ayampun turut kebingungan dan kembali ke kandangnya masing-masing, sedang ayam pejantan mulai berkokok saat cahaya matahari semakin menghilang.



Lumba-lumba, sapi, kelelawar dan serangga


Dalam sebuah studi tahun 2013 , para ilmuwan di Kolkata, India, mencatat bahwa sapi jantan di Kolkata lebih lamban bergerak atau malah lebih aktif tergantung pada jenis kelamin mereka.



Sapi dilaporkan kembali ke lumbung saat kegelapan sementara terbenam, sementara nyamuk dan kelelawar keluar. Reaksi tersebut sebenarnya bisa diprediksi, tapi secara umum para hewan ini juga kebingungan.

Rick Fienberg (petugas pers untuk American Astronomical Society) melanjutkan, pernah ada laporan mengenai Lumba-lumba yang tiba-tiba saja mengikuti pergerakan kapal sepanjang perjalanan hingga matahari terlihat kembali. 


Nah itulah beberapa hewan yang mengalami 'kebingungan' ketika gerhana matahari toal terjadi. Apakah ente punya cerita unik tentang gerhana matahari, Gan? Share pengalaman ente dimari dong!


No comments