10 Point Terbaru yang 'Greget' Dan Hanya Ada Di Android Oreo



Kalau dibahasan lalu ane membahas 4 perbedaan dan persamaan fungsi di Android O dan iOS11 sekarang ane mau membahas kelebihan Android 8.0 atau Android Oreo dari versi-versi sebelumnya. Setiap versi apapun itu aplikasinya, biasanya selalu disertakan perbaikan baik dari sisi celah keamanan, penambahan fitur, sampai kemudahan penggunaan oleh user.


Banyak user berharap banyak dengan hadirnya keluarga Andorid baru versi Oreo ini. Dari beberapa hal yang ada berikut ane rangkum ada 10 point yang bisa kita rasakan setelah menggunakannya. Nah, apa aja sih 11 point kelebihan dari  Android Oreo ini? Nyuk deh kita lanjut kebawah...


1.  Picture-in-Picture




Buat ente yang sering dan sibuk dengan beberapa aplikasi terbuka sekaligus atau multitasking maka dengan hadirnya fitur ini akan sangat berguna dan membantu sekali. Membuka video youtube kini nggak perlu kuatir lagi tertutup ketika kita membuka sebuah jendela email, membalas chat dan lain sebagainnya.


2. Notifikasi Terbarukan



Buat ente yang belum pernah merasakan sensasi Notifikasi layaknya di iOS kini di  Android Oreo boleh berlega hati, karena fungsi notifikasi di versi ini hampir sama tapi bergaya Android O. Notifikasi otomatis akan muuncul diantara aplikasi atau folder di Homescreen, tinggal klik dan hoplaaa.. segera terbukalah pesan yang masuk. Semakin banyak developer software mensupport teknologi ini maka notifikasi akan semakin kaya dan beragam muncul di layar ponselmu.


3. Bebas Atur Notifikasi



Tentu saja fasilitas Notifkasi terbaru ini sangat membantu tapi bagi sebagian orang mungkin sedikit mengganggu privasi, maka dari itu para insinyur dan pengembang Android mengerti benar keinginan user. Di versi Android Oreo user bisa mengatur pesan atau notif yang masuk lebih terperinci, dan bebas mengelola mana yang di posisi ON kan ata di OFF kan. Pengaturan jadwal notif caranya bisa diatur sesuai keinginan, ente tinggal menggeser kekanan disaat layar terkunci atau di laci pemberitahuan, ketuk ikon jam dan masuk ke pengaturan jadwal notif yang diinginkan.


4. Fitur Keamanan Ditingkatkan


Semakin cerdas sebuah smartphone semakin banyak pula keinginan orang tak bertanggung jawab mencari celah demi keuntungan pribadi. Maka di Android Oreo telah diintegrasikan langsung dengan Google Play Protect melalui Google Play Services. Jika Android Oreo ente belum memilikinya maka ente tinggal mendownload di Google Play. Sistem keamanan layaknya firewall ini akan mengirimkan notif jika ada hal yang mencurigakan dan memberitahukan langkah apa yang harus user lakukan.


5. Hemat Daya



Salah satu keinginan user disetiap versi Android adalah solusi agar baterai tak cepat terkuras habis. Di Android Oreo, sistem yang bekerja mampu mengelola dibelakang layar semakin baik, semakin hemat daya tentu saja dan ujung-ujungnya smartphone ente semakin awet.


6. Emotikon Versi Baru



Buat ente yang selalu eksis di sosmed tentu kabar ini cukup menggembirakan, pasalnya Emoji atau emotikon baru telah hadir dengan desian ulang yang lebih fresh dan semakin banyak pilihan.


7. Kemudahan Untuk Copy dan Paste



Siapapun akan merasakan kesulitan ketika bekerja dilayar yang sempit. Nah di Android Oreo ini kemudahan copy dan paste bisa dirasakan. Tekan sebuah kata atau kalimat sesaat maka akan muncul shortcut berbentuk popup kecil, jika ente memilih alamat akan muncul GMaps, jika nomor telepon muncul ikon Contact dan lain sebagainya.

8. Jalan Pintas Memilih Kamera



Sebagian besar mengeluhkan masalah kecepatan mengaktifkan kamera, kondisi yang ingin serba cepat untuk mengabadikan momen berharga menjadi faktor utama kenapa hal ini terjadi. Di Android Oreo jalan pintas untuk mengaktifkan kamera dan melihat jendela kamera hanya dengan mengetuk 2x layar untuk memperbesar tampilan 50%, dan ketuk lagi 50% untuk kembali keposisi semula. Tersedia juga fitur tweak khusus untuk merubah kamera ke posisi foto.


9. Jalur Satu Pintu



Sistem terintegrasi ke hampir perangkat di Android Oreo kini sangat praktis, gan. Ketika teknologi Chrome telah menyingkronkan data antar perangkat tapi di Android Oreo hal ini lebih ditingkatkan dengan fitur AutoFill yang lebih cerdas.  Dengan izin ente, akan memungkinkan [I]sinkronisasi[/I] info masuk ke aplikasi, detail kartu kredit, alamat dan informasi lainnya antara perangkat dan aplikasi dalam (seperti browser seluler ente). LastPass, adalah salah satu aplikasi pertama yang mendukung fitur baru ini .

10. Bermain Dengan Telur Paskah



Seperti ente tahu setiap versi Android selalu menyimpan telur paskah yang tersembunyi. Nah, di Android Oreo ini ente akan bertemu dengan telur paskah seekor Gurita mengapung!. Untuk melihatnya silahkan ente masuk ke menu Settings, pilih System dan About Phone, lalu ketuklah versi Android sampai keluar telur paskah ini. Tekan huruf O besar berulang kali maka si Gurita akanmuncul menemui ente semua.


No comments