Dibalik Kisah Tanduk-Tanduk Domba Berukuran Raksasa


Yup, bentar lagi umat muslim kan mau kedatangan Idul Adha 2017 atau yang ke 1438, namanya Idul Adha ada juga yang menyebutnya dengan lebaran haji, dan biasanya gak lepas dari urusan ber-qurban sebagaimana di contohkan oleh Nabi Ibrahim, AS, yang dikisahkan beliau mendapat ujian besar yakni mengorbankan putra kesayangannya, (Nabi) Ismail atas perintah Allah SWT, yang ternyata kemudian digantikan oleh-Nya dengan domba, inilah cikal bakal adanya Idul Adha.

Berbicara domba, kambing seperti kita ketahui bahwa mereka memiliki aksesoris seperti hewan berkaki empat lainnya, yakni tanduk yang berfungsi sebagai senjata dan daya tarik bagi pasangannya. Tapi tahukah ente gan, sista, menurut Modernfarmer kalau ternyata diluar sana banyak loh domba atau kambing yang memiliki tanduk yang tak biasa alias luar biasa besarnya. Yah tanduk-tanduk ini memang ada yang tumbuh besar karena mereka hidup dialam liar atau memang dipelihara oleh peternaknya. Berikut domba-domba yang memiliki tandu diatas rata-rata. Check in shooow, gan.




1. Desert Bighorn Sheep,  adalah salah satu jenis domba favorit sebagai hewan buruan yang paling banyak dicari di dunia. Desert Bighorn Sheep termasuk hewan liar dan sulit ditemui dan mulai langka karena hidup didaerah yang sulit untuk dijangkau manusia. Bagi mereka pemburu resmi untuk dapat memburunyapun harus mendapatkan ijin resmi dari pemerintah Amerika Utara setempat.




2. Domba jenis Markhor, menurut ARKive (Lembaga yang peduli hewan langka melalui dokumentasi terbatas) tinggal di pegunungan Asia tengah, sangat mahir memanjat tebing terjal dan curam yang belum tentu manusia bisa melewatinya. Markhor sudah terancam punah, populasinya kini kira-kira tinggal 2.500 ekor dialam liar karena tanduknya sangat diinginkan dengan harga yang spektakuler.




3. Nubian Ibex. Tanduk eksotis ini hanya dimiliki oleh tipe domba Nubian Ibex, mereka hidup di tempat yang sangat ekstrim, dekat daerah Afrika Utara dan Arayang curam hingga di dataran tinggi dan sulit dicapai manusia biasa. Tanduknya tentu berfungsi sebagai senjata mematikan dari para pesaingnya. Menurut informasi Domba Nubian Ibex memeiliki beberapa spesies tapi sulit sekali ditemui karena tinggalnya yang terlalu ekstrem.




4. Bharal. Menurut sumber terpercaya , Bharal juga dikenal sebagai domba biru asal Himalaya karena warna kebiruan ada pada bulunya. Demi kepentingan jurnalisme, kami menghabiskan cukup lama untuk melihat-lihat gambar-gambar online bharals dan sedih untuk mengatakan bahwa domba ini tidak berwarna biru. Cirikhas Bharal adalah tanduknya cenderung lebih lebar dan lebih halus dari pada tanduk kambing pada umumnyat, dan beberapa Bharal memiliki beberapa tanduk yang sangat lebar dan juga halus.




5. Mouflon. Menurut cerita, domba Mouflon dianggap sebagai nenek moyangnya domba domestik modern yang biasa kita lihat sekarang ini. Terkadang selama proses domestikasi oleh manusia tanduk Mouflon tidak bisa tumbuh sebesar dialam lairnya, lingkaran melengkung tanduknya yang luarbiasa ini juga sangat mengesankan.




6. Bonus
Jackson’s Chameleon, bunglon bertanduk!
Sotosop? bukan, Gan, ini asli kok. Jackson’s Chameleon adalah hewan asli pegunungan Afrika Timur, tapi sekarang bisa ditemukan di seantero pulau Hawaii yang disebabkan oleh perdagangan gelap dan akhirnya bisa hidup menyebar. Tanduk di kepalanya adalah tanduk tulang hidup sejati, seperti pada domba Addax atau Markhor berfungsi sebagai daya tarik lawan jenis dan alat pertahanan diri.





No comments