Ini Loh Istilah Elemen Yang Ada Di Layar Tivi ( Iskrim Broadcast )

Ini Loh Istilah Istilah Elemen 
Yang Ada Di Layar Tivi ( Iskrim Broadcast )

Aloha man-temaaans, gan and sista, ISKRIM hadir kembali
dengan trit-tritnya yang selalu membangkitkan selera kita semua Sekarang ane mau bahas soal dunia pertelivisian nih. Hasil dari ngobrol sana-sini ane sama temen yang beda fakultas, kawan ane yang jurusan Broadcast kampus IK* memberikan sedikit pengetahuan dasar tentang dunia pertelivisan, terutama soal visual yang tampil di layar kaca kita. Apa aja sih yang bakal ane tuangkan di thread ini,? Check in show deh....

Buat kita semua, rasanya udah nggak asing deh kalau yang namanya menyaksikan acara-acara di televisi. Tayangan yang menarik tentunya yang menjadi tontonan pilihan kita. Tapi tahu nggak man-temans, gan and sista, apa yang selama ini menghiasi layar kaca televisi kita ternyata memiliki makna dan tujuan tersendiri, dan elemen-elemen tersebut antara lain adalah...


ELEMEN 1


Station ID



Adalah animasi pembuka yang berisi identitas dari stasiun televisi.
Dimulai dari animasi yang bergerak, ekspresif dan akhirnya memunculkan identitas atau logo dari stasiun televisi. 'Ikan terbang' adalah salah satu contoh stasiun televisi lokal kita.



ELEMEN 2


Program Title



Animasi atau teks yang memunculkan judul acara yang akan dimulai.
Biasanya saat akan masuk segmen acara atau segmen iklan.



ELEMEN 3

Classification



Sebagai penanda klasifikasi tontonan, apakah konten tontonan hanya untuk orang dewasa atau untuk semua umur. Biasanya ditandai dengan kode : SU ( Semua Umur ), D ( Dewasa ), BO ( Bimbingan Orang Tua ) yang letakknya di sudut kanan atas layar.




ELEMEN 4

Bug Id



Adalah logo atau identitas stasiun televisi tersebut.
Biasanya berada di atas kanan atau kiri layar kaca. Beberapa variasi/ kreatifitas tampilan terkadang di temukan, misalkan logo berputar 3 dimensi, menjadi soft, atau muncul transparan ketika segmen iklan berlangsung.



ELEMEN 5

Line Up


Setiap stasiun televisi tentu memiliki acaranya masing-masing
dan jadwal acara yang sudah terprogram. Acara-acara inilah biasanya muncul di awal-awal siaran, yakni pagi hari. Line up biasanya berisi rangkuman susunan-susunan acara yang akan tampil dalam kurun satu hari.



ELEMEN 6

Squeeze frame



Tampilan yang muncul ketika acara sedang berlangsung. Squeeze frame biasanya muncul di prime acara atau acara yang sangat digemari pemirsa. Karena disukai pemirsa inilah Squeeze frame berisi iklan atau informasi penting. Misalkan di shitnettron yang lagi booming, acara utama tampil menjadi mengecil, nyebelin.



ELEMEN 7

Running text



Kalau ente menyaksikan stasiun televisi berita, biasanya Running text akan selalu muncul. Running text adalah teks yang berjalan dari kanan ke kiri, teks biasanya berisi berita-berita ter-update yang belum sempat di angkat menjadi tayangan siaran, atau berisi iklan teks. Running text biasa muncul dibagian bawah layar.



ELEMEN 9

Window chit chat



Masih di stasiun televisi berita, kadang suka muncul 2 jendela kecil sekaligus dalam satu layar kaca ente, gan, macam PiP ( Picture in Picture ). 2 jendela tersebut biasanya ada 2 presenter atau lebih yang sedang menyiarkan berita secara live.



ELEMEN 9

Graphic insert


Elemen grafis yang muncul di sebuah acara. Bisa berupa informasi seperti peta lokasi, neraca keuangan, chart dan sebagainya. Graphic insert muncul dalam bentuk animasi 2 dimensi maupun 3 dimensi, tergantung team kreatifitas televisi yang bersangkutan.


Nah gimana man-temans, gan and sista, itulah bagian-bagian dari elemen yang sering kita temui di layar televeisi kita. Semoga thread ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Punya pengalaman unik tentang pertelevisian? Share dimari dah gan, komentar ter-greget bakal ane pajang dipekiwan. Salah dan kurang mohon share dan koreksi. Terimakasih..SALAM ISKRIM 


ide: diri sendiri & pengalaman temen | sumur gambar: oom gugel
art : sotoshop oleh iskrim 

No comments