Bela Negara dan Wajib Militer, Apa Sih Perbedaannya?

Bela Negara dan Wajib Militer, 
Apa Sih Perbedaannya?

"Jika kita mempunyai keinginan yang kuat dari dalam hati,
maka seluruh alam semesta akan bahu-membahu mewujudkannya"
.soekarno. 
Republik Indonesia (RI), biasa disebut Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau. Dengan populasi lebih dari 258 juta jiwa pada tahun 2016, Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa.

Gimana gan, warbyasah kan Indonesia itu. Berbicara bela negara yang jatuhnya setiap tanggal 19 Desember nanti, tentunya berkaitan dengan pertahanan negara kita yang besar ini, mengingat potensi, budaya dan sumber daya alam yang luar biasa ini maka kita sebagai warga negara yang baik, ber nasionalisme tinggi dan berke-Tuhanan maka kita wajib menjaga keutuhan negara tercinta ini. Sekuat-kuatnya dan canggihnya peralatan perang kita tentu memiliki keterbatasan, maka di butuhkan pendukung secara penuh oleh warga negaranya. Lalu apa sih persamaan dan perbedaan antara bela negara dengan wajib militer? Nyuuk deh gan kita lanjutkan dibawah ini..

check in shooow!



BELA NEGARA


Bela negara, kalau di runut sejarahnya di Indonesia mungkin sudah ada sejak jaman kerajaan Majapahit kali ya, tujuannya untuk mempertahankan kesatuan nusantara ini, dan terus dilanjutkan hingga era perjuangan kemerdekaan Indonesia tahun 1945. Jaman terus berkembang era perjuangan fisik dahulu berbeda dengan berjuang dimasa sekarang, tantangannya pun bertambah mengingat saat ini adalah era globalisasi, maka kualitas ancaman negara semakin luas, gan, ancaman tersebut bisa bersifat militer dan nonmiliter, bersifat internal maupun eksternal, fisik dan nonfisik serta bersifat multidimensional, meliputi ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya Kita ini hidup di negara yang besar, gan!, kaya sumber daya alamnya, kelautannya dan penduduknya, kalau tidak kita menyadarinya dari sekarang, negara ini bakal di 'gemboskan', 'dicaplok', dan 'dijajah' musuh secara perlahan. Apakah ente mau terus di jajah oleh bangsa lain? Negara kita dikuras habis sda nya? Kita dan anak-cucu kita nggak bisa hidup dengan nyaman dan aman? 


Bela negara menurut oom wiki

Bela negara adalah sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara tersebut. Secara fisik, hal ini dapat diartikan sebagai usaha pertahanan menghadapi serangan fisik atau agresi dari pihak yang mengancam keberadaan negara tersebut, sedangkan secara non-fisik konsep ini diartikan sebagai upaya untuk serta berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara, baik melalui pendidikan, moral, sosial maupun peningkatan kesejahteraan orang-orang yang menyusun bangsa tersebut.


Bela negara menurut ane adalah
Membangkitkan dan membudayakan sikap nasionalisme setiap personal atau warga negara sejak usia dini, dengan disiplin dan tanggung jawab berdasarkan asas Pancasila dan UUD45. Bela negara ini adalah pelatihan semi militer bagi orang dewasa, dengan tujuan meningkatkan disiplin, bertanggung jawab, kesadaraan dan kewaspadaan terhadap serangan-serangan internal maupun ekternal yang mengancam keutuhan bangsa. Penerapannya nanti bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dan bisa bermanfaat bagi lingkungannya. Dengan persiapan secara mental dan fisik, peserta bela negara ini dengan sendirinya akan lebih mencintai tanah air, dan siap kapanpun menjadi backup tentara Indonesia. Bela negara ini sepertinya di fokuskan di daerah-daerah perbatasan dan rawan konflik dengan gaji yang lumayan besar, gan Tidak ada lagi anak alay dan anak galau yang gak punya motivasi dan tujuan hidupnya

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu menegaskan, bela negara bukan wajib militer. Namun, perwujudan hak dan kewajiban warga negara dalam pembelaan negara. “Nantinya, disiplin pribadi yang akan membentuk disiplin kelompok, seterusnya akan menjadi disiplin nasional. Tembak-menembak itu nomor dua ratus,” ujarnya di Kantor Kemhan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (12/10).

Namun demikian, untuk daerah-daerah tertentu seperti, daerah perbatasan dan pulau terluar, program bela negara yang diberikan bersifat khusus. “Di Natuna perlu bela negara plus, dia (masyarakat) perlu tahu bom meledak, dan sebagainya jadi tidak panik,” ucapnya.

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menilai, dalam bela negara ini setiap warga negara diajarkan bagaimana mencintai bangsa dan negaranya, membangun kebersamaan sehingga dapat mewujudkan Indonesia yang kuat, dalam menghadapi kompleksitas ancaman. ref


 4 POINT MENDASAR DALAM BELA NEGARA
Ada pendidikan kewarganegaraan
( Pengenalan Pendidikan Pancasila, dan UUD45 )
Ada pelatihan dasar wajib militer
( Dasar-dasar pelatihan militer )
Tentara Nasional Indonesia (TNI)
( Berpeluang besar menjadi TNI karena sudah memiliki bekal dasar kemiliteran )
Pelatihan sesuai profesi masing-masing
( Pelatihan disesuaikan dengan profesi dasar warga negara, dengan meningkatkan dan mempertajam analisis berdasarkan sikap nasionalisme kebangsaan )
*(Direktur Bela Negara Kemenhan, Laksamana Pertama M. Faisal)


 TUGAS DASAR BELA NEGARA
1. Cinta tanah air, melestarikan budaya sendiri
2. Belajar dengan rajin bagi para pelajar
3. Taat akan hukum dan aturan-aturan negara
4. Mencintai produk-produk dalam negeri
5. Disiplin dan tepat janji



WAJIB MILITER


Demi menjaga keamanan dan keutuhan bangsa dan negara dari berbagai ancaman, maka diperlukan militer sebagai ujung tombaknya. Diperlukan praktisi dan tenaga yang profesional, siap siaga kapanpun diperlukan demi tugas negara ini. Wajib militer atau dikenal dengan wamil menjadi kewajiban warga negara yang telah memenuhi syarat untuk ikut serta, sifatnya adalah wajib.


Bela negara menurut oom wiki


Wajib militer atau seringkali disingkat sebagai wamil
adalah kewajiban bagi seorang warga negara berusia muda terutama pria, biasanya antara 18 - 27 tahun untuk menyandang senjata dan menjadi anggota tentara dan mengikuti pendidikan militer guna meningkatkan ketangguhan dan kedisiplinan seorang itu sendiri. Wamil biasanya diadakan guna untuk meningkatkan kedisiplinan, ketangguhan, keberanian dan kemandirian seorang itu sendiri.


Warga wanita biasanya tidak diharuskan wamil, tetapi ada juga negara yang mewajibkannya, seperti di Israel, Korea Utara dan Suriname. Mahasiswa juga biasanya tidak perlu ikut wamil. Beberapa negara juga memberi alternatif tugas nasional (Layanan alternatif) bagi warga yang tidak dapat masuk militer karena alasan tertentu seperti kesehatan, alasan politis, atau alasan budaya dan agama.



Bela negara menurut ane adalah
Untuk sebagian orang wajib militer kedengarannya bikin parno yah Apa mau dikata, wajib militer menjadi kewajiban bagi warga negara yang telah memenuhi syarat. Syarat umumnya adalah Laki-laki sebagai prioritas utama, berusia sekitar 18-27 tahun, sehat jasmani dan rohani. Persyaratan lainnya adalah tentu seperti masuk militer, tes kesehatan, memenuhi syarat administrasi dan menunggu panggilan dari negara.

Kalau di Korea, mereka yang telah mengikuti wajib militer itu otomatis berhenti sementara sekolah atau pekerjaannya, kemudian menunggu panggilan dan penempatan apakah darat, laut atau udara. Sebagai awal latihan mereka di gembleng sekitar 4 minggu di camp pelatihan, kemudian di tugaskan di satuan unit yang mereka pilih. Wajib militer kalo di Korea adalah 2 tahun lamanya.



TUGAS DASAR WAJIB MILITER
1. Menanamkan sikap disiplin dan mental yang kuat 
serta sehat jasmani maupun rohani
2. Menegakkan kedaulatan negara
3. Mempertahankan keutuhan wilayah NKRI
 berdasarkan Pancasila dan UUD RI 1945
4. Taat akan hukum dan aturan-aturan negara
5. Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia 
dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara




KESIMPULANNYA ADALAH:

Bela negara
Menanamkan sikap disiplin dan cinta tanah air, budaya sejak dini
yang di terapkan dalam keseharian

Wajib militer
Kewajiban warga negara terpilih demi menjaga kedaulatan,
kesatuan dan keutuhan sebuah negara, dalam hal ini negara tercinta Indonesia



HT 62 ]


ide: pemikiran sendiri | tukang gambar: oom gugel | ref 1, ref 2ref 3ref 4




No comments