Prototype Model "Crash Test Dummies" Teknologi Ujicoba Keselamatan Berkendara


Halo Gan, salam hangat semua,
trit kali ini bahasan ane rada serius dikiiit tapi penting gan, mengingat ini menyangkut nyawa kita. Yakni membahas bagaimana sebuah teknologi mampu melindungi kita dari sebuah tragedi yang menyangkut nyawa kita atau seseorang.

Tentu saja, 'Keselamatan adalah faktor mutlak yang kita butuhkan dan berlaku buat siapapun', utamanya keselamatan dalam berkendara. Posisi kita saat di jalan begitu rentan terhadap hal-hal di luar dugaan. Bahkan dalam persiapan yang sudah sedemikian rupa, jika faktor lingkungan terutama kendaraan yang kita tumpangi tidak memenuhi syarat dan tidak mendukung keselamatan ujung-ujungnya nyawa kitalah menjadi taruhannya.

Peran pemerintah dan para produsen kendaraan terutama kendaraan roda empat betul-betul menyadari benar dan memperhitungkan secara akurat demi mendapatkan sebuah kata 'selamat sampai tujuan' saat berkendara. Beberapa proses uji coba yang super ketat di lakukan dan di temukanlah teknologi untuk mencegah tragedi atau paling tidak meminimalisasi keadaan. Apa dan bagaimana prose dan sejarahnya, cekibrot gan di bawah ini.


Hybrid IIIQuote


Boneka uji coba kecelakaan "Crash Test Dummies" diciptakan untuk
menganalisis dampak keselamatan,ergonomi, style, serta kenyamanan
berkendara oleh manusia. Hasil dari analisia mencakup variabel sebab
akibat: kecepatan , kekuatan, membengkokkan, melipat, pergerakkan manusia
saat sebelum hingga setelah terjadi benturan atau tabrakan.


Peran Boneka uji coba kecelakaan ini tentunya sangatlah penting dalam
pengembangan dan ergonomi manusia terutama dari segi KESELAMATAN dari
semua jenis kendaraan mulai dari mobile hingga pesawat.




SEJARAH


Sejarah pertama di ciptakannya Boneka uji coba kecelakaan "Crash Test Dummies" pada akhir 1930-an ini ternyata lumayan ngeri karena kelinci percobaannya dilakukan dengan manusia asli yang sudah mati alias mayat manusia yang di letakkan di dalam kendaraan tersebut gan!Hiii....



Kemudian di pertengahan tahun 1950-an, Mary Roach dari Eighth Stapp CarCrash and Field Demonstration Conference memberikan gagasan untuk mengganti model mayat dengan hewan babi yang menurutnya struktur internal hewan ini mirip dengan manusia dan babi dapat didudukkan dalam posisi seperti manusia pula.

Kemudian babi itu sebelumnya dibius terlebih dahulu baru diletakkan dalam posisi menyetir. Baru kemudian di tahun 1949 "Sierra Sam" boneka ciptaan Samuel W. Alderson dan Sierra Engineering. Co menguji coba di dalam sebuah kabin pesawat dengan kecepatan hingga 1000 km/jam, kemudian hasil gabungan penciptaan VIP-50 karya Alderson yang bekerjasama dengan General Motors dan National Bureau of Standards (Badan Standar Nasional Amerika) dan Sierra Stan (pesaing Alderson) terciptalah boneka Hybrid I (1971) boneka laki-laki, semenjak itu lahirlah Hybrid II (1972) dimana seri Hybrid II telah mematuhi federal Amerika Kendaraan Bermotor Standar Keselamatan (FMVSS) untuk pengujian putaran otomotif dan sabuk pengaman pada bahu yang dilengkapi dengan pengingkatan bentuk bahu, tulang belakang, respon lutut dan dokumentasi yang lebih ketat. Hybrid III(1976) adalah boneka keluarga, ayah, ibu dan anak utuh dan proposional.


EVOLUSI HYBRID


Hybrid III terbagi menjadi 2 bagian analisa besar yakni rongga dada dan kepala dengan peningkatan analisa respon leher kedepan dan rotasi kepala serupa manusia. Kepala, rongga dada memiliki tulang rusuk dari baja yang juga terdapat sensor untuk menganalisa dan mensimulasikan adanya benturan seperti apa kejadiannya dan dampak yang di hasilkan. Hybrid III juga memilki kulit terbuat dari bahan vinyl yang dilengkapi sensor yang canggih termasuk teknologi akselerometer, potensiometer dan sel beban untuk menganalisa gesekan terhadap angin dan suhu ruangan dan kekuatan pada saat kecepatan melamban. "Hukum Fisika mutlak berlaku disini" kata Russ Rader juru bicara Lembaga Asuransi untuk Keselamatan Jalan Raya (IIHS) Amerika Serikat.



Penerus Hybrid

Hybrid I, II, dan III hanya dirancang untuk menganalisa efek benturan
dari depan saja, tidak dari samping, belakang atau posisi terbaliknya sebuah kendaraan.




(Side Impact Dummy)

keluarga boneka uji coba ini telah dirancang untuk menganalisa dampak benturan yang terjadi dari samping terhadap tulang rusuk, tulang belakang , dan efek organ internal. Juga menganalisa tulang belakang dan tulang rusuk akibat perlambatan dan kompresi rongga dada dalam benturan dan kecepatan tertentu. SID adalah standar pengujian pemerintah AS sedangkan EuroSID digunakan dalam Eropa untuk memastikan kepatuhan dengan standar keselamatan.

BioRID
adalah boneka uji coba yang dirancang untuk menganalisa efek dari dampak belakang. BioRID lebih canggih dalam konstruksi tulang belakang dibanding Hybrid. Terdapat 24 vertebra simulator yang memungkinkan BioRID untuk mengambil sikap duduk yang jauh lebih alami, dan untuk menunjukkan gerakan leher dan konfigurasi lebih terlihat pada tabrakan dari belakang.

CRABI 


adalah boneka uji coba model anak digunakan untuk mengevaluasi efektivitas perangkat pengendalian anak termasuk sabuk pengaman dan kantong udara . Terdiri dari tiga model usia CRABI, 18 bulan, 12 bulan, dan usia anak-anak 6 bulan.


THOR
adalah boneka laki-laki. Penerus Hybrid III, THOR memiliki tulang dan panggul yang lebih mendekati bentuk sesungguhnya, dan wajahnya berisi sejumlah sensor yang lebih baik dari Hybrid III yang memungkinkan untuk menganalisa dampak wajah dengan akurasi saat itu juga, serta beragam peningkatan elemen mendekati struktur tubuh manusia sesungguhnya.

Sleepypod (2007) 


boneka uji coba hewan peliharaan berupa anjing.


MAX 
dirancang oleh Sleepypod tahun 2012untuk menguji pembawa hewan peliharaan dalam mobil.

DUKE
dirancang oleh Sleepypod untuk menguji keselamatan memanfaatkan mobil untuk anjing di kursi penumpang belakang dan juga area kargo SUV.

Center for Pet Safety
lembaga non profit dan organisasi advokasi melakukan tes keamanan hewan peliharaan yang hasilnya akan di ketahui pada Oktober 2013 ini.





sumur: ref 1ref 2


No comments